Sponsors Link

40 Gejala Sakit Ginjal pada Wanita yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Ginjal merupakan salah satu organ yang penting pada tubuh manusia. Dari ginjallah darah bisa disaring menjadi lebih bersih untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Ginjal yang bermasalah tentunya akan sangat buruk efeknya bagi kesehatan. Ginjal yang bermasalah ini bisa saja menyerang siapa saja, baik muda maupun tua. Baik laki-laki maupun wanita. Lalu jika menyerang wanita, apa saja gejala yang muncul? Untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa gejala sakit ginjal pada wanita yang perlu diwaspadai.

ads
  1. Rasa gatal

Seperti yang disebutkan tadi, fungsi ginjal adalah untuk menyaring darah yang kotor agar bisa dialirkan ke seluruh tubuh dengan baik dan bersih. Namun jika ginjal terganggu, maka darah yang beredar ke seluruh tubuh adalah darah yang kotor. Hal ini bisa menyebabkan gejala gatal-gatal di sekujur kulit karena limbah pada darah yang tidak bisa dihilangkan. Jika wanita memiliki kulit sensitif, maka bisa jadi akan ada luka bekas garukan di sebagian tubuhnya.

  1. Sesak nafas

Gejala Ginjal Bermasalah salah satunya adalah sesak nafas. Gejala ini bisa menyerang wanita maupun pria. Sesak nafas ini dipengaruhi oleh ketidakseimbangan cairan di dalam tubuh. Cairan yang kotor dan abnormal bisa mempengaruhi paru-paru, sehingga di dalam paru-paru kantungudara akan terasa terhimpit. Maka dari itu, sesak nafas bisa menjadi satu gejala dari sakit ginjal.

  1. Merasa kedinginan

Merasa kedinginan adalah efek lain dari seseorang yang sakit ginjal. Ginjal yang terganggu memang bisa menyebabkan penderitanya merasa kedinginan bahkan hingga menggigil. Hal ini dikarenakan darah sudah tidak murni lagi sehingga tidak bisa memberikan dan mengendalikan suhu tubuh seperti waktu normal.

  1. Anemia

Gejala sakit ginjal pada wanita berikutnya adalah anemia. Anemia akan mempengaruhi sel darah merah di dalam tubuh. Anemia yang terjadi bisa menjadi anemia jangka panjang, sehingga perlu diwaspadai. Anemia juga menyebabkan penghantar oksigen menjadi lebih menurun, sehingga seluruh tubuh bisa kekurangan oksigen.

  1. Kebas atau kesemutan

Jika pasokan atau edaran oksigen ke seluruh tubuh menjadi terhambat akibat anemia yang sudah dijelaskan di atas, maka bisa jadi penderita sering mengalami kebas atau kesemutan pada organ geraknya, misalnya tangan, kaki, atau ujung jari.

  1. Sering pusing

Sering pusing juga merupakan salah satu gejala yang timbul akibat anemia yang terjadi pada penderita. Dimana sering pusing ini dikarenakan pasokan oksigen ke kepala menjadi berkurang. Hal ini menyebabkan saraf dan sistem metabolisme di kepala menurun kinerjanya. Oleh karena itu penderita mungkin akan sering merasakan pusing.

  1. Lesu

Masih terkait dengan gejala anemia yang disebabkan oleh sakit ginjal. Jika seseorang menderita anemia karena berkurangnya sirkulasi oksigen di dalam tubuh, maka tubuh akan telihat sangat lesu dan lebih mudah merasa letih. Maka dari itu, jika muncul gejala anemia yang cukup sering terjadi, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter, karena bisa jadi anemia ini bukan anemia biasa, melainkan anemia yang disebabkan oleh sakit ginjal.

  1. Sakit pinggang

Sakit pinggang ini pasti muncul sebagai gejala sakit ginjal pada wanita maupun pria. Hal ini dikarenakan ginjal memang berada di area pinggang kanan dan kiri. Jika ginjal terganggu, maka bukan hal yang mustahil jika pinggang terasa sakit. Apalagi jika ginjal meradang, maka bisa jadi muncul Gejala Penyakit Ginjal Bengkak di sekitar pinggang.

