Sponsors Link

14 Gejala Radang Ginjal Paling Akurat

Sponsors Link

Semua orang pasti ingin memiliki ginjal yang sehat. Oleh karena itu semua orang harus mengetahui bagaimana cara mencegah gagal ginjal, cara mengobati ginjal bocor, gagal ginjal kronis, cara mengatasi gagal ginjal akut, cara mengobati gagal ginjal kronik, etiologi gagal ginjal, dan masalah penyakit ginjal lainnya yang berbahaya bagi tubuh. Akan tetapi tidak hanya penyakit-penyakit seperti yang telah disebutkan, masih ada banyak lagi penyakit ginjal yang perlu kita antisipasi seperti misalnya penyakit radang ginjal, atau penyakit infeksi ginjal.

ads

Radang ginjal adalah salah satu penyakit ginjal yang mungkin kalah tenar apabila dibandingkan dengan penyakit gagal ginjal, atau penyakit ginjal bengkak. Akan tetapi, bahaya penyakit radang ginjal sama saja dengan penyakit-penyakit tersebut. Dalam arti, penyakit radang ginjal juga dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang parah dan mengganggu aktivitas kita sehari-hari bahkan pada titik tertentu dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin hidup sehat, penyakit radang ginjal juga perlu diwaspadai.

Sebelum beranjak lebih jauh, ada baiknya kita memahami apa itu radang ginjal. Radang ginjal dapat diartikan sebagai sebuah peradangan yang terjadi pada ginjal. Peradangan merupakan suatu respons imun yang terjadi ketika sel-sel darah putih dalam tubuh dan bahan kimia kekebalan tubuh bekerja melawan dari zat-zat penginfeksi dan asing, seperti bakteri, virus, dan lain sebagainya. Ada dua jenis peradangan, yaitu peradangan akut yang terjadi untuk waktu singkat, dan peradangan kronis yang terjadi dalam waktu yang relatif lama.

Sebenarnya, peradangan merupakan suatu mekanisme pertahanan alamiah tubuh yang dilakukan ketika keamanan jaringan di dalam tubuh sedang diserang. Tetapi peradangan juga dapat terjadi ketika tidak ada zat yang melawan atau menangkis dan pada kondisi tersebut biasanya peradangan perlu untuk dihentikan. Akibat dari peradangan ketika terjadi tanpa adanya zat asing, atau jaringan di dalam tubuh dianggap sebagai zat asing, adalah penyakit seperti rheumatoid arthritis, demam dan aterosklerosis. Orang dengan penyakit ginjal kronis misalnya dapat mengalami peradangan kronis yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular dan terjadinya peningkatan risiko kematian.

Radang ginjal, oleh karenanya dapat disebut sebagai sebuah bentuk peradangan yang terjadi di dalam ginjal, yang bisa disebabkan karena faktor alamiah atau karena faktor kesalahan sistem imun atau kelainan sel yang menyebabkan sel-sel di dalam ginjal diserang dan akhirnya mengalami kerusakan.

Radang ginjal biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Pada kebanyakan kasus, infeksi dimulai dalam kandung kemih dan kemudian bermigrasi ke atas ureter lalu menuju ginjal ginjal. Peradangan pada ginjal mungkin melibatkan glomeruli, tubulus, atau jaringan interstitial yang mengelilingi glomerulus dan tubulus. Singkatnya, ketika terjadi peradangan, maka banyak bagian ginjal yang akan mengalami kerusakan pada jangka panjang atau mungkin pada tingkat ekstrem pada jangka pendek, sehingga tubuh akan mengalami gangguan yang serius.

Lantas apa saja gejala radang ginjal yang dapat kita amati? Berikut ini adalah beberapa gejala radang ginjal yang bisa kita lihat pada orang-orang yang menderita radang ginjal.

Sponsors Link

1. Berkurangnya volume urine.

Gejala radang ginjal yang pertama kali terlihat biasanya adalah penurunan produksi urine oleh ginjal. Hal tersebut terjadi karena banyak sel ginjal yang mengalami kerusakan sehingga filtrasi cairan dan produksi urine lambat laun menjadi lebih sedikit, sehingga ketika kencing pun air urine yang keluar juga akan sedikit.

2. Berkurangnya nafsu makan.

Gejala berikutnya adalah penurunan nafsu makan yang ekstrem, bila dibandingkan dengan keadaan sehari-hari. Penurunan nafsu makan ini tidak terjadi hanya saat pagi atau siang hari saja, tetapi bisa jadi seharian penuh dan penderita benar-benar tidak merasa ingin makan bahkan cenderung menghindari makanan. Apabila diiringi dengan gejala yang lain, besar kemungkinan dia sedang menderita radang pada ginjalnya. Atau bila pun tidak, ada masalah pada tubuh atau mungkin psikisnya yang harus segera diselesaikan agar terhindar dari masalah-masalah lain yang membahayakan tubuhnya karena tidak makan.

ads

3. Air kencing atau urine berbusa.

Gejala berikutnya adalah terjadinya perubahan pada air kencing yang dikeluarkan oleh para penderita radang ginjal. Pada orang yang tidak mengalami sakit radang ginjal, atau secara umum penyakit ginjal, urine akan cenderung berwarna kekuning-kuningan dan tidak terdapat busa atau foam pada urine tersebut. Akan tetapi pada penderita radang ginjal, maka air kencing yang mereka keluarkan memiliki busa yang cukup banyak sehingga kesannya di dalam urine mereka terdapat busa.

