Sponsors Link

Ginjal Kering – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling penting bagi manusia. Dengan organ ginjal yang sehat, semua orang bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang bermanfaat untuk mereka. Tidak hanya orang dewasa atau orang tua, remaja atau anak-anak juga diharuskan untuk menjaga organ yang satu ini supaya mereka bisa terus sehat sampai masa tua mereka. Dengan ginjal yang sehat, maka semua orang akan menjalani hidup yang menyenangkan. Organ-organ lain juga bisa bekerja dengan maksimal dan tanpa khawatir mendapatkan masalah-masalah tertentu.

ads

Dengan demikian, kamu harus mempelajari banyak hal tentang kesehatan seperti yang telah kita bahas sebelumnya, seperti misalnya bagaimana melakukan penanganan batu ginjal, cara mencegah gagal ginjal, cara mengobati ginjal bocor, penyebab penyakit ginjal, beberapa ciri-ciri penyakit ginjal seperti gejala sakit ginjal pada wanita atau gejala batu ginjal pada pria dan lain sebagainya. Termasuk mempelajari penyakit ginjal.

Salah satu di antara beberapa masalah yang bisa menyerang organ ginjal ini adalah masalah penyakit ginjal yang bisa menyebabkan ginjal sampai pada titik tertentu tidak akan lagi bisa bekerja dengan baik. Salah satu di antara beberapa penyakit ginjal yang berbahaya untuk tubuh adalah penyakit ginjal kering. Selain itu, juga masih terdapat berbagai macam masalah penyakit ginjal yang lain seperti misalnya penyakit gagal ginjal, penyakit ginjal bocor, penyakit radang ginjal dan lain sebagainya.

Melihat beberapa hal di atas, maka tentu saja kita harus mempelajari berbagai macam penyakit ginjal tersebut supaya kita bisa mengatasinya dengan baik pula. Oleh karena itulah, dalam kesempatan kali ini akan kita bahas beberapa hal tentang penyakit ginjal kering yang perlu untuk kamu ketahui.

Apa saja yang perlu kamu ketahui tentang ginjal kering itu? Silakan lanjutkan membaca di bawah ini ya!

Penyebab Penyakit Ginjal Mengering

Ginjal yang kering adalah salah satu penyakit ginjal yang cukup serius. Biasanya penyakit yang satu ini banyak diderita oleh laki-laki yang terlalu banyak meminum minuman bersoda, makanan pedas dan sering begadang dan berbagai sebab yang lain. Pada dasarnya penyakit ini adalah penyakit hilangnya cairan pada ginjal sehingga membuat ginjal bekerja dengan sangat berat bahkan bisa menyebabkan infeksi yang serius. Akan tetapi bukan berarti penyakit yang satu ini tidak bisa menyerang perempuan ataupun orang yang lain.

Adanya ginjal yang kering mengakibatkan produksi cairan urine menjadi berkurang, penyaringan zat-zat berbahaya dari dalam tubuh menjadi terhambat, dan bisa menyebabkan dehidrasi pada tubuh. Karena dehidrasi ini, masalah yang lain juga bisa terjadi misalnya adalah kulit menjadi kering, terhambatnya kinerja kelenjar penyakit minyak pada kulit, dan berbagai masalah yang lain yang tidak bisa diremehkan.

Melihat berbagai macam masalah yang menyebabkan ginjal menjadi mengering tersebut, kita harus mengetahui bagaimana cara untuk mencegah penyakit ini agar tidak menyerang kita sejak dini. Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan ginjal mengering dan seharusnya kita hindari. Apa saja penyebab ginjal mengering tersebut?

Beberapa hal yang mungkin menyebabkan penyakit ginjal mengering terjadi adalah sebagai berikut. Perlu disadari bahwa kamu harus cermat dalam mengantisipasi ini semua ya.

Sponsors Link

1. Terlalu sering begadang

Ginjal, sebagaimana organ tubuh yang lain, juga membutuhkan waktu untuk beristirahat. Jam biologis ginjal untuk beristirahat ini pada umumnya terjadi pada malam hari, antara jam dua belas malam sampai dengan jam tiga malam. Di antara jam-jam tersebut, idealnya seseorang harus beristirahat. Dengan istirahat pada jam-jam itulah, tubuh bisa kembali segar dan berfungsi dengan baik sebagaimana yang diharapkan oleh semua orang.

Akan tetapi, tidak jarang banyak orang yang justru sering menghabiskan waktu untuk begadang tanpa berhenti mulai dari jam dua belas malam sampai dengan pagi. Pola istirahat yang semacam itu akan menghambat kinerja ginjal dan organ tubuh yang lain. Dalam jangka panjang, berbagai masalah ginjal akan terjadi dan tentunya dampak buruknya akan terjadi pada diri kita sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tetap tidur di malam hari, lalu bangun pagi pula agar kamu bisa beraktivitas lebih cepat dan bisa mengejar rezeki yang lebih berkah.

ads

2. Sering meminum minuman bersoda

Minuman bersoda adalah salah satu jenis minuman yang mungkin banyak dikonsumsi oleh banyak orang di sekitar kita. Sayangnya minuman yang satu ini, walaupun enak tetapi sebenarnya tidak baik apabila dikonsumsi secara rutin atau sering. Bahkan lebih baik kamu menghindari minuman yang banyak mengandung soda. Gantilah dengan air putih yang lebih menyehatkan dan tidak membuat ginjalmu menjadi bekerja dengan berat. Dengan banyak meminum minuman bersoda, salah satu risiko yang kamu milik adalah terkena penyakit ginjal mengering yang bisa menyebabkan masalah yang sangat banyak untuk tubuhmu.

3. Memakan makanan terlalu pedas

Sering memakan makanan yang terlalu pedas juga bisa menyebabkan ginjal menjadi terkena penyakit ginjal mengering lo. Makanan pedas bisa menstimulus banyak hal dalam tubuh dan apabila terlalu banyak bisa menyebabkan masalah yang lain muncul. Salah satunya adalah penyakit ginjal mengering yang akan muncul apabila kamu terlalu banyak memakan makanan pedas yang membakar saluran pencernaanmu.

4. Kurang minum air

Air adalah senyawa yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh ginjal. Bahkan air harus dikonsumsi setiap hari agar tubuh dan ginjalmu bisa berfungsi dengan sempurna. Apabila kamu kurang minum air, maka masalah ginjal yang kemungkinan besar akan muncul adalah gagal ginjal, ginjal mengering, dan berbagai masalah ginjal yang lain.

Ciri-ciri dan Gejala Penyakit Ginjal Mengering

Lalu apa saja ciri-ciri dan gejala penyakit yang satu ini? Gejala atau ciri-ciri ini juga sangat penting untuk kamu ketahui supaya kamu bisa mengantisipasi penyakit ginjal kering sejak awal dan bisa mencegahnya agar bertambah buruk. Beberapa ciri-ciri atau gejala penyakit ginjal mengering adalah sebagai beirkut.

  1. Munculnya rasa nyeri pada punggung
  2. Terjadinya pembengkakan di beberapa bagian tubuh, seperti mata dan kaki
  3. Munculnya raum, gatal dan kering
  4. Rasa nyeri di punggung bawah atau dada
  5. Tubuh jadi lebih mudah lelah dan lemah
  6. Nafsu makan menjadi berkurang
  7. Sering kali mengalami mual dan muntah
  8. Produksi urine menjadi lebih sedikit
  9. Buang air kecil jadi jarang

Apabila beberapa di antara ciri-ciri di atas kamu alami, maka sebaiknya kamu berhati-hati dan segeralah memeriksakan diri ke dokter terdekat agar kamu bisa mendapatkan penanganan pertama yang tepat, sehingga kamu bisa mencegah terjadinya sakit ginjal yang mungkin akan lebih parah apabila dibandingkan dengan ketika kamu tidak melakukan pemeriksaan dan pencegahan sejak dini tersebut.

Sponsors Link

Cara Mengatasi dan Pengobatan Ginjal Mengering

Walaupun penyakit ini berbahaya, bukan berarti dia tidak bisa diatasi dan dicegah. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membuat penyakit yang satu ini bisa diatasi dan dicegah, termasuk ketika kita telah mengalami penyakit yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dan mengobati penyakit ginjal mengering yang satu ini.

  1. Minum cukup air
  2. Olahraga dengan teratur
  3. Berhenti dari konsumsi soda
  4. Istirahat dengan cukup
  5. Tidak meminum obat-obat rematik, jamu dan obat anti nyeri yang tidak ramah bagi ginjal
  6. Tidak memakan makanan yang mengandung asam lemak jenuh dan kolesterol tinggi
  7. Melakukan cuci darah
  8. Melakukan pencangkokan ginjal
  9. Memakan buah-buahan dan sayuran yang baik untuk kesehatan ginjal seperti misalnya buah manggis

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dan mengobati penyakit ginjal mengering. Walaupun penyakit yang satu ini bisa diatasi dengan pengobatan yang serius dan juga konsisten akan tetapi tentu saja lebih baik apabila kamu mencegah terjadinya penyakit yang satu ini. Ingatlah bahwa kita diharuskan untuk hidup dengan melakukan kebaikan sebanyak mungkin, termasuk salah satunya memenuhi kebutuhan diri kita sendiri terhadap kesehatan yang bisa kamu lakukan dengan sempurna apabila kamu melakukan pola hidup sehat termasuk dalam menjaga kesehatan ginjal sehingga kamu tidak perlu mengalami sakit ginjal yang menghambat produktivitasmu.

Sampai di sini pembahasan kita kali ini, semoga kamu bisa sukses dalam merawat ginjal kesayanganmu ya! Jangan lupa untuk hidup sehat!

Sponsors Link
>
, , ,