Sponsors Link

Ginjal Akut – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Penyakit ginjal saat ini di masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi , karena semakin meningkatnya masyarakat yang terserang penyakit ginjal ini. Penyakit ginjal pun juga bermacam-macam jenisnya antara lain gagal ginjal kronis maupun akut, batu ginjal,ginjal kering, dan batu ginjal serta jenis penyakit ginjal yang lainnya.

ads

Mengapa seseorang mudah sekali terserang penyakit terrtentu ? Alasannya yaitu karena pada perkembangan zaman saat ini seseorang menjadi lebih pasif dan kurang antusias dalam kegiatan yang membutuhkan tenaga contohnya saja seperti aktivitas olahraga. Masyarakat lebih memilih untuk bermain sosial media. Hal atau kebiasaan buruk seperi itulah yang membuat tubuh mudah terserang penyakit.

Karena jika kita jarang menggerakkan tubuh contohnya seperti jarang olahraga maka imunitas ubuh seseorang akan menurun. Beberapa penyakit ginjal sangat mudah sekali menyerang seseorang yang imunitasnya mulai menurun. Jenis penyakit ginjal antara lain penyakit uremia , batu ginjal , ginjal kronis dan ginjal kering .

Lalu bagaimana dangen kondisi ginjal Akut ? Berikut mengenai penyakit Ginjal Akut.

Ginjal Akut

Gagal ginjal Akut merupakan salah satu kondisi ginjal akut.Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Fungsi ginjal antara lain yaitu menyaring darah dari zat racun dan menyaring sisa zat makanan yang tidak terpakai, menjaga homeostatais, menjaga keseimbangan konsentrasi cairan, membantu proses metabolisme tubuh manusia, menjaga keseimbangan ph dalam tubuh.

Apabila ginjal mengalami keadaan penyakit yang akut seperti gagal ginjal akut , maka secara otomatis fungsi diatas pun mengalami kemunduran atau yang biasa disebut dengan kemunduran fungsi. Kondisi gagal ginjal akut yaitu merupakan suatu sindroma klinis yang biasa ditandai dengan fungsi ginjal menurun secara cepat. Hal tersebut akan berdampak pada laju filtrasi glomerulus menurun sehingga nantinya jumlah serum kreatin meningkat. Pada keadaan gagal ginjal akut ini mencapai prevalensi meningkat , serta biasanya gagal ginjal akut ini sering menyerang orang dengan usia lanjut usia. Bahaya pembengkakan ginjal ini juga dapat beresiko pada ginjal akut.

Penyebab Ginjal Akut

Penyebab gagal ginjal akut perlu kita ketahui.Ginjal akut atau kondisi gagal ginjal akut disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab dari gagal ginjal akut sendiri dibedakan menjadi tiga yaitu gagal ginjal pre renal, gagal ginjal renal serta yang terahri yaitu gagal ginjal post renal. Berikut mengenai penjelasan 3 penyebab penyakit ginjal akut atau gagal ginjal akut.

1. Gagal ginjal pre-renal

Gagal ginjal pre-renal yaitu hipoperfusi ginjal, dimana kondosi hipoperfusi ini dapat menyebabkan oleh hipovolemia atau menurunnya volume sirkulasi yan baik atau yang efektif. Pada gagal ginjal pre-renal integritas pada jaringannya masih terpelihara sehingga prognosis dapat lebih baik apabila faktor penyebab dari kondisi ini dapat dikoreksi. Maka dari itu apabila dalam pengupayaan untuk memperbaiki hipoperfusi tersebut mengalami kegagalan maka akan berdampak timbulnya gagal ginjal akut renal yang berupa nekrosis tubular akut karena iskemia.

Sponsors Link

2. Gagal Ginjal Renal

Gagal ginjal renal juga merupakan salah satu penyebab dari gagal ginjal akut. Gagal ginjal renal ini disebabkan karena kelainan pada vascular seperti vaskulitis, hipertensi maligna, glomerulus nefritis akut, nefritis internal akut. Akibat dari gagal ginjal ini juga dapat berupa nekrosis , dimana nekrosisi tersebut dapat daiakibatkan dari berbagi hal seperti penyakt tropik, trauma hingga gigitan ular.

3. Gagal Ginjal Post Renal

Gagal ginjal post renal ini merupakan keseluruhan yang dapat menyababkan gagal ginjal akut. Gagal ginjal post renal disebabakan oleh obstruksi intra renal dan extra renal. Dimana obstruksi renal terjadi karena desposisi kristal (urat, oxalat, sulfonami ) dan protin (miogoblin, hemoglobin). Obstruksi externa renal dapat terjadi pada bagian pelvis ureter oleh obstruksi intrinsic (tumorr, batu, nekrosisi papila) dan lain sebagainya. 

ads

Ciri-Ciri Ginjal Akut

Ciri ciri batu ginjal juga tidak jauh beda dengan kondisi ginjal akut.Gagal ginjal akut mempunyai ciri-ciri yang dapat kita ketahui. Ciri-ciri tersebut digunakan untuk mendiagnosis ginjalakut tersebut. Berikut mengenai ciri-ciri penyakit ginjal akut.

