Sponsors Link

Ginjal Bengkak Bisa Sembuh (#Anda Wajib Tahu)

Sponsors Link

Penyakit ginjal bengkak atau yang lebih dikenal dalam istilah kedokteran dengan hidronefrosis merupakan salah satu kondisi dimana terjadi penumpukan urine di salah satu atau kedua organ ginjal. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya kemampuan mengarahkan urine menuju kandung kemih. Sebagai salah satu penyakit ginjal bengkak tetap saja ada obatnya, selama penderita atau orang – orang disekitarnya cepat dan tanggap dalam menyiasati. Di artikel ini kami akan sedikit menunjukkan bahwa memang ginjal bengkak bisa sembuh selama penanganan nya bisa cepat dan tepat

ads

Seperti yang sudah dijelaskan ginjal bengkak atau hidronefronis tidak hanya terjadi pada salah satu ginjal namun juga bisa pada kedua ginjal. Penyakit ginjal bengkak ini juga tidak hanya menyerang orang dewasa saja, tapi juga pada anak – anak bahkan bayi. Kondisi pada bayi biasanya dapat dilihat bahkan sejak kelahiran nya, yaitu melalui proses USG. Namun pada orang dewasa biasanya ada ciri – ciri nya, selain itu kami juga akan menjelaskan cara mengatasi melihat dari penyebab ginjal bengkak ini.

Baca juga :

Kenali Penyebab Ginjal Bengak

Sebagai salah satu penyakit yang menyerang organ penting, ginjal bengkak bisa mempunyai perbedaan penyebab pada setiap orang dan usia. Contoh pada orang dewasa terjadi nya ginjal bengkak pada umumnya disebabkan oleh adanya endapan batu ginjal. Adanya batu di ginjal ini dapat terbawa bersama urine dan akhirnya menyebabkan penyumbatan pada ureter.

Untuk penyebab ginjal bengkak pada bayi yang belum lahir sampai saat ini belum bisa dipastikan apa penyebabnya. Namun banyak yang berpendapat pada masa akhir kehamilan, bayi memproduksi lebih banyak urine yang akhirnya menimbulkan pembengkakan pada ginjal. Penyebab lain nya adalah juga bisa karena faktor refluks vesikoureteral, yaitu suatu kondisi di mana tidak berfungsinya katup yang mengontrol aliran urin dari ureter ke kandung kemih. Jika hal ini terjadi maka urine akan kembali mengalir ke ginjal.

Baca juga :

Mengenali penyebab ginjal bengkak sangat penting karena akan menentukan metode pengobatan yang dilakukan. Secara keseluruhan kami tuliskan penyebab – penyebab penyakit ginjal bengkak, diantaranya :

  1. Batu ginjal
  2. Infeksi pada ginjal
  3. Faktor kehamilan
  4. Sindroma polikistik ginjal
  5. Prolaps organ panggul
  6. Trauma ginjal
  7. Penyempitan ureter
  8. Tumor ureter
  9. Tumor ginjal
  10. Batu kandung kemih
  11. Pembesaran prostat jinak
  12. Pembekuan darah
  13. Terjadi kerusakan pada saraf yang mengontrol kerja kandung kemih

Baca juga :

Ciri Ciri Dari Ginjal Bengkak

Sebagai salah satu langkah awal dalam mengobati suatu penyakit, anda dapat lebih cermat melihat gejala ringan dari ginjal bengkak, yakni seperti buang air kecil lebih sering dan peningkatan dorongan untuk membuang air kecil. Gejala nya memang hampir sama dengan beberapa gangguan lain nya pada ginjal. Berikut beberapa ciri ciri atau gejala penyakit ginjal bengkak diantaranya :

Sponsors Link

  • Pembengakakan

Penyakit ginjal bengkak ternyata juga ditantai pembengkakan pada area tertentu, seperti tangan, wajah, pergelangan kaki ataupun pada kaki. Pembengkakan yang terjadi ini diakibatkan karena terlalu banyaknya cairan dalam tubuh (menyebabkan bengkak), kadar asam dan fosfat meningkat, kalium juga meningkat, namun kadar kalsium menurun. Penurunan kadar kalsium ini tentunya juga akan berpengaruh pada kesehatan tulang.

Baca juga :

  • Perubahan Saat Buang Air Kecil

Hampir semua gangguan pada ginjal selalu berdampak pada kondisi ketika buang air kecil. Untuk penyakit ginjal bengkak ini perubahan yang terjadi adalah penurunan jumlah urine yang kurang dari biasanya, selain itu pada malam hari keinginan buang air kecil akan lebih sering terjadi, kondisi warna pada urine berubah tidak seperti biasanya, juga kondisi urine yang berbusa atau berbuih.

ads
  • Gatal atau Ruam di Kulit

Gejala ini muncul akibat tidak berfungsinya secara maksimal ginjal untuk menyaring dan membuang kotoran atau limbah dalam darah. Timbunan limbah dalam darah inilah menyebabkan gatal yang parah dan jika dibiarkan kulit akan menjadi kering.

