Sponsors Link

Ginjal Bengkak Sebelah Kanan (#Anda Wajib Tahu)

Sponsors Link

Kesehatan adalah hal yang sangat berharga bagi semua orang. Dari anak-anak sampai dengan orang dewasa, tubuh yang sehat pasti sangat diharapkan karena dengan tubuh yang sehat itulah mereka bisa beraktivitas dengan lancar. Oleh karena inilah, semua orang termasuk dirimu diharapkan memiliki wawasan yang cukup untuk membantu mencegahmu dari mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, seperti wawasan tentang  cara menjaga kesehatan ginjal atau tips menjaga kesehatan ginjal.

ads

Ginjal adalah sebuah organ berukuran kecil yang memiliki berat sekitar 150 gram yang terdiri dari bagian ginjal sebelah kiri dan juga ginjal sebelah kanan, sehingga apabila organ ini dilihat dari depan akan terlihat seperti dua buah kacang yang berhadap-hadapan. Walaupun kecil, organ yang satu ini ternyata memiliki fungsi yang sangat penting untuk tubuh. Selain itu, kinerja organ yang satu ini akan mempengaruhi kinerja semua bagian tubuh secara keseluruhan seperti misalnya dalam aktivitas mengatur keseimbangan elektrolit di dalam darah, tingkat asam basa dalam darah, dan keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh. Beberapa fungsi penting yang akan terganggu ketika ginjal terganggu adalah fungsi ginjal dalam membantu membuang sampah sisa metabolisme, fungsi ginjal dalam membantu mengatur tekanan darah tubuh dan fungsi ginjal dalam membantu menjaga kesehatan tulang.

Ada banyak sekali jenis penyakit ginjal dengan berbagai penyebab sakit ginjal yang bisa menyerang ginjalmu. Beberapa di antaranya antara lain adalah penyakit gagal ginjal, penyakit ginjal mengecil, dan lain sebagainya. Salah satu di antara sekian banyak penyakit yang membahayakan ginjal tersebut adalah penyakit ginjal. Penyakit ini adalah salah satu penyakit ginjal yang pada umumnya banyak terjadi pada orang dewasa, akan tetapi tidak sama dengan akhirnya hanya orang dewasa saja yang menderita penyakit tersebut karena anak kecil dan berbagai kelompok umur yang lain pun juga berpeluang besar akan mengalami gangguan penyakit ginjal yang satu ini. Penyakit ini dapat menyerang baik ginjal di sebelah kanan, ataupun ginjal di sebelah kiri yang kamu miliki.

Salah satu penyebab utama dari penyakit ginjal bengkak sebelah kanan adalah terjadinya komplikasi karena adanya penyumbatan pada saluran kemih, yang menyebabkan cairan dari ginjal tidak bisa keluar dengan sempurna. Selain itu, infeksi juga dapat menjadi salah satu penyebab mengapa ginjal dapat mengalami pembengkakan. Ginjal bengkak sebelah kanan, seperti ginjal bengkak sebelah kiri, tidak akan langsung dirasakan dengan jelas oleh para penderitanya, akan tetapi lambat laun kinerja tubuh akan menurun drastis apabila pembengkakan telah terjadi sedemikian parah. Oleh karena itulah setiap orang disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ginjal secara dengan sebagai bentuk antisipasi untuk mengetahui potensi kemungkinan adanya penyakit ginjal yang tidak terlihat secara kasat mata. Oleh karena itulah kamu wajib mengetahui beberapa hal tentang ginjal bengkak pada sisi kanan yang dapat bermanfaat untuk membuatmu terhindari dari penyakit ginjal bengkak sebelah kanan ini.

Gejala Pembengkakan Ginjal Sebelah Kanan

Berikut ini adalah beberapa macam gejala penyakit ginjal sebelah kanan yang bisa kamu gunakan untuk mendeteksi apakah kamu menderita pembengkakan ginjal bagian kanan dengan cepat dan mudah.

1. Nyeri pada punggung

Gejala pembengkakan ginjal yang pertama adalah adanya nyeri yang bisa kamu rasakan di sekitar sisi pinggir kanan pada punggungmu yang dapat menjadi tanda bahwa kamu sedang mengalami pembengkakan ginjal pada bagian sebelah kananmu.

