Sponsors Link

Ginjal Bengkak – Penyebab, Gejala, Ciri dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Kasus penyakit ginjal di Indonesia semakin meningkat khususnya di kalangan dewasa hingga lansia. Penyakit ginjal ini juga memeliki beberapa kategori atau beberapa jenis antara lain gagal ginjal, ginjal kronik, ginjal akut, batu ginjal dan yang terakhir yaitu ginjal bengkak. Lalu apa saja yang membedakan ginjal bengkak dengan penakit ginjal lainnya.

ads

Ginjal Bengkak

Ginjal bengkak sebelah kanan maupun sebelah kiri merupakan salah satu penyekit pada ginjal.Untuk mengetahui penyakit ginjal bengkak kita perlu mengenai tentang pengertian , tanda dan gejala , ciri-ciri serta cara mengatasi nya. Dengan hal tersebut kita dapat melakukan intervensi sejak dini yang sesuai. Berikut mengenai kejelasan ginjal bengkak.

Pengertian Ginjal Bengkak

Ginjal bengkak atau Hidronefronis untuk sebutan medis merupakan penyakit ginjal yang disebabkan karena adanya penyumbatan terhadap saluran ginjal oleh batu, kekurangan cairan, kekurangan darah, infeksi berat, dan zat kimia sehingga penyumbatan tersebut mengaibatkan ginjal menjadi bengkak. Bengkak atau yang disebut dengan Edema ini selain menyerang pada ginjal ternyata juga ditemukan pada kondisi serius seperti penyakit jantung progresif, gagal jantung, gagal hati, malnutrisi, serta sindrom nefritik.

Pada ginjal penyakit ini bias menyerang salah satu ginjal ( hidronefrosis unilateral) atau bisa kedua ginjal ( hidronefrosis bilateral). Ternyata kasus penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja bahkan pada bayi yang baru lahir. Pada bayi biasanya terdapat kelainan pada organ dan tidak maksimalnya pembentukan organ saat selama kandungan. Ginjal begkak bisa sembuh apabila penangannya tepat.

Penyebab ginjal bengkak

Perlu diketahui, ginjal bengkak dapat disebabkan karena kandungan albumin yang rendah atau yang sering disebut dengan sindrome nefrotik dimana urin berbusa (berbuih) dan mengandung protein , atau juga dapat disebabkan karena tidak dapat mengekskresikan cairan yang biasa disebut dengan sindrom nefritik yaitu berhubungan dengan adanya hipertensi serta rendahnya pengeluaran urin.

Untuk mengetahui penyebab adanya sindrom nefrotik dan sindrom nefritik perlu adanya pemeriksaan pengukuran kadar albumin serum,protein urin, dan kreatin serta kandungan ureum serum. Selain kedua hal tersebut ternyata ginjal bengkak disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut :

  • Batu ginjal

Biasanya ginjal bengkak yang biasanya disebabkan oleh batu ginjal terjadi pada orang dewasa. Batu ini terbentuk diginjal yag dapat menyumbatureter sehingga terjadi pembengkakan pada ginjal. Maka tak heran apabila seseorang mengalami batu ginjal akan lebih beresiko mendapati ginjal yang bengkak ini. Penyakit batu ginjal juga dapat menyebabkan kematian pada seseorang.

  • Kehamilan

Salah satu penyebab hidronefosis pada orang dewasa yaitu oleh kehamilan. Pada saat hamil lebih beresiko mendapat masala-masalah yang lebih serius seperti adanya ginjal bengkak. Namun kasus pada ibu hami ini tidak banyak atau sangat jarang ditemukan.

Sponsors Link

  • Prolaps organ panggul

Porlaps oran panggul merupakan protusi organ panggul kedalam dan keluardari kanalis vaginalis. Dimana hal tersebut akan mengakibatkan ginjal tertekan dan bengkak selain itu juga dapat mengakibatkan sering buang air kecil, rasa penuh dalam vesika urinaria, serta inkontensia urinae.

Ternyata infeksi ginjal juga dapat menyebabkan ginjal menjadi bengkak. Maka apabila terdapat infeksi ginjal akan lebih beresiko menjadi bengkak , untuk itu butuh penanganan yang lebih lanjut.

  • Trauma Ginjal

Trauma pada ginjal meruakan salah satu faktor utama dari bengkaknya ginjal. Saat ginjal terjadi trauma biasanya juga terjadi pada trauma di organ vital lainnya. Trauma ginjal ini bisa diakibatkan karena terjatuh karena kecelakaan lalu lintas atau yang lainnya. Bahaya pembengkakan ginjal yang disebabkan oeh trauma ini harus segera ditangani lebih lanjut. 

ads

  • Sindroma Polikistik Ginjal

Ginjal polikistik merupakan kondisi yang dapat dapat mengakibatkan ginjal bengkak , biasanya seseorang yang terkena sindroma polikistik ini karena adanya genetik yang ditandai dengan tumbuhnya kista di bagian ginjal.