  • Mengeluarkan sedikit air kemih

Saat berkemih biasanya penderita gagal ginjal akut mengeluarkan sedikit air kemih. Biasanya dkter mendiagnosa gagal ginjal akut ini dari berapa jumlah urine yang dikeluarkan. Selain sedikit , warna urin juga tidak normal menjadi gelap,keruh dan kemerahan karena telah bercampur dengan darah.

  • Sering mengantuk dan tidak sadarkan diri

Biasanya hal itu sudah umum dalam penyakit gagal ginjal akut. Mereka yang terkena penyakit gagal ginjal akut cenderung mudah merasa mengantuk, lemas lesu dan kadang tidak sadarkan diri. Mereka sering sekali tidak menyautsaat dipanggil karena pikiran kemana-mana.

  • Sesak Napas

Ciri-ciri penyakit ginjal akut yang selanjutnya adalah sesak napas, hal ini dikarenakan karena organ ginjal tersebut dapat bengkak dan mendesak organ paru-paru sehingga terjadinya perasaan sesak napas.

  • Tubuh Bengkak

Ciri-ciri utama dalam penyakit ginjal yaitu mengalami pembengkakan dalam tubuh.Biasanya bagian tubuh yang mengalami bengkak antara lain kaki, tungkai, wajah dan bagian tubuh lainnya.Keadaan bengkak tersebut dikarenakan cairan didalam tubuh tidak daoat tersaring secara maksimal. Ginjal bengkak akan beresiko lebih tinggi pada keadaan tubuh yang membengkak.

  • Diare

Kondisi diare ini dapat terjadi pada penyakit ginjal akut , yang akan membuat seseorang merasa tidak nyaman saat melakukan aktivitas. Apabila diare ini tidk segara diatasi maka akan mengakibatkan sakit yang lebih barah sehingga menjadi kronis.

  • Muntah dan mual

Keadaan lambung yang terasa penuh maka akan mengakibatkan seseorang mengalami mula dan muntah. Pada kondisi penyakit ginjal akut ini seseorang akan mengalami kondisi bengkak yang diakibatkan penumpukan cairan didalam tubuh karena  ginjal tidak dapat menyaring cairan didalam darah secara sempurna.

Tanda dan Gejala Ginjal Akut

Gejala gagal ginjal akut juga perlu kita ketaui selain karakteristiknya.Ginjal akut akan mengakibatkan mempengaruhu fisiologi ginjal, diman ginjal akan berespon akibat dari efek ginjal akut tersebut. Respon tersebut merupakan tanda dan gejala ginjal akut . Berikut mengenai tanda dan gejala ginjal akut yang perlu kita ketahui.

  • Kelelahan
  • Dehidrasi
  • Sakit pada bagian dada
  • Nyeri Punggung
  • Sakit Perut
  • Hipertensi
  • Kandungan urin menurun
  • Mual dan muntah
  • Sesak napas
  • Penumpukan cairan dalam tubuh
Sponsors Link

Cara mengatasi Ginjal Akut

Untuk mengatasi ginjal akut ini kita dapat melakukan terapi pengganti ginjal yang terdiri dari tiga cara yaitu :

1. Cuci Darah / Hemodialisis

Cara ini dilakukan dengan menggunakan mesin yang dihubungkan langsung dengn pembuluh darah. Hal tersebut bertujuan untk menyaring dan membuang zat yang tidak diunakan pada tubuh di dalam darah. Cuci darah bisa sembuh apabila dilakukan dengan anjuran dokter.

2. Continuous Ambulatory Peritoneal Dialysis (CAPD)

CAPD ini merupakan treatment menggunakan selaput dada pelindung perut dalam yang digunakan untuk mencuci darah. Tidak jauh berbeda dengan cuci darah, CAPD ini juga memerlukan alat untuk akses permanen seperti selang yang akan dipasang melalui dinding perut.

3. Cangkok Ginjal / Transplatasi Ginjal

Cara ini dilakukan dengan melakukan donor ginjal atau memasangkan ginjal baru yang cocok dari pendonor. Tidak semua ginjal yang didonorkan dapat dicangkokan pada penderita ginjal.Karena terdapat beberapa syarat atau sesui kecocokan ginjalnya.

Diharapkan penjelasan diatas dapat menambah pengetahuan kita mengenai kondisi Ginjal Akut. Sehingga kita dapat melakukan treatment secara tepat dan benar.

Sponsors Link
>
, , ,