Sponsors Link

8 Gejala Sakit Ginjal Parah yang Harus Segera Diperiksa ke Dokter

Sponsors Link

Umumnya, orang sering tidak peduli dengan gejala sakit ginjal sebab memang umumnya tanda yang ditimbulkan bukan menjadi kondisi serius. Namun sebenarnya, ginjal merupakan orang penting yang bertugas untuk menyaring kotoran dan juga racun dalam darah. Jika hanya dibiarkan, maka berbagai limbah tersebut bisa membuat kondisi tubuh semakin menurun, sesak nafas, terjadi penurunan fokus dan bahkan terjadi pembengkakan di beberapa bagian tubuh serta beberapa masalah lainnya. Ketika sampai pada tahap sakit ginjal akut, maka fungsi ginjal mulai hilang dan berdampak pada aktivitas sehari hari. Berikut akan kami berikan beberapa gejala sakit ginjal parah yang harus anda waspadai dan harus sesegera mungkin diperiksakan ke dokter karena sudah menunjukkan ciri ciri ginjal kronis.

ads
  1. Perubahan Pada Urin

Gejala sakit ginjal pertama yang patut diwaspadai adalah terjadi perubahan pada urin. Selain perubahan warna, peningkatan atau penurunan jumlah urin yang dikeluarkan juga akan terjadi yang umumnya terjadi pada malam hari. Selain itu, frekuensi buang air juga bisa semakin bertambah atau semakin berkurang.

Air seni yang dikeluarkan nantinya akan berwarna lebih keruh dari biasanya dan terkadang juga disertai rasa sakit. Bahkan, ketika masalah yang dialami adalah gagal ginjal akut, maka air kencing yang keluar bisa bercampur dengan bercak darah sehingga urine berwarna merah atau air kencing berbusa.

  1. Tubuh Sangat Mudah Letih

Pada ciri ciri ginjal sehat akan memproduksi hormon eritropietin yang berguna untuk meningkatkan pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Pada saat ginjal rusak terjadi, maka produksi hormon eritropoetin tersebut juga akan menurun sehingga produksi sel darah merah yang membawa oksigen juga semakin menurun yang akhirnya membuat seseorang lebih mudah lelah.

  1. Pembengkakan Beberapa Bagian Tubuh

Gejala sakit ginjal parah berikutnya adalah terjadi pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Pada saat ginjal mulai rusak, maka fungsi dari bagian organ ginjal juga akan menurun yang membuat banyak protein terbuang bersama urin. Ini kemudian bisa menimbulkan pembengkakan di beberapa bagian tubuh seperti kaki, tangan dan juga wajah. Selain itu, seseorang yang memiliki masalah ginjal juga biasanya mengalami pembengkakan di area mata atau disebut dengan puffy eyes.

  1. Terjadi Rasa Gatal

Gangguan ginjal akan membuat kotoran serta sisa metabolisme semakin menumpuk yang tidak hanya bisa menyebabkan pembengkakan namun juga berpengaruh pada kulit, gatal, ruam kemerahan dan juga masalah kulit kering. Apabila gatal ini terus digaruk, maka bisa menyebabkan luka atau pendarahan ringan. Akan tetapi sayangnya, gejala sakit ginjal yang satu ini sering diabaikan meski sebenarnya merupakan gejala yang serius.

Krim dan juga salep memang bisa mengurangi gejala gatal akibat sakit ginjal, akan tetapi ini semua tidak bisa menyembuhkan masalah ginjal yang menjadi penyebab utama dari gatal gatal di kulit anda.

  1. Mual dan Ingin Muntah

Sakit ginjal akut atau sudah sampai ke tahap gagal ginjal sering disebut dengan silent killer. Hal ini dikarenakan gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini semakin sulit terdeteksi seperti mual dan ingin muntah. Sedangkan banyak juga penyakit ringan lain yang bisa menimbulkan gejala tersebut seperti salah satunya adalah sakit maag.

Untuk kasus penyakit ginjal, gejala mual dan muntah terjadi karena kotoran dan limbah yang tidak bisa dikeluarkan dari aliran darah dan ini akan menyebabkan gangguan pusat rasa muntah pada tubuh sehingga mual dan muntah tersebut akan dirasakan penderita.

  1. Sesak Nafas

Ginjal yang tidak berfungsi atau ciri ciri ginjal bermasalah menyebabkan cairan bisa masuk ke organ paru paru lewat darah. Jika ini terjadi, maka tubuh tidak mendapatkan suplai oksigen mencukupi khususnya organ paru paru. Kekurangan oksigen dalam darah tersebut akan membuat fungsi tubuh tidak maksimal dan sesak nafas, terengah engah dan nafas yang memburu terjadi. 

Sponsors Link

  1. Sakit Pinggang

Untuk anda yang sering merasakan sakit di area pinggang baik itu kanan atau kiri, maka sebaiknya harus diwaspadai. Ini merupakan gejala yang bisa terjadi karena batu ginjal dan terkadang batu ginjal tersebut tidak akan terlihat namun hanya bisa dirasakan berupa nyeri pada bagian pinggang yang terjadi karena batu ginjal terjepit pada ureter.

  1. Pusing dan Penurunan Konsentrasi

Pada saat organ ginjal tidak bisa bekerja dengan baik atau terjadi penurunan fungsi ginjal, maka oksigen akan sulit dialirkan ke seluruh tubuh khususnya otak. Hal ini akan memicu terjadinya pusing, penurunan konsentrasi, daya ingat yang semakin lemah dan area kepala yang terasa kliyengan.

Sponsors Link
>
, , ,