4. Perut menjadi buncit atau busung.

Gejala penyakit radang ginjal berikutnya adalah perubahan pada perut si penderita radang ginjal, yaitu dari yang awalnya katakanlah tegak lurus dengan dada, tiba-tiba menjadi buncit atau membusung. Bahkan orang yang perutnya relatif sudah gendut, tiba-tiba menjadi lebih gendut lagi sehingga terlihat perutnya sangat besar. Apabila terjadi peningkatan volume atau isi perut secara drastis seperti itu, besar kemungkinan ada sebab lain di luar pola makan dan minum yang menyebabkan seseorang bisa memiliki perut yang buncit atau busung, dan dalam hal ini adalah radang ginjal yang mungkin sudah mulai berdampak pada organ tubuh yang lainnya.

5. Pada pria, lutut serta kantong zakar mengalami pembengkakan.

Pada pria, ada gejala khusus yang akan muncul ketika mereka mengalami radang ginjal. Gejala khusus tersebut adalah adanya pembengkakan pada lutut serta kantong zakar. Pembengkakan ini besar kemungkinan karena kurang sempurnanya filtrasi ginjal, atau sebagai bentuk respons tubuh lain yang memiliki hubungan dengan ginjal, atau yang semacamnya. Apabila kamu punya anak laki-laki, atau mungkin suami dan teman laki-laki mu memiliki gejala ini, cobalah untuk menyarankannya agar segera melakukan pemeriksaan diri karena besar kemungkinan ada masalah di dalam organ ginjalnya.

Selain lima gejala di atas, ada pula gejala lain yang dapat kita amati pada penderita radang ginjal. Gejala-gejala tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Sesak napas yang disebabkan penimbunan cairan di rongga sekitar paru-paru.
  2. Munculnya demam akut.
  3. Adanya rasa sakit di bagian pinggang.
  4. Pembengkakan pada pelupuk mata, tangan dan kaki.
  5. Terjadinya kelainan pembentukan darah yang dapat meningkatkan risiko pembekuan di dalam pembuluh darah.
  6. Pada anak kecil, dapat terjadi penurunan desakan darah saat tengah berdiri.
  7. Terjadinya peradangan pada susunan perut yang disebabkan karena terjadinya infeksi di daerah perut yang disangka terjadi karena penurunan secara ekstrem pembentukan antibodi atau hilangnya antibodi yang keluar berbarengan urine ketika ginjal sedang mengalami peradangan.
  8. Terjadinya hematuria atau adanya kandungan darah di dalam urine yang disebabkan karena kerusakan .
  9. Terjadinya proteinuria atau urine mengandung protein yang disebabkan karena kerusakan glomeruli.

Sponsors Link

Itulah beberapa gejala radang ginjal yang dapat kita gunakan untuk mendeteksi apakah seseorang terkena gagal ginjal atau tidak. Beberapa gejala mungkin tidak akan terjadi, sementara gejala yang lain pasti akan selalu terjadi dan muncul dengan jelas pada mereka yang sedang mengalami radang ginjal. Oleh karena itu bagi kamu yang sudah mengetahui gejala-gejala di atas, tentu harus mengingatkan keluargamu untuk menjaga kesehatan ginjal dengan baik, atau menyarankan mereka untuk senantiasa membaca tips menjaga kesehatan ginjal dari berbagai pihak yang tepercaya sehingga mereka dapat mengetahui bagaimana cara menjaga ginjal agar tetap sehat.

Pada umumnya, agar ginjal tetap sehat, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan. Beberapa cara untuk menjaga kesehatan ginjal agar terhindar dari penyakit ginjal antara lain adalah sebagai berikut.

  • Berolahraga dengan teratur, kurang lebih dua puluh sampai tiga puluh menit per hari.
  • Makan dengan teratur dan memakan makanan yang menyehatkan seperti makanan penderita ginjal bocor, atau memakan buah-buahan yang berkhasiat bagi ginjal seperti yang kita bahas dalam khasiat buah manggis untuk ginjal.
  • Minum air dengan cukup.
  • Mengurangi konsumsi obat pereda nyeri atau analgesik yang tidak ramah ginjal.
  • Mengatur tingkat konsumsi garam, fosfor, kalium, protein hewani dan lain sebagainya yang dapat membuat kinerja ginjal menjadi semakin berat.
  • Mengobati gejala penyakit ginjal dengan tanaman obat untuk memperbaiki fungsi ginjal yang bisa kita cari di sekitar rumah atau di pasar-pasar terdekat.

Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan ginjal. Semoga dengan mengetahui gejala radang ginjal di atas, serta mengetahui sedikit tentang cara menjaga kesehatan ginjal ini kamu dapat menjaga ginjalmu dengan baik ya. Selamat merawat ginjalmu!

Sponsors Link
>
, , , ,