Sponsors Link

2. Terlalu sering buang air kecil

Gejala penyakit ginjal berikutnya adalah buang air kecil yang terjadi terlalu sering alias jarak antara buang air kecil sangat dekat. Buang air kecil terlalu sering merupakan salah satu tanda bahwa ginjal kita mengalami pembengkakan. Hal itu didasari atas alasan bahwa ginjal yang membengkak biasanya akan kelebihan air kencing, akan tetapi karena terdapat sumbatan dan semacamnya, maka air kencing tersebut akan sulit untuk dibuang sehingga yang terjadi adalah tubuh akan sering mendorong Anda untuk melakukan buang air kecil.

ads

3. Rasa perih pada ginjal sebelah kanan

Rasa perih yang dapat terjadi pada ginjal adalah salah satu gejala pembengkakan ginjal yang paling umum untuk terjadi. Rasa perih ini akan menyebabkan aktivitas tubuhmu terganggu dan juga menghambat pekerjaanmu sehari-hari. Oleh karena itulah semua orang harus sebisa mungkin menghindari penyakit ginjal bengkak untuk menghindari rasa perih yang luar biasa pada ginjal.

4. Kencing terganggu

Gejala masalah ginjal bengkak sebelah kanan berikutnya adalah adanya gangguan pada buang air kecil. Gangguan yang dimaksud adalah ketika kamu buang air kecil yang keluar adalah sedikit demi sedikit alias tersendat-sendat. Ketika itu terjadi, besar kemungkinan ada sesuatu yang menghambat atau menyumpal pada saluran kandung kemih sehingga air kencing banyak tertahan di saluran kandung kemih atau juga pada ginjal. Apabila hal tersebut terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, maka masalah yang muncul berikutnya adalah berbagai penyakit ginjal yang lebih parah.

5. Tubuh terasa tidak nyaman

Gejala penyakit ginjal bengkak berikutnya adalah perasaan tidak nyaman pada tubuh yang akan sangat mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Perasaan tubuh tidak nyaman ini menjadi salah satu hal yang mungkin sangat sulit untuk dibedakan gejalanya dengan gejala penyakit yang lain karena sangat mirip sekali dengan hampir semua gejala penyakit yang mungkin bisa dirasakan oleh berbagai macam orang. Ketika kamu merasa bahwa tubuhmu tidak nyaman, kamu bisa mulai mengantisipasi bahwa ada berbagai masalah yang mungkin sedang menyertai tubuhmu.

Penyebab Pembengkakan Ginjal Sebelah Kanan

Selain mengetahui ciri-ciri bahwa ginjal sebelah kanan kita mengalami pembengkakan, kita juga perlu mengetahui apa saja penyebab pembengkakan ginjal sebelah kanan agar dapat mengetahui penyebab ginjal sebelah kanan dan menghindarinya sehingga kita dapat mencegah terkena penyakit ginjal bengkak sebelah kanan, atau secara umum mencegah tubuh kita dari terkena serangan penyakit ginjal bengkak. Oleh karena itu kamu perlu memerhatikan apa saja penyebab pembengkakan ginjal sebelah kanan berikut ini. Beberapa penyebab pembengkakan ginjal sebelah kanan di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Kurang berolahraga
  • Adanya batu ginjal pada ginjal atau saluran kandung kemih
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan beroksalat tinggi
  • Adanya kelainan pada saluran kandung kemih
  • Infeksi pada beberapa bagian ginjal
  • Tidak memakan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal
  • Tidak menghindari makanan yang buruk untuk kesehatan ginjal
  • dan lain sebagainya.
Sponsors Link

Cara Mengatasi Penyakit Ginjal Bengkak Kanan

Khusus bagi kamu yang telah mengalami ginjal bengkak, atau memiliki keluarga yang telah mengalami ginjal bengkak atau ingin mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi apabila kelak nanti ada seseorang yang kamu kenal mengalami ginjal bengkak, maka kamu perlu mengetahui beberapa cara untuk mengatasi ginjal bengkak di bawah ini. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi penyakit ginjal bengkak pada sisi sebelah kanan yang bisa kamu terapkan secara mudah dan cepat pada berbagai kasus.

  • Meminum ramuan air rebusan daun tempuyung
  • Meminum ramuan air seduhan daun alpukat
  • Meminum ramuan air rebusan daun kumis kucing
  • Meminum ramuan air rebusan daun sirsak
  • Mengonsumsi ramuan air rebusan akar alang-alang
  • Meminum ramuan air rebusan kulit manggis
  • Mengonsumsi uva ursi

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang masalah penyakit ginjal bengkak sebelah kanan. Pada dasarnya penyakit ginjal bengkak pada sisi sebelah kanan ini tidak begitu berbeda dengan masalah penyakit ginjal bengkak yang bisa kamu rasakan pada sisi sebelah kiri, sehingga masalah ginjal antara sebelah kiri dan kanan pun tidak begitu berbeda. Agar kamu benar-benar terlindungi dari masalah ginjal bengkak, maka kamu perlu menerapkan cara menjaga kesehatan ginjal yang baik dan benar, serta menghindari makanan penyebab sakit ginjal, dan memakan makanan yang baik untuk ginjal. Dengan demikian harapannya kamu akan terhindari dari serangan penyakit ginjal bengkak. Selamat merawat ginjalmu!

Sponsors Link
>
, ,