Sponsors Link

15 Gejala Infeksi Ginjal pada Anak dan Dewasa

Sponsors Link

Infeksi ginjal merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh perkembangbiakan bakteri pada ginjal. Infeksi ginjal ini terjadi jika bakteri dari saluran kemih bawah berhasil naik hingga menginfeksi area ginjal. Walau Infeksi Ginjal Bisa Sembuh Total dengan pengobatan yang tepat, tentunya penyakit ini juga akan menciptakan gejala-gejala yang perlu diwaspadai. Berikut gejala infeksi ginjal pada anak dan dewasa yang perlu diketahui agar bisa segera melakukan pengobatan secepatnya.

ads
  1. Frekuensi buang air kecil bertambah

Orang yang menderita infeksi ginjal atau radang ginjal bisa jadi akan lebih sering buang air kecil. Hal ini disebabkan karena organ ginjal tidak lagi sanggup mengontrol urine, sehingga urine akan bertambah lebih banyak dari kondisi normal.

  1. Rasa sakit saat buang air kecil

Penyebab Infeksi Ginjal adalah bakteri. Sehingga gejala infeksi ginjal lainnya adalah muncul rasa sakit saat buang air kecil. Rasa sakit ini bisa disebakan oleh saluran kemih yang sudah terluka akibat infeksi bakteri yang ada. Rasa sakit ini bisa seperti rasa panas yang membakar saat buang air kecil.

  1. Bau urine yang berbeda

Saat seseorang mengalami infeksi di saluran kemihnya, termasuk ginjal, maka urine bisa jadi akan memiliki bau yang berbeda. Bau ini bisa jadi lebih menyengat, namun baunya tidak seperti urine pada umumnya. Penyebabnya adalah pengolahan urine yang tidak sempurnya.

  1. Rasa nyeri pada punggung

Karena ginjal posisinya ada di area pinggang, bisa jadi saat ginjal terinfeksi akan muncul gejala sakit pada bagian pinggang hingga ke punggung. Gejala ini memang umum terjadi pada penderita penyakit ginjal.

  1. Rasa nyeri pada perut

Selain punggung, bagian perut juga bisa mengalami rasa nyeri yang berkepanjangan. Hal ini disebabkan oleh aktifitas bakteri pada organ ginjal yang akan terus menerus menciptakan rasa sakit, baik di pinggang, punggung, juga menjalar hingga ke perut.

  1. Urine mengandung darah atau nanah

Gejala infeksi ginjal lainnya yang perlu diwaspadai adalah jika kondisi urine sudah bercampur dengan darah atau nanah. Kondisi ini disebut dengan hematuria. Penyebabnya adalah karena infeksi pada ginjal sudah menyebabkan pendarahan dalam sehingga darah akan dikeluarkan bersama dengan urine.

  1. Demam dan menggigil

Seringkali, infeksi bakteri akan menciptakan gejala demam dan menggigil. Demikian pula dengan infeksi bakteri yang terjadi pada ginjal. Gejala yang muncul juga bisa berupa demam dan rasa kedinginan sehingga pendeirtanya akan merasa seperti menggigil.

  1. Penurunan nafsu makan

Selain demam dan menggigil, penurunan nafsu makan juga merupakan gejala penyakit yang kerap kali terjadi pada seseorang. Termasuk Infeksi Ginjal. Seseorang bisa jadi mengalami penurunan nafsu makan karena kondisi tidak nyaman pada tubuhnya.

Sponsors Link

  1. Mual dan muntah

Efek lain dari infeksi ginjal adalah munculnya gejala mual bahkan hingga muntah. Penyebabnya bisa terjadi karena rasa nyeri di perut yang terasa. Selain itu, ginjal yang terinfeksi juga akan kesulitan menyaring nutrisi dari makanan menjadi urine.

  1. Mudah lelah

Penyakit infeksi ginjal juga bisa menyebabkan gejala mudah lelah. Penyebabnya adalah karena limbah pada tubuh yang seharusnya dibuang melalui urine gagal untuk dibuang, sehingga gejala lelah tidak bisa dihindari.

  1. Rentan terserang diare

Diare pada seorang penderita infeksi ginjal juga bisa terjadi. Penyebabnya aalah limbah dan racun yang tidak bisa dinetralisir oleh ginjal, sehingga saluran pencernaan pun akan mudah terkena imbasnya. Salah satunya dengan muncul gejala diare.

Sponsors Link

  1. Rewel

Jika infeksi ginjal terjadi pada anak, maka Ciri Ciri Infeksi Ginjal yang muncul adalah rewel. Rewelnya anak ini disebabkan oleh kondisi tubuhnya yang menjadi sangat tidak nyaman, sehingga anak akan rewel sepanjang hari.

  1. Badan lemas

Gejala infeksi ginjal baik pada orang dewasa maupun pada anak-anak adalah badan menjadi lemas. Lemasnya badan ini dikarenakan kurangnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh karena nafsu makan berkurang dan karena mual serta muntah yang terjadi.

  1. Pertumbuhan tidak normal

Anak-anak yang mengalami infeksi ginjal juga bisa berpengaruh pada pertumbuhannya. Terutama jika infeksi ginjal terjadi pada anak usia 1 atau 2 tahun. Pada masa ini akan terlihat jelas jika pertumbuhan anak terganggu.

  1. Sakit kuning atau Jaundine

Anak yang terkena infeksi ginjal atau Radang Ginjal juga bisa mengalami sakit kuning. Penyebabnya adalah kadar limbah pada tubuh yang kerap kali menjadi lebih banyak, sehingga berpengaruh juga pada organ liver atau hati.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai gejala infeksi ginjal yang terjadi pada anak maupun orang dewasa. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,