Sponsors Link

Ginjal Bayi Besar Sebelah – Penyebab – Gejala – Pengobatan – Efek Samping

Sponsors Link

Penyakit ginjal bisa dalam berbagai bentuk. Salah satu penyakit ginjal yang bisa dialami oleh manusia adalah kelainan ginjal. Kelainan ini juga bisa bermacam-macam dan diderita oleh siapa saja, termasuk bayi dan janin. Kelainan ginjal pada bayi baru lahir bisa saja berasal dari penyakit kelainan ginjal pada janin. Kelainan itu juga termasuk pembesaran ginjal pada janin.

ads

Ginjal bayi besar sebelah termasuk pada kelainan ginjal. Kelainan ini juga bisa disebut ginjal bengkak. Salah satu kelainan yang terkait dengan ginjal bengkak adalah ginjal bengkak sebelah kanan. Penyebab kelainan ini sendiri juga bermacam-macam, salah satunya adalah batu ginjal yang membuat ukuran ginjal membesar. Jika sebelumnya Anda hanya tahu bahwa batu ginjal hanya diderita oleh orang dewasa, maka Anda harus tahu bahwa ada juga batu ginjal pada anak.

Penyebab Ginjal Bayi Besar Sebelah

Ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab ginjal bayi yang memiliki ukuran besar sebelah. Beberapa penyebab itu antara lain:

  • Batu Ginjal

Ginjal bayi besar sebelah bisa disebabkan oleh adanya batu ginjal. Batu ini terbentuk di ginjal dan dapat menyumbat ureter sehingga membuat ginjal membengkak. Maka tidak heran jika seseorang memiliki batu ginjal, maka ia juga berisiko pembengkakan pada ginjal. Penyakit batu ginjal juga bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, Anda perlu menyimak pembahasan tentang tanda-tanda batu ginjal dan cara mengobati batu ginjal.

  • Radiasi yang Diterima Ibu Hamil

Radiasi adalah pancaran gelombang atau cahaya dari suatu perangkat yang diterima oleh tubuh manusia. Jika seorang ibu hamil menerima radiasi, maka bayi yang dikandung juga akan menerima dampaknya.

Gawai adalah sumber radiasi nomor satu pada ibu hamil. Sinar yang dipancarkan oleh handphone atau tablet tidak hanya berdampak pada ibu, tetapi juga pada bayi. Oleh karena itu ibu hamil sebaiknya mengurangi penggunaan gawai, meletakkan gawai setidaknya 20 cm dari tubuh ketika tidur dan tidak terlalu lama bertelepon atau menggunakan headset.

  • Sindroma Polikistik

Ibu yang menderita kista pasti menurunkan penyakit itu pada bayi yang dikandungnya. Kista yang berhubungan dengan ginjal besar sebelah adalah kista pada ginjal yang menimbulkan sindroma polikistik.

  • Ibu Hamil di Usia Rawan

Jika ibu hamil di usia rawan, seperti lebih dari 40 tahun atau kurang dari 17 tahun, maka bayi akan berisiko tumbuh dengan tidak maksimal. Pertumbuhan bayi yang tidak optimal juga berisiko membuat ginjal bayi besar sebelah.

Sponsors Link

  • Konsumsi Obat-obatan

Ibu hamil yang mengonsumsi obat-obatan bisa berisiko membuat ginjal bayi mengalami kelainan. Sebelum mengonsumsi obat-obatan selama hamil, konsultasikan dulu dengan dokter.

  • Tumor pada Ginjal

Tumor adalah kumpulan daging. Keberadaan tumor pada ginjal dapat menyumbat aliran darah dari ginjal menuju ureter. Penyumbatan ini juga bisa menyebabkan ginjal membengkak.

ads

Gejala Ginjal Bayi Besar Sebelah

Gejala ginjal besar sebelah yang dialami bayi antara lain:

  1. Demam yang tinggi: Demam ini terjadi karena ginjal dan saluran uretra mengalami infeksi.
  1. Ada pembengkakan pada bagian tubuh bayi: Pembengkakan ini disebabkan karena cairan menumpuk pada ginjal.
  1. Tekanan darah tinggi: Jika tekanan darah bayi Anda tinggi, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.
  1. Berat tubuh bayi tidak normal: Infeksi bakteri bisa membuat berat badan bayi Anda kurang dari rata-rata berat badan bayi pada umumnya.
  1. Muka pucat dan muntah-muntah: Bayi yang mengalami pembengkakan ginjal biasanya memiliki muka pucat dan sering muntah. Anda mungkin perlu membaca infeksi ginjal.

Pengobatan Ginjal Besar Sebelah

Pengobatan ginjal bayi besar sebelah harus dilakukan sesuai dengan penyebabnya.

  • Pemberian antibiotik

Pemberian antibiotik dilakukan apabila pembengkakan ginjal disebabkan oleh kista maupun tumor. Antibiotik dapat menghambat pertumbuhan kista dan tumor.

  • Penghancuran batu ginjal

Penghancuran batu ginjal dilakukan jika pembengkakan disebabkan oleh batu ginjal. Hal ini dilakukan untuk mempelancar saluran ureter.

  • Kateterisasi

Kateterisasi adalah metode pengeringan urine yang ada di dalam ginjal. Hal ini dilakukan agar ginjal dapat kembali ke bentuk normal.

  • Pemberian Obat

Jika kelainan masih tergolong ringan atau berada pada stadium 1 atau 2, maka penanganannya bisa dilakukan dengan memberikan obat-obatan. Pemberian obat dilakukan pada jika penyebab ginjal besar sebelah adalah klep yang bermasalah. Obat diberikan untuk mematangkan atau menyempurnakan klep di kandung kemih yang tidak baik secara alamiah.

Namun, jika pengobatan terlambat dilakukan, maka dikhawatirkan bayi dapat mengalami gagal ginjal. Mungkin Anda perlu membaca tentang cara mengobati gagal ginjal secara alami dan pantangan ginjal bengkak sehingga pembengkakak ginjal bayi Anda tidak bertambah parah.

Sponsors Link

Efek Samping

  • Bayi mudah lelah

Ginjal membengkak adalah salah satu bentuk kelainan pada ginjal. Ginjal yang mengalami kelainan atau bermasalah dapat mengakibatkan oksigen yang dibawa darah tidak dapat masuk ke dalam ginjal. Jika oksigen tidak dapat masuk ke dalam ginjal, maka tubuh akan mudah lelah.

  • Kulit ruam dan kering

Ginjal sebenarnya adalah alat penyaring dalam tubuh. Jika ginjal terganggu, maka limbah tubuh tidak bisa disaring oleh ginjal sehingga limbah tersebut masuk kembali ke dalam tubuh dan menyebabkan kulit kering dan ruam-ruam.

Jika terdapat beberapa gejala di atas pada bayi Anda, jangan panik. Segera periksakan bayi Anda ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan medis sedini mungkin.

Sponsors Link
>
, , , , ,