  • Ureter yang sempit

Ureter yang sempit menandakan adanya penyempitan didalam saluran dari ginjal yang menuju ureter atau kandung kemih. Hal berdampak pada ginjal sehingga menjadi bengkak. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya segera periksa ke dokter.

  • Pembekuan pada darah

Darah yang beku atau pembekuan darah akan mengakibatkan aliran darah menjadi terhambat , sehingga berdampak pada aliran darah menuju ke ginjal. Dimana salah satu fungsi ginjal yaitu untuk menyaring darah. Apabila darah tersumbut maka akan mengakibatkan ginjal menjadi bengkak. Hal ini sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi cairan yang cukup.

  • Kerusakan pada saraf kandung kemih

Salah satu tugas utama saraf yaitu sebagai pengendali kinerja kandung kemih , apabila saraf tersebut mengalami kerusakan maka akan mengakibatkan masalah yang serius pada ginjal contohnya yaitu ginjal menjjadi bengkak. Untuk mengetaui adanya kerusakan pada saraf maka harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Gejala penyakit ginjal bengkak

Salah satunya akibat dari ginjal yang terjadi penurunan fungsi adalah bngkak. Saat ginjal bengkak inipun memiliki tanda dan gejala yang perlu diketahui antara lain :

  • Adanya perubahan saat buang ar kecil , biasanya tanda perubahan saat buang air kecil ini yaitu kurangnya air kencing yang dikeluarkan dari biasanya , atau juga terdapa perubahan warrna , adanya busa atau buih.
  • Pembengkakan, yang terjadi biasanya pada kaki, pergelangan kaki, tangan atau juga pada wajah. Gejala pembengkakan ini mungkin karena adanya cairan tubuh yang meningkat, kadarasam yang meningkat, serta peningkatan kadar fosfat, kalium sehingga nantinya aan mengakibatkan anemia.
  • Ruam Kulit Atau Gatal, juga merupakan salah satu tanda dan gejal. Hal ini terjadi karena ginjal tidak dapat membuang limbah dari aliran darah yang membuat gatal pada kulit dan membuat kulit menjadi kering.
  • Mual dan Muntah, dapat terjadi apabila adanya penumpukan limbah dalam darah (uremia) , selain itu seseorang juga akan mengalami kehilangan nafsu makan.
  • Sesak Nafas, terjadi karena adanya cairan yang membangun di paru-paru akibatdari ginjal bengkak.
  • Pusing , atau anemia disebabkan karena otak kekurngan atau tidak mendapatkan cukup oksigen . Hal ini dikarenakan aliran darah yang menuju keotak tidak lancar.

Ciri ciri ginjal bengkak

Karakteristik ginjal mengalami pembengkakan tidak jauh berbeda dengan tanda dan gejalanya. Akan etapi tetap terdapat perbedaannya , berikut mengenai ciri-ciri pada ginjal yang bengkak :

Sponsors Link

  1. Demam
  2. Sering buang air kecil
  3. Mual dan muntah
  4. sesak nafas
  5. nyeri saat buang air kecil
  6. infeksi saluran kemih (isk)
  7. nyeri di perut
  8. merasa nyeri di pinggang
  9. sesak nafat
  10. terjadi pembengkakan pada kaki

Cara mengobati ginjal bengkak

Mengatasi ginjal bengkak tidak semua sama pada usia yang berbeda, untuk usia dewasa dengan anak-anak pastilah berbeda. Mengatasi ginjal juga dapat dilakukan dengan cara medis maupun non medis . Berikut mengenai cara mengatasi ginjal secara medis :

  • Kateterisasi

Cara ini meupakan proses dimana dilakukannya proses pengeringan pada urin di dalam ginjal . Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan ginjal yang lebih parah. Selain itu langkah ini juga dapat mengurangi rasa sakit yang terjadi karena ginjal bengkak.

  • Pemasangan stent

Langkah ini dilakukan apabila terdapat penyempitan pada ureter . Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyempitan yang lebih besar atau luas.

  • Pengangkaan Batu dan Prostat

Salah satu penyebab ginjal menjadi bengkak yaitu karena adanya batu pada ginjal. Selain pengankatan batu ginjal juga dilakukan operasi pengankatan prostat.

  • Radioterapi dan Kemoterapi

Radioterapidn Kemoterapi ini dilakukan apabila ginjal bengkak diakibatkan oleh adanya kanker. Untuk melakukan tindakan ini sebaiknya konsultasi dengan dokter secara lebih lanjut.

Penjelasan diatas mengenai penjelasan lengkap ginjal bengkak. Pantangan ginjal bengkak juga perlu dihindari saat kita terdiagnosis mempunyai ginjal yang bengkak.  Maka diharapkan kita lebih mengetahui tanda dan gejalanya apabila telah merasakan apa yang ada dipenjelasan diatas, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sponsors Link
>
, , ,