Sponsors Link

Ginjal Anatomi – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Manusia mempunyai anatomi tubuh , dimana setiap anatomi tubuh pun terdapat bagian-bagian lainnya. Dimana setiapbagian tuuh tersebut masih terdapat anatominya. Misalkan pada organ jantung, hati,maupun ginjal masih terdapat anatominya. Anatomi organ-organ tersebut juga membedakan fungsi-fungi organ dalam tubuh manusia. Dimana terkadang anatomi tersebut tidak berkembang secara sempurna karena kelainan. Seperti kelainan pada bentuk atau kegagalan fungsi ginjal tersebut.

ads

Ginjal Anatomi

Pada dasarnya ginjal memiliki struktur atau yang biasa disebut dengan anatomi ginjal. Ginjal terletak dibagian belakang abdomen atas, dibelakang poritoneum, didepan dua iga terakir dan terdapat pada tiga  otot besar antara lain transverses abdominis, kuadratus lumborum serta yang terakhir yaitu psoas mayor.

Fisiologi ginjal juga dipengaruhirespon dari bagian salah satu struktur ginjal.Didalam ginjal terdapat 2 struktur utama yaitu medula renal dan korteks renal luar. Disepanjan medulla dan korteks tersebutterdapat nefron, dimana nefron yaitu sekumpulan saraf yang merngsang atau menerima stimuls dari otak. Pada ginjal juga terdapat 8-18 lobus ginjal yang mempunyai bentuk kerucut, pada masing – masing bentuk tersebut berupa bagian dari medulla yang terselimuti oleh korteks. Salah satu fungsi utama nefron yaitu untuk memproduksi urine secara berurutan oleh korpus ginjal, tubulus kontortus proksimal, lengkung henle descendens, lengkung henle ascendens, lengkung henle accendens (tebal), tubukus kontortus distal, dan duktus pengumpul.

Anatoni ginjal terbilang rumit dan sangat besar fungsinya. Maka dari itu kesehatan ginjal merupakan hal pertama agar kesehatan organ lainnya pun terjaga. Fungsi ginjal sendiri antara lain yaitu menghasilkan uring, membantu proses metabolisme, menyaring darah, menyeimbangkan konsentrrasi cairan dan ion, menyeimbangkan ph dalam darah , serta mencegah dehidrasi dan masih banyak lagi. Fungsi tersebut akan mengalami penurunan apabila menganallmi kellainan ginjal, atau penyakit ginjal anatomi atau yang biasa disebut dengan kongenital ginjal.

Beberapa jenis kongenital ginjal atau penyakit ginjal anatomi antara lain bau ginjal , kista ginjal , ginjal kering , rhabdomyolisis , hiperparatiroidisme dan gagal ginjal akut dan lain sebagainya. Jenis-jenis penyakit tersubut merupakan penyakit ginjal , beberapa dari penyakit tersebut juga dapat dikarenakan bawaan dari lahir ataupun karena anatomi ginjal tidak terbentuk secara normal.Selain itu beberapa penyakit gijal juga disebabkan beberapa hal lainnya.

Penyebab kelainan ginjal anatomi

Panyebab penyaki ginjal akibat kelainan anatomi bisa disebabkan oleh bebrapa faktor, baik faktor internal maupun faktor insternal. Patofisiologi gagal ginjal akut atau yang biasa disebut denga perjalanan penyakit ginjal ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu.

1. Dehidrasi

Saat tubuh mengalami dehidrasi maka akan berdampak pada tidak seimbangnya cairan di dalam tunuh. Hal tersebut dapat menghambat fungsi organ lainnya. Seperti fungsi organ pecernaan,organ yang sanagat berdampak yaitu ginjal karena pada dasarnya fungsi ginjal yaitu menyaring darah dalam tubuh dari zat sisa, apabila tubuh dehidrasi maka fungsi tersebutpu akan terhambat dan menyebabakan sakit lebih lanjut.