Baca juga:

  • Kelelahan

Ginjal yang sehat seharusnya mampu memproduksi hormon eritropoietin yang mempunyai tugas khusus untuk memproduksi sel darah merah. Secara teori hormon ini berfungsi memberitau tubuh untuk membuat sel – sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen. Ketika ginjal bengkak terjadi maka proses ini tidak akan berjalan maksimal sehingga tubuh kekurangan sel darah merah atau yang biasa disebut kelelahan akibat anemia.

  • Sesak napas

Ginjal yang mengalami pembengkakan juga dapat menyebabkan kurang terkontrolnya produksi cairan dalam tubuh, cairan yang menumpuk ini akan mengendap di paru – paru dan tentunya akan mengakibatkan sesak napas.

Baca juga :

  • Mual dan Muntah

Penumpukan limbah atau kotoran dalam darah akibat ginjal yang terganggu kesehatan nya juga dapat menyebabkan mual dan muntah. Rasa mual yang muncul akan membuat nafsu makan berkurang, mudah mengantuk serta sulit bernapas.

  • Hilang Nafsu Makan

Sebelumnya sudah sempat dijelaskan bahwa rasa mual yang muncul juga dapat mengurangi nafsu makan. Hilangnya nafsu makan seringkali memang menjadi suatu pertanda bahwa penyakit ginjal sudah mulai serius. Akibat dari hilang nya nafsu makan tentunya tubuh akan selalu menolak nutrisi yang diberikan termasuk juga obat untuk menyembuhkan ginjal bengkak.

  • Sulit Berkonsentrasi dan Pusing

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa efek kelelahan atau anemia akan muncul sebagai gejala penyakit ginjal bengkak. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya masalah dalam otak seperti masalah memori, sulit dalam berkonsentrasi dan pusing. Ketika sampai pada kerusakan sistem saraf maka yang terjadi adalah perubahan kepribadian atau bahkan sampai kejang.

Baca juga :

Cara Mengatasi Ginjal Bengkak

Sebelumnya sudah sempat dijelaskan bahwa penyakit ginjal bengkak untuk semua orang tidaklah sama jika dilihat berdasarkan usia, tingkat keparahan, dan penyebab terjadinya ginjal bengkak. Sebelumnya juga sudah dijelaskan bahwa ginjal bengkak mempunyai banyak penyebab, bisa saja karena batu ginjal, infeksi ginjal, atau bahkan dibawa sebelum lahir bagi bayi. Oleh karena tindakan medis atau tindakan pengobatan yang diambil juga harus melihat penyebab dari ginjal bengkak itu sendiri.

Cara mengatasi ginjal bengkak bermacam – macam. Bisa saja dengan obat dari dokter, obat – obatan herbal atau bahkan langsung melakukan operasi (jika diakibatkan batu ginjal yang sulit diluruhkan). Kita harus pandai menyikapi segala keputusan dengan melihat ginjal bengkak yang terjadi dan mencari solusi yang paling tepat. Kenali setiap gejala – gejala yang muncul agar bisa segera dilakukan tindakan medis. Hal ini tentunya akan meminimalisir setiap resiko yang ada.

Baca juga :

Namun akan lebih baik lagi jika kita dapat mencegah penyakit ini dengan selalu menerapkan pola hidup yang sehat dan seimbang. Banyak – banyak lah minum air putih karena hal ini sangatlah penting dalam menjaga kesehatan ginjal.

Sponsors Link

Kesimpulan

Ginjal bengkak adalah suatu kondisi yang sangat berbahaya. Hindari penyakit ini dengan selalu menjaga ginjal dan menerapkan pola hidup yang sehat serta pola makan yang seimbang. Minum air putih secara rutin setiap hari agar kesehatan ginjal dapat selalu terjaga.

Namun jika sudah terkena ginjal bengkak jangan khawatir karena semua penyakit pasti bisa disembuhkan, termasuk juga untuk penyakit ginjal bengkak. Kenali setiap gejala yang muncul serta penyebab terjadinya ginjal bengkak agar kita tahu solusi yang paling tepat. Penggunaan obat dokter atau medis sama baiknya asal dikonsumsi secara rutin dan sesuai ketentuan yang ditetapkan agar dapat mencapai hasil maksimal.

Setelah membaca artikel diatas kami mengharapkan pembaca dapat menemukan solusi terbaik dalam kesehatan, terutama untuk menyembuhkan ginjal bengkak.

Baca juga :

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :