Sponsors Link

5 Gejala Penyakit Ginjal Bengkak Wajib Diketahui

Sponsors Link

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, kesehatan merupakan sesuatu yang tidak ternilai harganya. Nilai kesehatan yang sedemikian tinggi tersebut tercermin dari sebuah ungkapan yang menyatakan bahwa kesehatan adalah mahkota. Dari ungkapan tersebut kita sadari dengan mudah bahwa kesehatan adalah suatu hal yang sangat didambakan banyak orang , tetapi sayangnya hanya beberapa orang saja yang menyadarinya. Selain penting, kesehatan juga sangat mahal. Bukti bahwa kesehatan itu sangat mahal adalah tingginya biaya berobat yang harus dikeluarkan oleh orang-orang yang sedang sakit. Hal yang sama juga akan dirasakan oleh para penderita ginjal bengkak. Bagi yang sudah terlanjur mengalami ginjal bengkak, maka mau tidak mau mereka harus menjalani pengobatan serius agar dapat sembuh. Sementara itu bagi yang belum (dan semoga tidak) mengalami ginjal bengkak, maka mengetahui gejala penyakit ginjal bengkak merupakan langkah penting agar dapat terhindar dari ginjal bengkak.

ads

Penyakit ginjal bengkak adalah salah satu penyakit ginjal yang pada umumnya banyak dialami oleh orang dewasa. Salah satu penyebab utama dari penyakit ini adalah komplikasi karena adanya penyumbatan pada saluran kemih, sehingga cairan tidak bisa keluar dari ginjal dengan leluasa. Adanya infeksi juga dapat menjadi salah satu penyebab mengapa ginjal dapat mengalami pembengkakan. Ginjal bengkak tidak akan langsung dirasakan dengan jelas oleh penderitanya, akan tetapi lambat laun kinerja tubuh akan menurun drastis apabila pembengkakan sudah terjadi sedemikian parah. Oleh karena itu setiap orang disarankan untuk mengecek keadaan ginjalnya dengan rutin sebagai bentuk antisipasi kemungkinan adanya penyakit ginjal yang tidak terlihat dengan kasat mata.

Baca juga:

Ginjal bengkak termasuk salah satu penyakit ginjal yang perlu diwaspadai. Apabila tidak dilakukan antisipasi dengan baik maka ginjal bengkak dapat mengakibatkan pada penyakit ginjal lain yang lebih parah seperti gagal ginjal. Apabila sudah sampai pada tahap tersebut, yang bisa dilakukan oleh pasien adalah memperpanjang masa hidupnya dengan melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan harapan hidupnya. Pengobatan terbaik tetapi juga mahal adalah dengan melakukan transplantasi ginjal sehingga mendapatkan ginjal baru yang bisa berfungsi menggantikan ginjal yang lama. Oleh karena itu, akan lebih baik apabila penyakit ginjal bengkak tidak berlanjut sampai keadaan tersebut. Dengan demikian, ginjal bengkak termasuk salah satu penyakit yang harus dilawan dengan serius agar kita cepat sembuh. Salah satu bentuk pencegahan yang dapat kita lakukan adalah dengan mengetahui gejala penyakit ginjal bengkak itu sendiri.

Baca juga: Cara Mengobati Ginjal Bengkak

Ginjal memang hanyalah sebuah organ berukuran kecil. Dengan berat hanya sekitar 150 gram, sekitar berat separuh genggaman tangan orang dewasa, ginjal ternyata memiliki fungsi yang sangat penting untuk tubuh dan mempengaruhi kinerja semua bagian tubuh seperti mengatur keseimbangan elektrolit, asam basa, dan keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh. Salah satu fungsi utama yang akan terganggu akibat penyakit ini adalah fungsi ginjal dalam membantu membuang sampah sisa metabolisme yang akan meracuni tubuh apabila terus bersarang di dalam tubuh, membantu mengatur tekanan darah tubuh dan membantu menjaga kesehatan tulang. Baca juga: Makanan Sehat untuk Ginjal

Selain berpotensi mengganggu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh, gangguan ginjal seperti ginjal bengkak juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem metabolisme tubuh. Gangguan pada sistem tersebut berpeluang untuk menyebabkan komplikasi yang lebih parah seperti penyakit jantung koroner, penyakit pembuluh perifer, dan stroke. Oleh karena itu orang-orang dengan keluarga yang sering menderita penyakit diabetes dan sejenisnya, disarankan untuk melakukan pengecekan secara rutin sebagai bentuk pencegahan sejak dini agar penyakit-penyakit berbahaya tersebut tidak benar-benar muncul dan akhirnya mengganggu aktivitas kita.

Sponsors Link

Berikut ini adalah beberapa bentuk gejala penyakit ginjal yang perlu Anda perhatikan.

1. Nyeri pada bagian punggung dekat ginjal

Nyeri pada bagian punggung yang ada di dekat tempat ginjal, yaitu sekitar sisi pinggir kiri atau kanan pada punggungmu dapat menjadi tanda bahwa kamu sedang mengalami pembengkakan ginjal. Baca juga: Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal

2. Buang air kecil terlalu sering

Buang air kecil terlalu sering dapat menjadi salah satu tanda bahwa ginjal kita mengalami pembengkakan karena ginjal yang membengkak biasanya akan kelebihan air kencing tetapi sulit untuk dibuang sehingga melakukan buang air kecil dengan sering. Baca juga: Penyebab Radang Ginjal

ads

3. Ginjal terasa perih

Ginjal terasa perih atau sakit adalah salah satu gejala pembengkakan ginjal yang paling umum. Ginjal yang membengkak akan membuat tubuh atau badan Anda merasa tidak nyaman karena adanya pembengkakan tersebut. Pada titik tertentu bisa saja ginjal terasa sangat perih sampai-sampai kamu tidak bisa lagi beraktivitas.

