Sponsors Link

Ginjal Kronis – Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Di era globalisasi dan perkembangan zaman saat ini membuat produk-produk makanan serta elktrolit semakin meningkat. Hal tersebut dapat mempengaruhi pola hidup seseorang. Dimana banyak seseorang yang terbiasa dengan mengkonsumsi makanan junkfood serta jarang olahraga dan lebih memilih bermain game atau yang lainnya.

ads

Situasi seperti diatas tadi dapat mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Dampaknya adalah seseorang terkena penyakit tertentu yang bahaya.Salah satunya dampak dari kebiasaan buruk diatas yaitu penyakit ginjal kronis. Ginjal kronis mempunyai tanda dan gejala serta cara pengobatan secara khusus. Apabila tidak diatasi secara cepat maka penyakit ini akan menimbulkan kematian. Berikut mengenai informasi penyakit ginjal kronis.

Ginjal Kronis

Fisiologi ginjal merupakan keadaan fisiologi dari adanya stimulus , apabila ginjal mengalami rusak maka ginjal tersebut akan memberikan tandaatau alrm bahwa terdapat hal yang tidak beres. Penyakit ginjal kronis merupaka salah satu penyakit ginjal yang serius. Pengertian dari ginjal kronis merupakan suatu proses patofisiologi dan etiologi yang sangat beragam, dimana mengakibatkan penurunan fungsi ginjal yang progresif.

Patofisiologi gagal ginjal kronik karena diabetes juga dapat meningkatkan penyakit gijal yang kronis. Kondisi tersebut pada umumnya akan berakhr pada kedaan yang klinis dan ditandai dengan menurunnya fungsi secara irreversibel. Jumlah seseorang yang terkena penyakit ginjal ini akan terus semakin meningkat dikarenakan banyakanya masyarakat yang membiasakan pola hidup yang tidak sehat.

Dampak dari adanya penyakit ginjal kronis ini akan mengakibatkan kualias hidup seseorang semakin menurun. Seseorang akan lebih kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari atau kesulitan untuk melakukan pekerjaan sesuai pekerjaannya. Selain itu apabila penyakit ginjal kronik ini sedang kambuh atau tiba-tiba menyerang seseorang maka akan membuat rasa yang sakit yang sangat parah.

Ciri atau Karakteristik Ginjal Kronis

Ciri-ciri batu ginjal tidak jauh berbeda dengan ginjal kronis maupun penyakit ginjal lainnya. Ginjal kronis inidapat kita ketahu dari karakteristiknya. Pada dasarnya setiapa penyakit memiliki ciri khusus. Berikut mengenai beberapa ciri-ciri penyakit ginjal kronis :

  • Kerusakan ginjal harus terjadi lebih dari 3 bulan
  • Adanya kelainan struktur dan fungsional
  • Disertaiatau tanpa disertai dengan adanya penurunan laju filtrasi glomerulus (LFG)
  • Terdapat tanda kelainan ginjal berupa kelainan komposisi urin atau darah
  • Laju filtrasi glomerulus kurang dari 60 ml/menit selama 3 bulan
  • Laju filtrasi glomerulus lebih dari 60 ml/menit
  • kelainan biokimiawi darah seperti hemogoblin menurun, kadar asam urat meningkat, hipokalemia,asidosis metabolik.

Penyebab Ginjal Kronis

Penyabab penyakit ginjal sangat komplek dan bermacam-macam. Pada dasarnya seseorang yang mempunyai penyakit atau terserang penyakit disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Penyakit ginjal kronis disebabkan oleh bebrrapa faktor. Dari faktor penyakit atau faktor yang lainnya. Berikut mengenai beberapa hal yang menyebabkan terjadinya ginjal kronis. 

Sponsors Link

1. Glomerulonefritis

Glomerulonefritis merupakan salah satu penyebab dari penyakit ginjal kronis , dimana merupakan penyakit parenkim ginjal yang bersifat progresif dan nantinya akan sering pada tahapan akhir yaitu gagal ginjal kronik. Hal ini disebabkan karena respon dari imunologik. Pada kondisi glomerulonefritis yang menyebabkan ginjal kronis ini ditandai adanya proteinuria, hematuri,penurunan fungsi ginjal itu sendiri, dan perubahan ekskresi ginjal karena akibat dari adanya edema. Glomerulonefritis ini merupakan salah satu penyebab utama terjadinya ginjal kronik serta penyakit ginjal pada tahap akhir lainnya.

2. Diabetes Militus

Penyebab diabetes insipidus yaitu karena pengaruh kandungan gula yang erlebih pada darah.Diabetes mititus merupakan salah satu penyakit tubuh yang menyebabkan penderita mengalami tanfda dan gejala yang kompleks. Dimana DM ini merupakan penyakit metabolik dengan ciri-ciri hiperglekimia yang terjadi karena adanya kelainan sekkresi insulin maupu kerja insulin. Kondisi hiperglekimia ii akan menyebabkan kerusakan jangka panjang bagi organ dalam tuuh seperti ginjal, syaraf, jantung serta yang terakhir yaitu pembuluh darah. 

ads

3. Hipertensi

Hubungan gagal ginjal dan hepertensi perlu kita ketahui. Salah satu faktor penyebab memburuknya fungsi ginjal yaitu hipertensi. Dimana hipetensi ini dapat meningkatkan resiko proteinuria, jenis penyakit ginjal lainnya, hiperglekimia dan faktor lain. Hipertensi ini menyebabkan pembuluh aliran pembuluh darah tidak norml selain itu apabila kondisi ini sedang kambuh maka akan mengakibatkan fungsi jantung pun terganggu. Resiko saat tekanan darah tinggi ini kambuh yaitu pembuluh darah pecah.