Sponsors Link

  1. Tekanan darah terganggu

Tekanan darah juga tentunya bisa terganggu karena sakit ginjal. Tekanan darah yang terganggu ini dikarenakan hormon dalam tubuh yang tidak seimbang, dan juga edaran darah yang menjadi lebih kotor. Hal ini tentunya bisa memicu tekanan darah menjadi tinggi.

  1. Osteoporosis

Selain itu, wanita yang memang memiliki risiko penyakit tulang tinggi daripada pria, juga bisa mengalami osteoporosis yang diakibatkan oleh sakit ginjal. Osteoporosis ini dikarenakan darah yang tersirkulasi ke seluruh tubuh adalah darah kotor, sehingga tulang lama kelamaan akan mengalai pengeroposan.

  1. Rasa sakit saat buang air kecil

Gejala lainnya dari sakit ginjal pada wanita adalah muncul rasa sakit ketika buang air kecil. Apalagi jika sakit ginjal yang diderita adalah batu ginjal. Maka, ketika buang air kecil akan muncul rasa sakit. Hal ini adalah salah satu Gejala Batu Ginjal Pada Wanita yang cukup sering terjadi.

  1. Pembengkakan

Ginjal yang tidak bisa menyaring darah juga bisa menyebabkan tubuh mengalami pembengkakan. Pembengkakan ini dikarenakan limbah dari darah mengendap di beberapa bagian tubuh, terutama di bagian-bagian yang tinggi risikonya untuk terendap. Seperti misalnya kaki, kantong bawah mata, dan juga dada atau perut.

ads
  1. Mual

Wanita yang memiliki penyakit ginjal juga pasti akan sering mengalami mual atau rasa tidak nyaman pada perutnya. Hal ini dikarenakan lambung juga dipenuhi dengan cairan yang sudah bercampur dengan limbah, sehingga rasanya akan sering mual.

  1. Muntah

Selain mual, penderita sakit ginjal mungkin juga akan muntah. Penyebabnya sama, yaitu cairan bercampur limbah yang teredar ke seluruh tubuh, termasuk lambung, membuat penderitanya sering merasa mual dan berujung pada muntah.

  1. Sistem imunitas rendah

gejala lain dari sakit ginjal pada wanita adalah sistem imunitasnya yang rendah. Hal ini bisa dilihat dari kondisi tubuhnya yang sering drop atau sering mengelukan sakit di mana-mana. Penyebabnya adalah darah yang kotor lebih mudah menyebabkan bakteri atau virus menginfeksi.

  1. Sulit berkonsentrasi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa darah yang kesulitan mengedarkan oksigen bisa menyebabkan pasokan oksigen ke otak menjadi berkurang. Maka, dengan kondisi ini, seseorang akan menjadi lebih sulit untuk berkonsentrasi.

  1. Produksi urine berkurang

Penyebab Penyakit Ginjal pada seseorang adalah jika asupan cairan ke dalam tubuh menjadi lebih sedikit. Sakit ginjal pada wanita juga sering menyebabkan gejala ini, yaitu produksi urine berkurang. Bahkan, bisa jadi urine itu tidak keluar sama sekali, walaupun rasa ingin buang air kecil itu sering terjadi. Hal ini dikarenakan ginjal yang mengalami penurunan kinerja sehingga hampir tidak ada cairan yang bisa dikeluarkan melalui air kencing.

  1. Tidak nafsu makan

Karena kondisi tubuhnya yang memang sedang terganggu, biasanya penderita sakit ginjal juga akan mengalami penurunan nafsu makan. Penurunan nafsu makan ini juga dipicu dengan gejala mual dan muntah yang sudah dijelaskan di atas.

  1. Warna urine lebih pekat

Penurunan fungsi ginjal juga mempengaruhi warna urine. Warna urine yang muncul adalah lebih pekat daripada urine normal. Bahkan jika kasus ginjal ini sudah parah, urine yang keluar bisa bercampur dengan darah atau kencing berdarah.

  1. Bau mulut

Gejala sakit ginjal pada wanita yang satu ini juga kerap kali terjadi, yaitu bau mulut. Bau mulut ini disebabkan oleh limbah pada tubuh yang lebih banyak dari biasanya dan tidak bisa dibuang secara normal.

