Sponsors Link

10 Gejala Sakit Ginjal Wanita yang Harus Dicermati

Sponsors Link

Dari hasil penelitian dibuktikan jika wanita bisa hidup lebih lama dibandingkan dengan pria. Akan tetapi dalam penelitian baru memperlihatkan jika masalah ciri ciri penyakit ginjal, maka pria bisa lebih bertahan dibandingkan dengan wanita. Inilah mengapa gejala sakit ginjal wanita sangat penting diketahui agar bisa ditangani dengan cepat sekaligus tepat. Secara umum, gejala penyakit ginjal pada wanita dan pria memiliki kemiripan. Akan tetapi pada wanita, ada beberapa gejala yang lebih spesifik seperti menstruasi yang tidak teratur, mengalami disfungsi seksual, komplikasi selama masa kehamilan, penyakit tulang, depresi dan lain sebagainya. Agar bisa lebih jelas, sebaiknya para wanita membaca ulasan kami kali ini karena merupakan penyakit berbahaya yang membutuhkan penanganan secepat mungkin.

ads
  1. Menstruasi Tidak Teratur

Sakit ginjal kronis atau chronic kidney disease pada wanita seperti gagal ginjal kronis biasanya terlihat dari pendarahan ketika haid yang terlalu berlebihan, tidak mengalami menstruasi sama sekali hingga lebih cepat masuk ke dalam masa menopause atau menopause dini. Untuk mengatasi gejala sakit ginjal wanita ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi beberapa jenis obat yang bisa membantu dalam mengatur menstruasi.

  1. Disfungsi Seksual

Tidak memiliki gairah untuk berhubungan juga bisa disebabkan karena gejala awal penyakit ginjal khususnya jika diikuti juga dengan gejala sakit ginjal yang lain. Kondisi ini bisa disebabkan karena faktor emosional, psikologis dan juga fisik karena penyakit ginjal yang dialami wanita. Masalah disfungsi seksual ini bisa diatasi dengan pengobatan serta terapi hormonal sesudah beberapa pemeriksaan penunjang dilakukan.

  1. Gangguan Kehamilan

Ciri ciri ginjal bermasalah pada wanita lainnya adalah memiliki peluang hamil yang sedikit. Seorang wanita dengan gejala sakit ginjal juga bisa memiliki risiko lebih tinggi terhadap persalinan prematur dan tekanan darah tinggi. Bahkan ketika fungsi ginjal sudah tidak bisa bekerja dengan baik harus diatasi dengan dialisis atau cuci darah. Inilah mengapa konseling prakonsepsi bagi wanita penderita diabetes dan juga hipertensi tinggi untuk meminimalisir komplikasi ginjal.

  1. Penyakit Tulang

Salah satu fungsi ginjal adalah untuk produksi hormon seperti vitamin D aktif yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Namun seorang wanita yang mengalami sakit ginjal kemungkinan memerlukan suplemen vitamin D aktif dan kalsium tambahan agar osteoporosis dan penyakit tulang tidak terjadi karena penyakit ginjal.

  1. Depresi

Depresi memang menjadi hal umum yang terjadi pada penderita penyakit kronis termasuk juga penyakit ginjal pada wanita. Dalam studi memperlihatkan jika 1 dari 4 wanita yang melakukan dialisis karena penyakit ginjal juga positif mengalami depresi sesudah skrining kejiwaan dilakukan.

  1. Mudah Kelelahan Sepanjang Waktu

Dalam ciri ciri ginjal sehat bisa memproduksi hormon yang dinamakan eritropoietin atau EPO yang berfungsi untuk merangsang tubuh agar bisa membuat sel darah merah baru yang membawa oksigen. Namun ketika terjadi gagal ginjal, maka juga akan menurunkan EPO tersebut dan jumlah sel darah merah akan menurun atau sering disebut dengan anemia. Dengan ini, wanita yang menderita penyakit ginjal juga akan terlihat pucat, lemah dan sangat mudah lelah sepanjang hari.

  1. Kesulitan Bernafas

Nafas yang terlihat sulit memang biasa terjadi ketika tubuh sedang melakukan aktivitas yang berat seperti olahraga. Namun saat hanya melakukan aktivitas ringan namun sudah bisa membuat seorang wanita terengah engah, maka kemungkinan menjadi ciri ciri penyakit ginjal stadium awal. Kesulitan bernafas atau nafas pendek memang menjadi salah satu gejala penyakit ginjal yang bisa terjadi dalam 2 cara yakni akibat menumpuknya cairan berlebih dalam paru paru dan juga anemia atau kekurangan sel darah merah yang bertugas membawa oksigen. 

Sponsors Link

  1. Pusing dan Seperti Ingin Pingsan

Masih berhubungan dengan anemia, kekurangan sel darah merah karena gagal ginjal juga bisa menyebabkan otak tidak memperoleh oksigen dalam jumlah yang cukup. Ini nantinya bisa membuat wanita mudah pusing, lemah dan sering merasa seperti akan pingsan.

  1. Susah Berkonsentrasi

Ketika otak kekurangan oksigen karena penyakit ginjal, maka tentunya juga akan mempengaruhi fokus dan konsentrasi seorang wanita. Untuk itu, biasanya wanita yang mengalami gangguan ginjal juga akan kesulitan untuk berkonsentrasi dalam segala hal.

  1. Gatal Pada Tubuh

Salah satu tugas dari organ ginjal lainnya adalah untuk membuang limbah dari aliran darah. Namun jika wanita mengalami gagal ginjal atau ginjal rusak, maka limbah hanya akan menumpuk dalam aliran darah sehingga bisa menyebabkan kulit terasa sangat gatal. Gatal ini bisa merata ke seluruh bagian tubuh.

Sponsors Link
>
, , ,