Sponsors Link

Ginjal Bocor Bisa Disembuhkan (#Anda Wajib Tahu)

Sponsors Link

Apakah ginjal bocor bisa disembuhkan? Pertanyaan tersebut mungkin banyak ditanyakan oleh berbagai orang khususnya bagi mereka yang anggota keluarganya sedang menderita penyakit ginjal bocor. Tentu saja pertanyaan tersebut penting untuk dijawab, karena dengan mengetahui apakah ginjal bocor bisa disembuhkan atau tidak, maka penanganan yang tepat dapat dilakukan kepada para penderita ginjal bocor tersebut. Oleh karena itulah dalam artikel berikut ini akan kita bahas beberapa hal yang berkaitan dengan apakah ginjal bocor bisa disembuhkan atau tidak. Data-data di bawah ini kami rangkum dari berbagai sumber yang tentunya diharapkan dapat dipercaya dan dapat dijadikan landasan untuk menilai apakah ginjal bocor bisa disembuhkan atau tidak.

ads

Untuk menilai apakah ginjal bocor itu bisa disembuhkan atau tidak, maka kita perlu melihat beberapa hal, yaitu penyebab penyakit ginjal bocor dan kemungkinan hal tersebut bisa diatasi, dilihat dari cara untuk mengatasi penyebab dan penyakit ginjal bocor tersebut. Setelah itu akan kita sampaikan beberapa hal yang dapat kamu terapkan secara mandiri untuk mengatasi penyakit ginjal bocor itu sendiri.

Penyebab Ginjal Bocor

Untuk mengetahui apakah ginjal bocor itu bisa disembuhkan atau tidak, maka pertama kali yang harus kita lakukan adalah mengetahui apa saja penyebab ginjal bocor tersebut. Mengetahui penyebab penyakit ginjal bocor ini sama pentingnya dengan mengetahui penanganan batu ginjal, cara mencegah gagal ginjal, cara mengobati ginjal bocorgejala sakit ginjal pada wanita atau gejala batu ginjal pada pria.

Ada beberapa macam penyebab penyakit ginjal bocor, pada dasarnya adalah penyebab yang berasal dari adanya penyakit lain, gaya hidup yang buruk, dan kurangnya asupan nutrisi serta masalah-masalah di luar prediksi yang tidak bisa kita antisipasi secara tepat. Beberapa penyebab ginjal bocor tersebut, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Penyakit diabetes

Penyakit diabetes sangat erat kaitannya dengan kesehatan ginjal. Salah satu hal yang dapat diakibatkan dari adanya penyakit diabetes ini adalah munculnya penyakit ginjal seperti ginjal bengkak, ginjal bocor, gagal ginjal dan lain sebagainya. Apabila penyakit diabetes yang menyebabkan penyakit ginjal bocor, maka masalah tersebut dapat diatasi dengan cara pengobatan yang teratur serta gaya hidup yang tepat.

2. Rendahnya konsumsi protein

Penyebab ginjal bocor yang berikutnya adalah rendahnya konsumsi protein, sehingga dengan kurangnya protein tersebut tingkat regenerasi sel atau jaringan di dalam ginjal bisa terhambat. Akibatnya, apabila terdapat zat tertentu yang bisa menyerang atau merusak jaringan atau sel ginjal tertentu, maka ginjal dapat mengalami luka alias mengalami kebocoran. Untuk mengatasi ini pada prinsipnya asupan protein harus dicukupkan sembari mengatasi masalah atau dampak yang ditimbulkan dari jaringan ginjal yang telah mengalami kerusakan tersebut.

3. Terjadinya gangguan sistem imun

Gangguan sistem imun juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya ginjal bocor yang sulit dideteksi dan biasanya muncul atau terjadi pada masa kanak-kanak. Jenis penyakit gangguan sistem imun yang menjadi penyebab ginjal bocor disebut dengan minimal change disease. Nama ini diplih karena apabila diamati pada mikroskop, filter ginjal tampak normal padahal sebenarnya terjadi perubahan sistem imun tertentu. Walaupun demikian, gangguan ginjal yang bersumber dari sistem imun ini dapat diatasi dengan relatif mudah, selama dilakukan pengobatan yang teratur dan diiringi dengan gaya hidup yang sehat. Anak-anak yang menderita MCD pun dapat disembuhkan.