3. Lupus

Lupus merupakan penyakit peradangan kronis yang biasanya disebabkan karena sisitem kekebalan tubuh menyerang sel jaringan didalam tubuh lainnya atau yang biasa kita sebut dengan autoimun. Lupus menyerang beberapa organ ataupun bagian tubuh antara lain yaitu kulit, sendi, sel darah, ginjal, paru-paru, jantung, otak , sarah serta yang terakhir yaitu sumsum tulang belakang. Penyebab terjadinya lupus sampai saat ini belum diketahui.

4. Infeksi Saluran Kemih

Penyakit infeksi saluran kemih adalah salah satu penyebab terjadinya ginjal kronis. Merupakan kondisi ketika beberapa organ seperti ginjal, uretra, ureter dan kandung kemih mengalami infeksi. Infeksi ini dikarenakan berawal dari darah yang kotor dan disaring oleh ginjal secara terus menerus. Penyebab terjadinya infeksi saluan kemih yaitu karena adanya bakkteri Escherichia coli yang umumnya hidup di saluran cerna. Maka diharapkan untuk hati-hati dalam mengkonsumsi makanan , sebaiknya pilihlah makanan yang sehat untuk dikonsumsi.

5. Obstruksi

Penyebab gagal ginjal yang terakhir yaitu obstruksi yang disebabkan karena adanya batu ginjal, tumor ataupun pembesaran kelenjar prostat pada pria. Apabila kondisi tersebut tidak segera ditangani maka akan mengakibatkan penyakit ginjal semakin kronis.

Tanda dan Gejala Penyakit Ginjal Kronis

Gejala gagal ginjal juga merupakan indikasi adanya ginjal yang kronis. Saat ginjal kronis menyerang maka akan mengakibatkan penderita merasakan tanda dan gejala pada tubuhnya. Hal tersebut akan mengakibatkan terhambatnya seseorang melakukan kegiatannya atau aktivitasny sehari-hari. Berikut mengenai tanda dan gejala yang ditimbulkan karena adanya penyakit ginjal kronis.

  • Tanda gejala seperti penyakit lupus, diabetes militus, infaksi traktus urinaris, hipertensi, hiperukimia, lupus serta tanda dan gejala penyakit penyerta ginjal kronis lainnya.
  • Sindroma urinaria
  • Tubuh Lemah
  • Latergi
  • Anoreksia
  • Mual muntah
  • Nokturia
  • Kelebihan volume cairan
  • Hipertensi
  • Anemia
  • Osteodistrofi renal
  • Gangguan keseimbangan elektrolit
  • Penurunan fungsi ginjal
  • Terjadi pembengkakan dalam tubuh
Sponsors Link

Pengobatan Ginjal Kronis

Pengobatan alternatif gagal ginjal juga sering digunakan untuk mengatasi ginjal kronis. Untuk menangani ginjal kronis ini harus tepat dan benar. Apabila tidak tepat dan benar maka akan mengakibatkan keadaannya memburuk atau berdampak pada kematian. Berikut mengenai beberapa penanganan yang dapat dilakukan untuk mengatasi ginjal kronis.

1. Prosedur Terapi Batu Ginjal

Terapi ini digunakan apabila ginjal kronis tersebut terdapat batu ginjal. Dalam prosedur terapi ini dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu Ekstracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL), Ureteroscopic Lithotripsy dan Percutaneous Nephrolithotomy (PCNL). Ketiga prosedur tersebut digunakan untuk menghilangkan batu yang terdapat pada ginjal.

2. Penggunaan Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan memang sangat umum digunakan untuk mengobati suatu penyakit baik penyakit yang sedang maupun penyakit yang parah. Obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi penyakit ginjal antara lain ramipril, captopril, valsatran dan irbesartan.

3. Diet

Diet yang dilakukan untuk mengetasi penyakit ginjal kronis adalah diet protein. Dimana diet protein ini dengan cara membatasi mengkonsumsi protein secara berlebihan. Protein merupakan salah satu zat yang buat ginjal bekerja sangat keras apabila dikonsumsi. Makanan untuk penderita gagal ginjal kronis adalah makanan yang sehat dan mengandung cukup nutrisi.

4. Terapi Pengganti Ginjal

Terapi pengganti ginjal dapat dilakukan dengan beberapa cara. Terapi pengganti gijal ini dilakukan sesuai dengan anjuran dokter. Terapi pengganti ginjal antara lain dengan cara cuci darah atau hemodialisis, Continous Ambulatory poritoneal, dan cangkok ginjal atau transplantasi ginjal.

Penjelasan diatas merupakan tentang beberapa informasi mengenai ginjal kronis. Pada dasarnya ginjal kronis merupakan penyakit yang serius, maka segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter ahli pnyakit dalam.

Sponsors Link
>
, , ,