Sponsors Link

Komplikasi Ginjal Bocor Penderita Diabetes Penyebab Protein Dalam Urine

Sponsors Link

Diabetes adalah jenis penyakit yang seringkali menyebabkan komplikasi. Salah satu komplikasi yang sangat terkenal dari diabetes atau penyakit kencing manis ini adalah ciri ciri ginjal bocor. Anatomi ginjal yang memiliki bentuk seperti kacang merah ini ada di bawah tulang rusuk kiri dan kanan dengan fungsi utama untuk menyaring zat sisa darah sebelum nantinya dialirkan menuju urine. Ginjal juga berfungsi untuk menjaga tekanan darah, menjaga keseimbangan kimia dalam tubuh, memproduksi vitamin D dan masih banyak lagi.

ads

Kerusakan Organ Penyaring

Gangguan ginjal memang sering terjadi khususnya masalah ginjal bocor penderita diabetes yang dinamakan dengan nefropati diabetik. Ini bisa terjadi karena organ penyaring ginjal rusak sehingga ginjal menjadi bocor dan menyalurkan protein albumin darah menuju urine. Ginjal bocor bisa mengakibatkan masuknya protein albumin ke dalam urine dalam 2 kondisi yakni mikroalbuminuria yakni saat protein albumin ada dalam urine sekitar 30 sampai 300 mg per hari dan menjadi indikasi terjadinya gangguan ginjal. Sedangkan yang kedua adalah proteinuria yakni protein albumin dalam urine lebih dari 300 mg per hari serta akan lebih sulit ditangani. Ginjal bocor jenis ini meningkatkan risiko gagal ginjal kronis untuk kedepannya.

Tingginya gula darah penderita diabetes juga bisa menyebabkan terjadinya luka parut pada sel penyaring ginjal yang bisa semakin menurunkan fungsi ginjal secara perlahan dalam beberapa tahun. Apabila tidak segera ditangani, maka proses ini akan terus terjadi dan menyebabkan gagal ginjal. Beberapa kondisi diabetes yang bisa menyebabkan gangguan ginjal diantaranya adala jika penderita sudah terkena diabetes tipe 1 sebelum usia 20 tahun, perokok atau mempunyai keluarga yang memiliki diabetes dan gangguan ginjal.

Gejala yang Harus Diperhatikan

Ciri ciri penyakit ginjal bocor pada penderita diabetes bisa berkembang dengan perlahan yang juga jarang disertai gejala tertentu. Bahkan gejalanya baru terlihat 5 hingga 10 tahun sesudah terjadi gangguan ginjal. Meski begitu, tetap ada beberapa gejala awal yang bisa dikenali ketika terjadi gangguan ginjal seperti sakit kepala, lemas, mual, muntah dan tidak nafsu makan. Sedangkan beberapa gejala lain yang biasanya terjadi adalah kulit terasa gatal , kaki bengkak dan mudah terkena infeksi.

Meningkatnya kadar albumin dalam urine juga menjadi salah satu gejala dari gangguan ginjal lain sehingga penting untuk penderita diabetes agar bisa menjaga tingkat gula darah dan tekanan darah normal. Pemeriksaan penyebab adanya protein dalam urine dan tes darah juga harus dilakukan untuk melihat fungsi ginjal setidaknya satu kali per tahun dan terapkan juga pola hidup yang sehat, terus bergerak aktif sekaligus hentikan kebiasaan buruk seperti merokok. Untuk penderita diabetes, sebaiknya juga disarankan untuk bertanya pada dokter mengenai risiko ginjal bocor sekaligus cara pencegahan terbaik yang bisa dilakukan.

Makanan Ginjal Bocor Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes yang mengalami masalah ginjal yakni ginjal bocor, maka harus bisa memperhatikan asupan makanan dengan baik agar tidak memperparah gejala. Beberapa makanan yang baik dikonsumsi diantaranya adalah: 

Sponsors Link

  • Brokoli Kukus: Brokoli merupakan makanan baik untuk mengatasi penyebab ginjal bocor pada orang dewasa dan anak serta diabetes karena senyawa sulforaphane dalam brokoli yang bisa mengatasi kerusakan pembuluh darah penderita diabetes.
  • Yogurt Tawar: Yogurt juga merupakan makanan baik untuk ginjal bocor dan diabetes karena kandungan bakteri baik serta vitamin D dan kalsium yang terkandung didalamnya.
  • Strawberry: Strawberry tidak hanya menjadi buah yang baik untuk ginjal namun juga baik untuk penderita diabetes.
  • Oatmeal: Kandungan gizi dalam oatmeal sangat baik dikonsumsi untuk segala masalah ginjal dan juga diabetes sekaligus bisa mengontrol kadar kolesterol dengan baik.
  • Apel: Apel sudah sangat terkenal menjadi buah yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan fungsi ginjal dan juga mengatasi bahaya ginjal bocor yang dialami penderita diabetes.
  • Aprikot: Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah ini sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi masalah ginjal bocor pada penderita diabetes.
  • Jus cranberry: Mengkonsumsi jus cranberry segar tanpa tambahan gula juga menjadi asupan yang harus dikonsumsi secara teratur agar masalah ginjal bocor bisa segera diatasi sekaligus aman untuk penderita diabetes.
  • Sawi: Sawi sangat tinggi akan antioksidan yang sangat penting untuk menurunkan kadar gula darah. Sedangkan kolin juga penting untuk menyembuhkan masalah ginjal sehingga menjadi salah satu makanan penderita ginjal bocor yang baik dikonsumsi.

Sponsors Link
>
, , ,