Sponsors Link

7 Gejala Ginjal Rusak yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Memiliki ginjal yang sehat dan berfungsi dengan sebagaimana mestinya adalah dambaan semua orang. Dengan ginjal yang sehat tersebut, kita akan terhindar dari berbagai masalah pelik yang dapat menghambat kita dalam menghasilkan karya atau melakukan pekerjaan-pekerjaan yang produktif dan menyenangkan diri kita. Dengan kata lain, memiliki ginjal yang sehat menjaga tubuh kita untuk senantiasa siap diajak untuk produktif atau mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang menghasilkan sesuatu baik untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain. Oleh karena itu, setiap orang yang memiliki ginjal, yang berarti semua orang, sangat perlu mengetahui bagaimana gejala ginjal rusak, sehingga kita dapat mengidentifikasi apakah ada kerusakan dalam ginjal kita dan oleh karena itu kita dapat berobat lebih cepat dan mendapatkan penanganan dari dokter dengan lebih sempurna. Baca juga: Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal

ads

Ginjal memang hanyalah sepasang organ berukuran kecil yang tempatnya pun tersembunyi di balik tubuh kita. Akan tetapi dua organ kecil ini bekerja setiap hari, tanpa kenal lelah, dan terus menerus bekerja tanpa tidur sehingga tubuh kita dapat senantiasa segar dan mampu menghadapi hari esok dalam bekerja, kuliah, sekolah, ataupun melakukan aktivitas-aktivitas lainnya. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban setiap orang agar dapat menjaga kesehatan organ kecil ini. Baca juga: Makanan Sehat untuk Ginjal

Gejala ginjal rusak dapat membantu baik diri kita sendiri ataupun dokter dan orang lain untuk mengetahui apakah ada potensi ginjal kita sedang mengalami kerusakan atau tidak, karena melakukan deteksi dengan menggunakan alat saja tidak akan cukup untuk cepat digunakan untuk mereka yang berada jauh dari pusat teknologi khususnya dalam masalah teknologi medis. Oleh karena itulah sangat penting bagi kita untuk membahas masalah gejala ginjal rusak yang dapat kita amati secara mandiri ataupun dengan menggunakan bantuan peralatan tertentu untuk melihat apakah ginjal kita mengalami kerusakan atau tidak. Baca juga: Cara Mengobati Ginjal Bengkak

Berikut ini adalah beberapa gejala ginjal rusak yang dapat kita amati pada tubuh kita ataupun pada tubuh orang lain sehingga kita dapat mengidentifikasi adanya masalah ginjal lebih awal. Harus disadari bahwa beberapa gejala mungkin tidak serta merta menunjukkan ada masalah pada ginjal, akan tetapi apabila diiringi dengan gejala masalah yang lainnya, maka mau tidak mau kamu harus menganggapnya sebagai indikasi yang cukup serius dan tidak bisa diabaikan begitu saja oleh mereka yang peduli pada kesehatan ginjal sahabat, pasangan, keluarga, bahkan diri sendiri.

Baca juga:

Sudah siap membaca apa saja gejala ginjal rusak yang dapat kita amati sebagai tanda awal bahwa ginjal kita sedang mengalami masalah tertentu?

1. Munculnya rasa nyeri pada bagian punggung yang berada di dekat letak ginjal

Gejala pertama yang dapat menunjukkan bahwa ginjal sedang mengalami masalah tertentu atau bahkan sudah rusak pada beberapa bagiannya adalah terdapatnya rasa nyeri pada bagian punggung yang ada di dekat lokasi tempat ginjalmu berada, yaitu di sekitar sisi pinggir kiri atau kanan pada punggungmu. Nyeri pada bagian tersebut dapat menjadi salah satu tanda-tanda bahwa kamu sedang mengalami gangguan atau masalah pada ginjal bahkan bisa jadi ginjal sudah rusak. Apabila nyeri yang kamu alami pada bagian itu sering terjadi, tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Sponsors Link

2. Tingginya kadar kreatinin dalam darah

Kreatinin adalah zat sisa yang dihasilkan dari proses metabolisme zat kreatin dalam darah. Tingginya kadar kreatinin dapat menjadi salah satu indikator bahwa ginjalmu sedang rusak. Idealnya, kreatinin ikut dibuang atau dimasukkan ke dalam air kencing oleh ginjal kita setelah melakukan filtrasi kreatinin dalam darah, sehingga di dalam tubuh tidak terdapat zat kreatinin dalam jumlah yang tinggi. Adanya kreatinin dalam jumlah yang tinggi merupakan indikasi yang kuat bahwa proses filtrasi yang terjadi pada ginjal berjalan tidak sempurna, yang berarti ginjal dapat mengalami kerusakan tertentu atau besar kemungkinan juga sudah tidak lagi berfungsi dengan baik. Baca juga: Penyebab Radang Ginjal

3. Tingginya kadar BUN

Gejala kerusakan ginjal berikutnya adalah tingginya kadar BUN di dalam darah. BUN atau Blood Urea Nitrogen merupakan sebuah standar ukur yang menunjukkan berapa banyak nitrogen urea yang terkandung di dalam darah. Apabila ginjal manusia berfungsi dengan baik, seharusnya kadar BUN juga akan rendah. Sebaliknya apabila kadar BUN tinggi, maka kemungkinan besar ginjal mengalami kerusakan sehingga tidak dapat melakukan filtrasi terhadap nitrogen urea yang ada di dalam tubuhnya. Untuk dapat mengetahui tingkat BUN dan juga kreatinin, kamu dapat memeriksakan kadar BUN dan kreatinin yang kamu miliki di rumah sakit terdekat yang memiliki peralatan untuk mengukur BUN di dalam tubuhmu.

ads

4. Buang air kecil dengan sering

Gejala ginjal rusak berikutnya adalah meningkatnya intensitas buang air kecil. Buang air kecil yang terlalu sering dapat dianggap sebagai salah satu tanda bahwa ginjal yang ada pada tubuhmu sedang bermasalah. Beberapa hal yang mungkin menjadi salah satu alasan seringnya kita buang air kecil adalah karena adanya sumbatan di dalam saluran kandung kemih atau bisa juga karena proses produksi air kencing yang kurang sempurna, sehingga tubuh kita mendorong kita untuk membuang air kecil dalam jangka waktu yang pendek. Selain itu, bisa pula kita buang air kecil karena filtrasi atau penyaringan air tidak dapat dilakukan dengan sempurna sehingga banyak cairan tubuh yang langsung dianggap zat sisa karena ginjal tidak dapat melakukan filtrasi terhadapnya.

Baca juga:

5. Adanya kandungan protein di dalam air kencing

Tanda-tanda bahwa ginjal kamu rusak berikutnya adalah adanya kandungan protein dalam air kencing. Air kencing yang dihasilkan oleh ginjal yang sehat tidak akan mengandung protein di dalamnya, karena zat tersebut seharusnya di-saring di dalam ginjal. Oleh karena itu apabila terdapat protein di dalam urine yang kamu keluarkan, besar kemungkinan terjadi kerusakan pada ginjalmu sehingga proses filtrasi tidak dapat berjalan dengan sempurna bahkan tidak berjalan sama sekali. Adanya protein dalam urine merupakan salah satu tanda yang jelas bahwa ginjalmu sedang bermasalah alias rusak pada bagian-bagian tertentu. Tentu saja untuk mendeteksi masalah ini kamu perlu memeriksakan diri terlebih dahulu kecuali kamu dapat melakukan tes protein itu sendiri.

6. Muncul rasa sakit saat membuang air kencing

Gejal ginjal rusak berikutnya adalah munculnya rasa sakit saat membuang air kencing. Rasa sakit ini bisa muncul karena urine yang mengandung garam bersentuhan dengan bagian saluran kemih atau saluran ginjal yang terkena iritasi atau radang sehingga membuat diri kita merasakan rasa sakit yang luar biasa saat membuang air kecil.

7. Air kencing berwarna merah atau kecokelatan

Air kencing juga akan berubah warna menjadi kemerahan atau kecokelatan ketika ginjal kita mengalami kerusakan tertentu, utamanya karena luka yang ada di dalam jaringan yang mereka miliki.

Baca juga:

Sponsors Link

Penyebab Ginjal Rusak

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya gejala ginjal rusak atau ginjal rusak itu sendiri. Beberapa penyebab ini tentu berkaitan dengan kondisi ginjal sebelum mengalami kerusakan, gaya hidup, dan lain sebagainya. Beberapa sebab mengapa gejala ginjal rusak dapat muncul atau mengapa ginjal dapat rusak antara lain adalah sebagai berikut.

  • Batu ginjal di dalam saluran kemih
  • Kurang minum air
  • Makan-makanan yang mengandung kadar kalium tinggi
  • Makan-makanan yang mengandung kadar oksalat tinggi
  • Mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri terlalu banyak
  • Refluks
  • Infeksi
  • Serangan bakteri
  • Sering menahan buang air kecil
  • Memakan makanan yang mengandung garam terlalu tinggi
  • Memiliki pola istirahat yang tidak seimbang
  • