Sponsors Link

10 Gejala Kencing Batu yang Umum Terjadi

Sponsors Link

Kencing batu atau juga sering disebut dengan penyakit batu ginjal menjadi penyakit umum yang sering dialami. Ginjal yang merupakan salah satu organ vital manusia sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit seperti salah satunya kencing batu baik wanita atau pria khususnya yang terlalu banyak duduk dibandingkan dengan beraktivitas fisik. Agar kencing batu bisa dicegah, maka berbagai gejala kencing batu sebaiknya dikenali lebih dulu agar diagnosa bisa dengan tepat seperti ulasan dari kami berikut ini.

ads
  1. Nyeri Area Pinggang

Seseorang yang mengalami kencing batu umumnya akan mengeluhkan rasa sakit di area pinggang yang menjadi gejala batu ginjal pada wanita atau pria. Umumnya rasa nyeri yang terjadi di area pinggang dan bisa menyebar ke area punggung ini memang menjadi salah satu gejala dari batu ginjal. Jika batu ginjal berada di bagian kanan, maka nyeri akan terjadi di bagian pinggang kanan begitu juga sebaliknya. Nyeri tersebut bisa berkembang dalam hitungan menit antara 20 hingga 60 menit.

  1. Anyang Anyangan

Anyang anyangan merupakan gejala dari kencing batu selanjutnya yakni sensasi ingin buang air kecil namun air seni yang keluar jumlahnya sedikit ditambah dengan sensasi tidak nyaman di area perut bahkan disertai dengan perih.

  1. Perubahan Warna Air Seni

Selain air seni yang keluar sedikit sedikit, perubahan warna air seni juga terjadi pada penderita kencing batu atau batu ginjal yang sebelumnya berwarna agak bening menjadi kuning pekat hingga urin berwarna merah.

  1. Nyeri di Area Lain

Kencing batu atau batu ginjal tidak hanya menyebabkan nyeri pada penderita di bagian pinggang namun nantinya juga bisa terasa di bagian tubuh lainnya. Nyeri bisa terjadi di bagian pinggang belakang dan juga selangkangan. Baik pria dan wanita juga kemungkinan bisa mengalami rasa nyeri di area vital meski biasanya memang berawal dari bagian pinggang.

  1. Buang Air Kecil Disertai Darah

Gejala berikutnya yang sering terjadi ketika seseorang mengalami batu ginjal atau kencing batu adalah buang air kecil yang disertai dengan darah. Hal ini bisa terjadi karena batu ginjal yang mengkristal membuat saluran kemih teriritasi dan akhirnya kencing berdarah terjadi yang menjadi lanjutan dari ciri ciri batu ginjal awal.

  1. Sakit Saat Buang Air Kecil

Jika seseorang merasakan sensasi sakit ketika buang air kecil, maka ini juga bisa menjadi pertanda dari batu ginjal atau kencing batu yang ada dalam kandung kemih. Saat ini terjadi, sebaiknya jangan diabaikan dan harus segera diperiksakan ke dokter sebelum bertambah parah.

  1. Mual dan Muntah

Gejala berikutnya dari kencing batu atau batu ginjal adalah mual yang diikuti juga dengan muntah seperti gejala masuk angin dan juga gejala awal penyakit ginjal lain. Mual dan muntah ini bisa terjadi karena batu ginjal sudah menginfeksi kandung kemih sehingga sistem kekebalan tubuh akan merespon yang mengakibatkan mual dan juga muntah. 

Sponsors Link

  1. Demam dan Menggigil

Demam dan menggigil tidak hanya bisa terjadi karena penyakit flu atau penyakit yang disebabkan karena virus atau bakteri namun juga bisa terjadi karena batu ginjal sehingga jika tubuh mengalami demam dan menggigil tanpa sebab yang jelas, maka segera periksakan ke dokter untuk diagnosis lebih lanjut dan juga ciri ciri ginjal bermasalah lainnya.

  1. Perut Membengkak

Perut membengkak yang sering terjadi ketika masuk angin atau kembung. Perut membengkak atau membesar bisa terjadi juga ketika seseorang mengalami batu ginjal atau kencing batu yang juga harus diwaspadai. 

Sponsors Link

  1. Infeksi Saluran Kencing

Gejala infeksi saluran kencing tidak hanya bisa terjadi karena menderita ISK atau penyakit infeksi saluran kemih namun gejala serupa juga terjadi karena batu ginjal. Penyumbatan batu di saluran kencing karena kencing batu yang tidak segera diatasi nantinya bisa menyebabkan infeksi nantinya akan membuat bakteri tersebut semakin menginfeksi saluran kencing dan akhirnya timbul gejala perih, timbul sensasi seperti terbakar, panas saat buang air kecil, sakit di area pinggang, kencing berdarah dan beberapa gejala lainnya.

Beberapa gejala kencing batu diantaranya terlihat seperti penyakit ringan yang tidak berbahaya namun sebenarnya tetap harus diwaspadai dan segera diperiksakan ke dokter untuk diagnosis dan penanganan terbaik sebelum komplikasi berbahaya terlanjur terjadi.

Sponsors Link
>
, , ,