Sponsors Link

7 Gejala Kandung Kemih Turun yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk mengeluarkan cairan yang ada didalm tubuh berupa urin. Selain itu ginjal berfungsi untuk masalah menyaring darah dari kotoran maupun zat racun yang masuk ke dalam tubuh.

ads

Namun saat ini banyak kondisi penyakit ginjal yang merugikan manusia. Adapun beberapa kondisi ginjal yang merugikan manusia antara lain komplikasi hidronefrosis , kista ginjal polikistik ,nefritis dan asidosis tubulus renalis . Tidak hanya kondisi-kandisi tersebut saja , masalah yang biasanya timbul yaitu kandung kemih turun. Kandung kemih merupakan salah satu organ yang digunakan untuk mengeluarkan urine. Terdapat beberapa kondisi pada kandung kemih seperti radang kandung kemih , infeksi saluran kemih pada wanita dan lain seebagainya.

Lalu bagaimana dengan kondisi kandung kemih yang turun ? Berikut mengenai penjelasan serta gejala kandung kemih turun yang terjadi pada wanita.

Gejala Kandung Kemih Turun

Sebelum mengetahui gejala apa saja yang mungkin timbul pada kandung kemih turun. Perlu kita ketahui terlebih dahulu mengenai kandung kemih yang turun. Kandung kemih merupakan organ berongga yang berada didalam panggul. Dimana fungsi dari kandung kemih ini untuk menyimpan urin.Ciri-ciri kandung kemih bocor juga dapat dikatakan sebagai indikasi kandung kemih yang bermasalah. Salah satu contoh dari masalah kandung kemih yaitu kandung kemih menjadi turun.

Kandung kemih turun atau nama lain dari medis yaitu sistokel merupakan suatu kondisi yang serius pada kandung kemih. Sistokel merupakan kondisi ketika pada dinding penyekat antara kandung kemih dan vagina melemah, dan hal tersebut dapat menyebabkan kandung kemih turun atau jatuh ke  vagina.Apabila kandung kemih turun maka akan mengakibatkan seseorang wanita kesulitan dalam buang air kecil.

Sitokel atau kandung kemih turun dibedakan menjadi 4 jenis antara lain sebagai berikut :

  • Level Ringan (Level 1 ) : Kandung kemih yang turun ke vagina hanya sebagaian.
  • Level sedang (Level 2 ) : Kandung kemih turun agak jauh hingga menyentuh pada bukaan vagina.
  • Level parah atau berat (level 3) : beberapa bagian kandung kemih sudah mencuuat keluar dari tubuh melalui bukaan vagina.
  • Level komplit atau komplikasi (level 4) : seluruh kandung kemih sudah berada pada luar vagina, selain itu biasanya diikuti oleh turunnya organ lain seperti rahim, usus dan rektum.

Untuk mengetahui tanda-tanda kandung kemih yang turun perlu kita ketahui gejala kandung kemih turun sebagai berikut :

1. Kesulitan Buang Air Kecil

Saat seseorang mengalami kondisi kandung kemih turun maka akan membuat kesulitan untuk buang air kecil. Karena pada kondisi kandung kemih turun struktur anatomi menjadi berubah yang akan menghambat proses yang normal. Infeksi ginjal dan saluran kemih juga dapat mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan saat buang air kecil. Maka hal tersebut dapat mengganggu seseorang dalam melakukan aktivitasnya.

Sponsors Link

2. Rasa Tidak Nyaman

Rasa tidak nyaman akan selalu muncul saat seseorang ingin mengejan atu mengangkat  sesuatu  karena membuat area kandung kemih berkontraksi sehingga urin terkadang keluar dengan volume sedikit. Hal tersebut membuat rasa tidak nyaman pada daerah kemaluan. Selain saat mengejan hal tersebut dapat terjadi pada saat seseorang sedang batuk. Efek samping setelah operasi ginjal mungkin salah satunya juga perasaan yang tidak nyaman. Maka dari itu seseorang yang mempunyai kandung kemih turun harus siap-siap atau selalu sedia pempers atau yang lainnya untuk mengatasi rasa tidak nyaman ini.

ads

3. Nyeri

Nyeri merupakan salah satu tanda dan gejala apabila seseorang mendapati kondisi kandung kemih yang bocor. Biasanya nyeri ini akan terasa pada area panggul dan sekitarnya. Hal tersebut akan membuat seseorang sulit untuk melakukan aktivitasnya,karena apabila mereka bergerak mereka merasakan nyeri dan itu akan terasa sakit pada area tertentu. Maka dari itu istirahat yang cukup sangat di perlukan untuk mengurangi perasaan nyeri ini. Efek samping operasi pengankatan ginjal mungkin juga akan mendapat tanda dan gejala nyeri seperti efek adanya kandung kemih yang turun.

4. Urine Keluar Saat Berhubungan Seksual

Saat seseorang mendapati kondisi ini yaitu kandung kemih yang turun dan tidak pada tempatnya. Dampak buruk yang mungkin terjadi adalah saat berhubungan seksual tanpa disengaja urine keluar, hal tersebut akan sangat mengganggu dan membuat rasa tidak nyaman. Maka dari itu pastikan saat seseorang mendapati kondisi ini segera periksakan kedokter agar mengetahui penanganan yang secara tepat dan benar. Bahaya minuman bersoda bagi ginjal akan berdampak pada kondisi ini ,maka selain memeriksakan kedokter dan manjalani pengobatan usahakan menjauhi alkohol demi tercapainya kesembuhan.

5. Infeksi Kandung Kemih Berulang

Serig kali seseorang yang memiliki kandung kemih turun akan rentan terkena infeksi kandung kemih. Infeksi ini biasanya terjadi secara berulang dan akan berdampak tidak baik pada ginjal.Maka dari itu apabila indikasi infeksi kandung kemih ini cepat diketahui maka perlunya penanganan yang tepat. Penanganan yang dapat dilakukan mungkin dengan mengkonsumsi antibiotik yang digunakan untuk menghilangkan bakteri yang membuat infeksi kandung kemih ini. Infeksi ginjal kiri merupakan salah satu kondisi yang perlu kita ketahui.

6. Kandung Kemih Selalu Terasa Penuh Setelah Buang Air Kecil

Kerap sekali buang air kecil namun pada kandung kemih terasa tidak kosong dan selalu penuh. Hal ini akan membuat perasaan yang tidak nyaman. Serta rasa ingin selalu buang air kecil meskipun tidak buang air kecil. Kondisi ini akan sangat mengganggu apabila seseorang tengah berada di luar rumah atau saat melakukan aktivitas diluar rumah. Infeksi ginjal pada anak balita juga dapat mengakibatkan rasa selalu penuh di dalam kandung kemihnya sehingga menyebabkan bayi terus mengompol.

7. Munculnya Tonjolan

Munculnya tonjolan ini biasanya merupakan tonjolan daging yang turun melalui mulut vagina , sehingga penderita merasa menduduki sesuatu. Tetapi kondisi ini biasanya muncul pada kasus yang sudah parah. Maka untuk pengobatan kasus ini perlunya penanganan medis yang sesuai dan tepat , serta sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Penyebab ginjal rusak mungkin bisa di tandai dengan adanya kondisi kandung kemih yang turun.

Penjelasan diatas merupakan gejala-gejala yang timbul saat seseorang mendapati kondisi kandung kemih yang turun. Untuk itu sangat dianjurkan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan tubuh agar terhindar oleh penyakit salah satunya kandung kemih turun ini.

Sponsors Link
>
, ,