Sponsors Link

2. Mengkonsumsi obat-obatan

Penggunaan obat-obatan secara berlebihan seperti obat warung, akan berdampak pada rusaknya ginjal. Karena padda dasarnya sat kita mengkonsumsi obat-obatan akan mengakibatkan ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring obat tersebut. Apabila kita mengkonsumsinya secara terus menerus dan tidak sesuai dengan anjuran dokter maka akan mengakibatkan ginjal kia mengalami kelelahan sehingga menyebabkan penurunan fungsi ginjal. Obat gangguan ginjal sebaiknya saat mengkonsumsinya berkonsultasi dengan dokter.

ads

3. Genetik

Penyebab penyakit ginjal yang terakhir yaitu karena dipengaruhi oleh faktor keturunan. Apabila salah satu orang tua yang mempunyai anan dan mempunyai riwayat penyakit ginjal maa akan meningkatkan resiko sakit ginjala pada keturunannya. Hal tersebut tidak dapat dicegah , yang bisa dilakukan yaitu untuk menerapkan hidup sehata dan menjaga kondisi tubuh serta imunitas tubuh untuk meminimalisir tanda dan gejalanya.

Ciri-ciri Kelainan Ginjal Anatomi

Ciri-ciri batu ginjal juga sama halnya dengan ciri-ciri kondisi penyakit ginjal lainnya seperti kelainan ginjal anatomi, ginjal akut maupun kronis.Saat ginjal mengalami kelainan struktur anatomi maka akan menyebabakn kemunduran fungsi ginjal sehingga menyebabkan munculnya penyakit ginjal.Adapun ciri-ciri ginjal yang mengalami kemunduran fungsinya.

  • Saat berkemih sedikit , cairan yang keluar hanya sedikit karena saat ginjal sakit maka cairin didalam tubuh pun menjadi tidak seimbang.
  • Mudah Mengantuk, sangat menjadi hal yang lazim dan biasa dirasakan oleh penderita ginjal, walaupun mereka tidur cukup dan teraturakan tetapi tetap saja masih merasa mengantuk.
  • Mudah Melamun, akan berdampak buruk apabila seseorangtersebut sedang melakukan suatu aktivitas, karena akan berdampak pada safety precautionnya.
  • Tubuh bengkak, merupakan ciri-ciri utama apabila seseorang menderita salah satu penyakit ginjal,keadaan ini dikarenakan ginjal tidak dapat menyering cairan tubuh sehingga terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh.
  • Sesak napas, ini terjadi kaena cairan menumpun menyebabkan ginjal bengkaka sehingga organ ginjal tersebut dapat membuat paru-paru terdesak.
  • Mual dan muntah , juga sering dialami seseorang yang mengalami penyakit ginjal , karena lambung mereka terasa penuh akibat kandungan cairan yang berlebih.

Tanda dan Gejala

Gejala gagal ginjal ataupun gejala saat ginjal mengalami sakit atau kondisi yang tidak normal maka akan fisiologi tubuh akan berespo. Berikut tanda dan gejala yang dapat muncul pada tubuh :

  • Terjadi pembengkakan terutama pada bagian kaki dan wajah
  • volume urine tidak normal
  • merasapusing, mual dan muntah
  • sesak napas
  • mudah lelah
  • insomnia
  • kulit kering dan gatal
  • terjadinya kram otot
  • hipertensi
  • warna urin abnormal
  • biasanya urine berbusa
Sponsors Link

Pengobatan atau Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Penyakit Ginjal dapat dilakukan berbagai cara mulai dari secara medis maupun non medis ( tradisional). Hal yang paling umum dilakukan yaitu dengan cara pengobatan terapi ginjal.  Berikut pengobatan dan cara mengatasinya :

1. Cuci Darah

Pengobatan ini dilakukan dengan menggunakan mesin yang dihubungkan dengan pembuluh darah sehingga dapat menyaring darah layaknya fungsi ginjal. Cuci darah bisa sembuh apabila dilakukan dengan teratur dan sesuai aturan dokter.

2. Cangkok Ginjal atau Transplantasi Ginjal

Cangkok ginjal ini sama halnya mengganti ginjal yang rusak dengan ginjal yang baru , jadi treatment ini dapat dilakukan apabila terdapat orang yang mendonorkan ginjalnya. Biaya transplantasi ginjal memang cukup mahal untuk dilakukan. Akan teapi meskipun biaya mahal kesehatan tetap lebih penting.

3. Prosedur Terapi Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal juga merupakan salah satu kelainan ginjal anatomi . Kita dapat mengatasinya dengat terapi batu ginjal yang dapat dilakukan dengan 3 cara antara lain ESWL, URS dan PCNL.

Dampak dari adanya kongenital ginjal anatomi yaitu kondisi penyakit ginjal lainnya yang dapat menghambat atau menganggu seseoran dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari , serta dapat menganggu kualitas hidup seseorang yang idak maksimal.

Sponsors Link
>
, , , ,