Sponsors Link

7 Gejala Karsinoma Sel Ginjal

Sponsors Link

Jenis karsinoma sel ginjal merupakan jenis kanker ginjal yang paling umum terjadi dan terhitung 9 dari 10 kasus kanker ginjal. Karsinoma sel ginjal umumnya bermanifestasi sebagai satu tumit namun bisa juga dua tumor. Jika terdapat dua tumor, maka keduanya bisa berada pada ginjal yang sama atau satu tumor pada masing masing ginjal.

Faktor Risiko

Ada beberapa faktor risiko penyebab karsinoma sel renal atau karsinoma sel ginjal dan beberapa diantaranya adalah:

  • Riwayat keluarga yang memiliki karsinoma sel ginjal.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Beberapa penyakit ginjal herediter seperti kista ginjal polikistik.
  • Merokok.
  • Kegemukan atau obesitas.

Perawatan bulanan untuk karsinoma sel ginjal sering dianjurkan tergantung dari stadium kanker yang dialami pasien. Tingkat kelangsung hidup cukup tinggi apabila kanker terdeteksi dini dan dengan tingkat kelangsungan hidup 5 tahun 81 persen untuk orang dengan tahap karsinoma sel ginjal stadium 1.

Gejala Karsinoma Sel Ginjal

Jika anda memiliki penyakit ini, maka gejala karsinoma sel ginjal biasanya tidak terjadi sampai tahap akhir ketika tumor sudah tumbuh lebih besar. Karsinoma sel ginjal paling sering didiagnosis pada saat seseorang sedang diperiksa karena alasan lainnya. Tumor bisa terlihat pada USG atau CT scan sebelum seseorang memiliki gejala apa pun.

Gejala gejala yang disebabkan karena tumor ginjal seperti penyakit infeksi kandung kemih atau batu ginjal serupa yang disebabkan dengan kondisi lainnya. Jika anda memiliki salah satu gejala karsinoma sel ginjal, maka kunjungan ke dokter harus dilakukan. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa gejala karsinoma sel ginjal yang bisa terjadi.

1. Hematuria

Tumor yang terjadi karena karsinoma sel ginjal bisa menyebabkan terdapat darah dalam urin yang dikenal dengan sebutan hematuria. Jumlah darah mungkin bisa terlihat yang memberi warna merah pada urine seseorang. Namun, urine mengandung darah juga mungkin jumlahnya mikroskopis sehingga hanya bisa terlihat dengan memeriksa sampel urin di bawah mikroskop atau dengan tes untuk mendeteksi sejumlah kecil darah.

2. Nyeri Punggung Bagian Bawah

Tumor pada satu atau kedua bagian organ ginjal yang tumbuh dengan ukuran signifikan bisa menimbulkan rasa sakit. Ketika seseorang memiliki rasa sakit yang berasal dari ginjal, maka kemungkinan sakit di area punggung bagian bawah dan samping tepat di bawah rusuk bisa terjadi.

Rasa sakit yang disebabkan tumor bersifat stabil dan tidak akan hilang. Sedangkan rasa sakit dari otot yang tegang bisa berubah atau berkurang dengan gerakan. Jika seseorang mengalami sakit akibat cedera, maka kemungkinan tidak berhubungan dengan tumor ginjal.

3. Benjolan

Apabila ciri ciri tumor ginjal disebabkan karena karsinoma sel ginjal yang sudah tumbuh sangat besar, maka bisa menyebabkan benjolan yang terlihat memanjang keluar dari tubuh. Benjolan biasanya terlihat rendah di perut, punggung, tulang rusuk atau di samping. Untuk menghasilkan benjolan tersebut, maka tumor harus berukuran cukup besar.

4. Anemia

Anemia merupakan sebuah kondisi yang bisa terjadi karena banyak faktor. Ini mengacu pada tingkat sel darah merah pembawa oksigen yang rendah. Karsinoma sel ginjal bisa menyebabkan anemia yang mungkin membuat penderita merasa kelelahan dan juga lebih lamban.

5. Kelelahan

Memiliki kanker ginjal bisa membuat seseorang merasa lelah. Salah satu alasannya mungkin disebabkan karena anemia oleh kanker. Kelelahan bisa juga disebabkan karena sel kanker yang sedang bersaing dengan sel sehat untuk memperoleh nutrisi. Apabila rasa kelelahan luar biasa dalam jangka waktu lama anda rasakan namun tidak bisa dijelaskan, maka sebaiknya segera hubungi dokter.

6. Demam

Karsinoma sel ginjal bisa menyebabkan demam. Demam merupakan hasil alami dari sistem kekebalan tubuh ketika sedang melawan infeksi sehingga demam bisa disebabkan karena berbagai penyakit termasuk karsinoma sel ginjal. Jika anda mengalami demam dan tidak ada gejala infeksi atau demam tidak membaik sesudah sakit, maka segera periksakan diri anda ke dokter.

7. Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan juga kemungkinan menjadi gejala karsinoma sel ginjal dan ciri ciri kanker ginjal. Apabila anda tidak sedang diet atau penurunan berat badan disertai dengan kelelahan dan demam, maka segera periksakan diri anda ke dokter untuk diagnosis. Sel sel kanker di ginjal bisa mengalahkan sel sehat untuk mendapatkan nutrisi dan akhirnya menyebabkan penurunan berat badan yang tidak disengaja.

Sponsors Link
>
, , ,