  1. Penurunan kadar albumin

Albumin adalah salah satu bagian tubuh yang bertugas untuk mengikat cairan agar tidak merembes keluar dari pembuluh darah. Penyakit ginjal ini secara tidak langsung akan menurunkan kadar albumin dalam tubuh, sehingga cairan bisa merembes keluar dari pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan di banyak bagian tubuh.

  1. Ketidakstabilan kadar kalium

Kadar kalium di dalam tubuh yang tidak seimbang atau tidak normal bisa mengganggu irama degupan jantung, kelumpuhan otot, dan bahkan mengancam nyawa. Gangguan kadar kalium pada tubuh ini bisa juga terjadi pada penderita sakit ginjal, karena ketidakmampuannya mengatur senyawa dan limbah pada tubuh.

Sponsors Link

  1. Diare

Penderita ginjal juga bisa mengalami gejala diare. Hal ini dikarenakan saluran cerna mengalami bakteri atau infeksi akibat pengaruh dari sakit ginjal yang diderita. Hal ini bisa menyebabkan diare dan gangguan pencernaan lainnya pada wanita.

  1. Mata sembab

Penderita sakit ginjal juga akan mengalami gejala ini, terutama ketika bangun di pagi hari. Hal ini dikarenakan ada tumpukan cairan pada tubuh. Selain itu, sakit ginjal juga bisa menyebabkan penyerapan air pada tubuh berkurang sehingga mata juga terkena imbasnya.

  1. Air kencing diserbu semut

Gejala lainnya dari sakit ginjal pada wanita maupun pria adalah air kencingnya diserbu oleh semut. Hal ini bisa terjadi karena kadar gula di dalam urine menjadi lebih besar saat ginjal mengalami gangguan, sehingga muncul gejala glukosaria.

  1. Sering hilang keseimbangan

Keseimbangan pada penderita sakit ginjal wanita juga sering goyah. Misalnya saat berjalan atau bangkit dari duduk, maka bisa jadi muncul rasa pusing sehingga menyebabkan hilang keseimbangan, hampir jatuh, atau sering terjatuh.

  1. Gangguan hormon

Ginjal adalah organ yang juga memiliki peran terhadap keseimbangan hormon pada tubuh. Ginjal yang terganggu juga bisa menyebabkan hormon yang ada menjadi terganggu. Hal ini adalah salah satu Gejala Ginjal Rusak yang bisa mempengaruhi metabolisme di seluruh tubuh.

  1. Produksi urine banyak

Sakit ginjal tidak hanya ditandai dengan produksi urine yang berkurang seperti yang telah dijelaskan di atas, melainkan juga bisa sebaliknya. Penderita ginjal bisa saja justru mengalami kelebihan urine. Gejala ini biasanya dikaitkan dengan wanita yang menderita diabetes, sehingga menyebabkan rasa ingin buang air kecil lebih sering terjadi, terutama di malam hari.

  1. Insomnia

Jika gejala sering buang air kecil terjadi, terutama di malam hari, hal ini pastinya akan membuat penderitanya tidak bisa tidur pulas di malam hari, sehingga mereka bisa terserang insomnia setiap malam.

  1. Demam

Demam juga kerap kali terjadi pada penderita sakit ginjal. Demam ini juga merupakan satu Gejala Radang Ginjal Paling Akurat yang bisa terjadi jika ada inflamasi atau peradangan pada ginjal atau bagian tubuh lainnya. Demam ini biasanya sulit sembuh dan bertahan lama, walau sudah diberikan obat penurun panas.

Selain 30 gejala di atas, berikut ini ada juga beberapa gejala dari efek sakit ginjal yang menyerang wanita yang juga cukup sering terjadi dan perlu diwaspadai, di antaranya:

  1. Perut kembung
  2. Kencing berdarah
  3. Sering kram
  4. Kantung mata membesar
  5. Lutut bengkak
  6. Air kencing berbusa
  7. Hipertensi
  8. Peradangan pada sistem pencernaan
  9. Mulut berasa logam
  10. Sakit pada dada

Demikianlah beberapa gejala sakit ginjal pada wanita yang perlu diwaspadai. Jika Anda menderita sebagian besar dari gejala yang dipaparkan di atas, maka ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,