Sponsors Link

Ginjal Mengecil – Ciri, Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Tubuh manusia memiliki beberapa organ yang digunakan untuk proses metabolisme. Proses metabolism merupakan proses dimana tubuh melakukan pembakaran energi, pembentukan hormon dan lain sebagainya. Pada proses metabolisme ini organ-organ yang peran antara lain yaitu organ jantung,lambung, hati dan yang terakhir yaitu organ ginjal. Ginjal merupakan sala satu organ penting , apabila terdapat kerusakan maka otomatis proses metabolisme tubuh pun terganggu. Saat ginjal mulai rusak juga akibat yang ditimbulkan yaitu ukuran ginjal menjadi kecil atau yang biasa disebut ginjal mengecil.

ads

Ginjal Mengecil

Ginjal Rusak akan mengakibatkan kondisi ginjal yang laiinnya seperti ginjal mengecil. Ginjal mengecil merupakan akibat dari adanya penyakit ginjal tertentu yang menyebabkan kondisi ukuran ginjal menjadi mengecil atau kecil.Ginjal mengecil ini dihubungkan karena adanya penurunan fungsi atau penurunan kemampuan kerja organ ginjal.

Hal tersebut merupakan suatu alarm atau warning bahwa ginjal mengalami sesuatu yang tidak beres. Seseorang yang mengalami ginjla mengecil ini biasanya akan keslitan untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari karena cenderung muda lelah dan capek. Akan tetapi banyak orang yang tidak sadar apabila dirinya trdapat masalah pada ginjal yang mengecil. Hal tersebut akan membuat kondisi semakin buruk apabilatelat dalam penanganan. Pemeriksaan awal sangat berpengaruh pada tingkat keparahan ginjal mengecil yang dialami seseorang.

Ciri-Ciri Ginjal Mengecil

Saat seseoranga mengalami pengecilan ginjal maka orang tersebut akan mengalami hendaya melakukan aktivitas sehari-harinya. Akibat gagal ginjal juga dapat menunjukkan beberapa ciri-ciri ginjal mengecil Adapun ciri-ciri untuk mengetahui bahwa ginjal seseorang mengecil.

  • Sering buang air kecil namun tidak pernah tuntas
  • warna urine berubah menjadi tidak normal
  • saat berkemih berbau dan disertai dengan nyeri
  • sakit diarea pinggang
  • sakit diarea punggung
  • biasanya tubuh mengalami pembengkakan

Tanda dan Gejala Ginjal Mengecil

Fisiologi ginjal berhubungan dengan fungsi pada organ ginjal, dimana apabila ginjal mengalami keadaan abnorrmala maka fisiologi ginjal akan menunjukkan tanda dan gejala adanya pengecilan ginjal.Selain memiliki karakteristi atau ciri kusus, ginjal mengecil juga menunjukan adanya tanda dan gejalanya. Berikut mengengenai tanda dan gejala apabila ginjal kita mengecil :

  • Pembengkakan : ini dapat terjadi pada bagian wajah, kaki, kepala serata pada jaringan yang longgar lainnya.
  • Nyeri : biasanya nyeri ini terjadi pada area panggul dan pinggang.
  • Tekanan darah meningkat (tinggi) : mengakibatkan klien merasa pusing dan lain sebagainya.
  • Hematuria : yaitu  kondisi dimana urine seseorang berwarna merah, hitam atau coklat atau yang bisa disebut dengan warna urine yang abnormal(tidak normal)
  • Kelelahan : biasanya terjadi akibat ginjal terlalu berat dalam bekerja atau bekerja secara berlebihan.
  • Mual dan muntah: akan sering terjadi saat  kondisi klien drop.
  • Gatal-gatal : ini akan mengakibatkan seseorang merasa tidak nyaman, biasanya gatal tersebut akan mengakibatkan kulit berwarna merah.
  • Adanya anemia ginjal : atau yang biasa disebut dengan deposito racun uremik.
  • Kencing Darah : ini kondisi dimana saat kencing urin berwarna merah karena terdapat kandungan darah di dalamnya.
    Sponsors Link

Penyebab Ginjal Mengecil

Penyebab infeksi saluran kemih maupun penyebab ginjal polikistik tidak jauh berbeda dengan penyebab ginjal mengecil.Biasanya kondisi ginjal mengecil diakibatkan oleh beberapa kondisi lainnya seperti terdapat penyakit tertentu. Selainitu penyebab utamanya yaitu karena pola hidup yang tidak teratur , berikut penyebab ginjal mengecil yang lainnya :

1. Pielonefritis

Pielonefritis ini merupakan penyakit ginjal yang mengakibatkan ginjal menjadi mengecil. Pielonefritis adalah kondisi dimana ginjal terkena oleh infeksi saluran kemih. Memamng penyakit ini tidak banyak diketahui, namun apabila dibiarkan akan menyebabkan kondisinya semakin parah.

ads

Kasus yang paling utama atau yang paling umum yaitu menyerang pada uretra dimana uretra merupakan bagian dari kandung kemih dan merupakan saluran yang paling akhir dilewati oleh urine ketika dikeluarkan dari dalam tubuh. Hal tersebut apabila tidak segera ditangani akan mengakibatkan kerusakan parah pada ginjal dan akan menyebabkan resiko lebih tinggi ginjal menjadi kecil.

Kondisi pielonefritis ini akan mengakibatkan gejala antara lain rasa nyeri, demam, saat buang air kecil sakit, menggigil dan mual. Apabila merasakan gejala tersebut maka dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter. Penyakit ginjal yang lainnya yaitu ginjal bengkak , kista ginjal dan batu ginjal .

2. Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau pada sebutan medis hipertensi , memang merupakan suatu kndisi yang umum ditemukan pada masyarakat sekitar. Ternyata akbiat dari hipertensi ini akan berdampak pada ginjal. Dimana saat tekanan darah menjadi tinggi maka pembuluh darah akan menggalami kesulitan untuk mengalirkan darah keseluruh tubuh dan ke otak.

Hal tersebut juga akan membuat gijal untuk bekerja lebih ekstra lagi. Sehingga hipertensi juga merupakan salah satu akibat dari pengecilan ginjal ini. Makan yang dilarang untuk penyakit ginjal perlu kita hindari akan keadaan tubuh tidak semakin memburuk.

3. Pola Makan

Pola makan yang tidak teratur akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Dimana tubuh memerlukan nutrisi dan gizi yang cukup. Apabila kebutuhan nutrisi dan gizi ini tidak terpenuhi maka akan mengakibatkan beberapa fungsi organ dalam tubuh tidak bisa bekerja secara maksimal. Maka pola makan yang tidak teratur dan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat akan mengakibatkan beberapa penyakit ginjal dan sehingga ginjal menjadi mengecil.

4. Displasia

Faktor lainnya yaitu karena kondisi Displasia ginjal dimana kondisi ini ditemukannya kelainan pada perkembangan struktur serta perbedaan nefron dan duktus pada ginjal yang tidak wajar. Selain itu inti dari displasia karena terdapat hambatan pada suplai darah serta tidak dapat berkembangnya jaringan di ginjal yang secara normal. Akibat dari adanya displasia ginjal ini yaitu akan mengakibatkan ginjal rusak dan mengecil. Untuk mendiagnosis keadaan ini kita dapat melakukan pemeriksaan berupa USG.

5. Genetik atau Bawaan Lahir

Penyebab ginjal mengecil selanjutnya yaitu karena faktor genetik atau bawaan dari lahir. Seseorang yang mempunyai keturunan memiliki penyakit ginjal atau beberapa penyakit yang dapat mengakibatkan ginjal menjadi mengecil maka akan jauh beresiko lebih tinggi untuk mendapati kondisi ginjal mengecil. Untuk faktor bawaan atau genetik ini biasanya kondisi yang tidak dapat dicegah oleh seseorang.

6. Glomerulonefritis

Glomerulonefritis ini merupakan kondisi dimana terdapat kandungan protein pada urine. Selain itu adanya gloerulonefritis ini juga dapat digunakan sebagai tanda bahwa seseorang mengalami sistem kekebalan tubuh yang rendah , sehingga mudah atau rentan sekali terkena penyakit tertentu.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Ginjal Mengecil

Cara mengatasi gagal ginjal atau ginjal yang mengecil dapat dilakukan dengan beberapa cara.Untuk mengatasi ginjal yang mengecil kita dapat melakukan pengobatan secara medis maupun non medis. Untuk menghemat biaya lebih dianjurkan untuk melakukan perawatan non medis antara lain :

  • Minum air rebusan sirsak
  • Minum air rebusan daun sukun
  • Minum suplemen atau vitamin untuk ginjal
  • Mengkonsumsi buah mahkota dewa
  • Mengkonsumsi Uva Ursi
  • Mengkonsumsi basil
  • Mengkonsumsi rumput gandum

Ginjal mengecil ternyata merupakan salah satu kondisi ginjal yang abnormal yang disebabkan oleh bebrapa hal. Selain itu kita dapat mengetahui adanya ginjla mengecil dari ciri-ciri serta tanda dan gejala yang terdapat pada ginjal mengecil.

Sponsors Link
>
, , , , ,