Sponsors Link

4. Radang ginjal

Penyebab ginjal bocor berikutnya adalah inflamasi atau radang ginjal yang dapat diakibatkan karena banyak hal. Penyakit radang atau inflamasi pada ginjal dapat terjadi pada berbagai macam kelompok usia. Radang yang terjadi pada ginjal dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian-bagian ginjal tertentu sehingga fungsi dan kemampuan ginjal dalam menyaring limbah beserta air yang berasal dari darah akan terganggu. Dalam jangka panjang maka hal tersebut akan memicu munculnya kerusakan pada bagian ginjal tertentu sehingga terjadilah ginjal bocor. Oleh karena itu, mengatasi radang ginjal ini dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan lain sebagainya dapat digunakan untuk mengatasi masalah ginjal bocor.

ads

5. Penyakit malaria

Selain radang ginjal dan diabetes, penyakit lain yang dapat menyebabkan munculnya ginjal bocor adalah penyakit malaria. Dengan kata lain, untuk menyebabkan masalah ginjal bocor teratasi, maka penyakit malaria pun harus disembuhkan. Dewasa ini, penyakit malaria relatif dapat disembuhkan dengan mudah menggunakan berbagai macam jenis pengobatan yang dapat didapatkan dari apotek sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter.

Melihat beberapa penyebab di atas, maka secara umum dapat kita simpulkan bahwa ginjal bocor bisa disembuhkan, dengan cara pengobatan dan pengubahan gaya hidup yang sehat sehingga kesehatan tubuh kita bisa terjaga dengan baik. Agar kamu bisa mengatasi penyakit ginjal bocor dengan baik, maka ada beberapa hal lain yang perlu kamu ketahui. Apa itu? Silakan lanjutkan membaca di bawah ini ya.

Cara Mengatasi Ginjal Bocor

Hal lain yang perlu kamu ketahui agar bisa mengatasi ginjal bocor dengan tepat adalah tentang bagaimana cara mengatasi ginjal bocor itu sendiri, terutama ketika kamu telah menderita penyakit ginjal bocor. Dengan mengetahui dan menerapkan cara mengatasi ginjal bocor dengan tepat, tentu saja ginjal bocor bisa disembuhkan dengan baik. Perlu diingat bahwa sebenarnya melakukan cara menjaga kesehatan ginjal atau tips menjaga kesehatan ginjal dengan tepat dapat menghindarkan dirimu dari berbagai penyakit ginjl.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi ginjal bocor yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Memakan buah manggis

Buah manggis adalah salah satu jenis buah yang selain diakui sebagai buah yang lezat atau enak untuk dimakan, juga merupakan salah satu buah yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit karena mengandung senyawa-senyawa yang baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan membantu mengobati tubuh dari penyakit tertentu.

Manfaat atau khasiat yang dimiliki oleh buah manggis sebenarnya berasal dari sebuah senyawa yang bernama xanthone. Xanthone adalah salah satu senyawa yang mampu mengatasi radikal bebas dengan efektif, sehingga zat atau senyawa berbahaya yang bisa menyerang tubuh manusia dan menjadi penyebab berbagai masalah ginjal dapat ditangkis dengan efektif.