4. Air kencing keluar sedikit-sedikit

Ketika kamu buang air kecil dan itu terjadi sedikit demi sedikit, besar kemungkinan ada sesuatu yang menghambat atau menyumpal pada saluran kandung kemih sehingga air kencing banyak tertahan di saluran kandung kemih. Salah satu yang akan terjadi adalah pembengkakan ginjal apabila air kencing tersebut tertahan cukup lama. Oleh karenanya apabila kamu kencing sedikit-sedikit dan berjalan dalam jangka waktu yang cukup lama, harus diwaspadai jangan-jangan hal tersebut menunjukkan adanya permasalahan pada sistem pencernaanmu.

5. Badan terasa tidak nyaman

Adanya gangguan di dalam tubuh tentu akan membuat tubuhmu menjadi tidak nyaman saat kamu gunakan untuk beraktivitas. Duduk akan lebih sulit, dan berdiri pun juga sakit. Apabila kamu mengalami hal ini dapat diwaspadai ada sesuatu yang salah di dalam tubuhmu, walaupun belum pasti ginjalmu bermasalah, akan tetapi tidak ada salahnya menjadikan gejala tersebut sebagai suatu bentuk kewaspadaan tersendiri.

Baca juga:

Cara Mencegah Ginjal Bengkak

Mengetahui gejala ginjal bengkak tetapi tidak mengetahui bagaimana cara mencegah ginjal bengkak sama saja dengan mengetahui ciri-ciri kebakaran tetapi tidak pernah mengetahui bagaimana cara untuk mencegah kebakaran itu sendiri. Oleh karenanya kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk mencegah ginjal bengkak. Berikut ini beberapa cara untuk melakukan pencegahan terhadap sindrom atau gejala ginjal bengkak dan ginjal bengkak itu sendiri.

Sponsors Link

  1. Meminum air dengan cukup
  2. Berolahraga dengan teratur
  3. Jangan lupa check-up kesehatan ke dokter kepercayaanmu
  4. Jangan terlalu banyak mengonsumsi obat pereda nyeri
  5. Jangan lupa bergerak aktif
  6. Awasilah kadar gula darahmu, bila terlalu tinggi stop makan glokusa terlalu banyak
  7. Awasilah tekanan darahmu, apabila terlalu rendah atau terlalu tinggi segera lakukan penanganan yang sesuai
  8. Jangan sampai tubuhmu memiliki kandungan garam terlalu tinggi atau terlalu rendah
  9. Menjaga konsumsi fosfor tetap pada batasnya
  10. Mengonsumsi jus blueberry sebagai suplemen
  11. Meminum jus stroberi
  12. Memakan bawang putih dan bawang merah

Baca juga:

Cara Mengatasi Penyakit Ginjal Bengkak

Nah, terakhir kali apabila kamu sudah terlanjur mengalami ginjal bengkak, tidak ada cara lain selain mengatasi alias mengobatinya. Berikut ini adalah beberapa langkah mengatasi gejala penyakit ginjal bengkak serta penyakit ginjal bengkak dengan efektif. Jangan khawatir, karena metode pengobatan di bawah ini adalah metode pengobatan herbal yang cenderung lebih murah daripada pengobatan modern, walaupun untuk meracik bahannya mungkin membutuhkan keterampilan tersendiri dan juga waktu yang cukup untuk mencari bahan-bahannya. Tetapi tidak ada salahnya di coba bukan? Berikut ini beberapa cara mengatasi ginjal bengkak.

  1. Meminum ramuan air rebusan daun kumis kucing
  2. Mengonsumsi ramuan air rebusan akar alang-alang
  3. Meminum ramuan air rebusan daun tempuyung
  4. Meminum ramuan air seduhan daun alpukat
  5. Meminum ramuan air rebusan daun sirsak
  6. Meminum ramuan air rebusan kulit manggis
  7. Mengonsumsi uva ursi

Itulah pembahasan kita tentang gejala penyakit ginjal bengkak, dimulai dari gejala, cara mencegah sampai dengan cara untuk mengatasi ginjal bengkak. Semua langkah-langkah mengatasi ataupun mencegah yang kami sampaikan bisa jadi tidak sesuai dengan keadaanmu, oleh karena itu jangan pernah berkata tidak ketika harus melakukan periksa ke dokter terdekat ya. Apabila gejala gangguan ginjal sudah jelas terlihat, maka tidak ada alasan lagi selain pergi ke dokter untuk meminta saran serta pengobatan yang tepat untuk keadaanmu. Gunakan pengobatan alternatif sebagai pilihan komplementer yang dapat kamu ambil setelah kamu memastikan bahwa itu aman untuk dikonsumsi tubuhmu dengan cara berkonsultasi dengan dokter kepercayaanmu. Baiklah, selamat merawat ginjalmu!

Baca juga:

Sponsors Link
>
, , ,