Selain bermanfaat untuk ginjal, manggis juga mampu membantu melancarkan aliran darah, sehingga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke serta membantu meringankan beban kerja yang dimiliki oleh organ ginjalmu

2. Mengonsumsi ramuan kumis kucing

Cara mengobati ginjal berikutnya yang dapat kamu lakukan untuk mengobati ginjal bocor adalah dengan memanfaatkan ramuan tradisional yaitu ramuan kumis kucing. Tanaman kumis kucing merupakan tanaman obat yang memiliki kandungan untuk memperbaiki ginjal dengan efektif. Tanaman ini memang merupakan salah satu obat tradisional yang telah lama digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah ginjal, termasuk salah satunya adalah untuk ginjal bocor. Untuk membuat ramuan ini pun juga cukup mudah, kamu hanya perlu merebus beberapa lembar daun kumis kucing pada beberapa gelas air bersih, kemudian menyaring air rebusan tersebut sampai bersih lalu meminumnya untuk menyembuhkan ginjal bocor yang kamu rasakan.

Sponsors Link

3. Mengonsumsi air rebusan sukun kering

Daun sukun kering adalah salah satu tanaman tradisional yang juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional karena khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat dari tanaman sukun kering yang bisa kamu rasakan antara lain adalah adalah mudahnya untuk mengatur kadar kolesterol buruk dalam tubuh, kemudahan dalam menghindari atau mencegah penyakit jantung, terhambatnya pertumbuhan sel kanker, dan tentu saja terobatinya berbagai macam penyakit ginjal termasuk salah satu di antaranya adalah ginjal bocor.

Untuk memanfaatkan daun sukun kering sebagai obat ginjal bocor, kamu perlu merebus beberapa lembar daun sukun kering dengan air bersih lalu meminum air hasil rebusan daun sukun kering tersebut sebanyak kurang lebih dua kali dalam satu hari. Perlu disadari bahwa konsumsi ramuan dari daun sukun kering ini tidak ditujukan untuk jangka panjang karena kandungan di dalam daun sukun kering, beberapa di antaranya juga berbahaya untuk ginjal apabila kamu meminumnya secara terus menerus.

5. Mengonsumsi temulawak

Temulawak adalah salah satu jenis obat herbal yang bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan ginjal bocor. Selain itu, temulawak juga dapat membantu mengobati peningkatan asam lambung dan berbagai masalah organ lainnya.

Untuk memanfaatkan temulawak sebagai obat, kita hanya perlu merebusnya sebagaimana obat-obtan di atas kemudian meminum air rebusan tersebut sebanyak kurang 3 kali dalam satu sehari. Kamu bisa menyaring hasil rebusan temulawak untuk memastikan tidak ada impas yang ikut terminum.

Pantangan Ginjal Bocor

Selain melakukan pengobatan-pengobatan di atas, agar ginjal bocor bisa disembuhkan, kamu juga perlu mengetahui apa saja hal-hal yang dilarang untuk dikonsumsi, dilakukan, atau hal-hal lain yang bisa menghambat kesembuhan ginjal bocormu, bahkan bisa membuatnya menjadi lebih parah. Beberapa pantangan ginjal bocor tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Mengonsumsi daging ayam berlebihan
  • Mengonsumsi daging sapi berlebihan
  • Mengonsumsi daging kambing berlebihan
  • Mengonsumsi nasi putih secara berlebihan
  • Mengonsumsi gandung berlebihan
  • Mengonsumsi jeruk
  • Mengonsumsi keju
  • Mengonsumsi makanan berkadar garam tinggi
  • Mengonsumsi gorengan
  • Mengonsumsi pepaya
  • Mengonsumsi kentang
  • Mengonsumsi singkong dan ibu

Itulah beberapa hal berkaitan dengan ginjal bocor yang bisa kamu ketahui dari artikel ini. Dari pemaparan di atas, dapat kita simpulkan bahwa pada umumnya ginjal bocor bisa disembuhkan dan para penderita ginjal bocor dapat sembuh dari penyakit ini. Jangan lupa untuk selalu menghindari berbagai makanan penyebab sakit ginjal, dan juga memakan makanan yang baik untuk ginjal. Oleh karena itu, selamat menjaga kesehatan ginjalmu, semoga ginjalmu selalu sehat!

Sponsors Link
>
, , ,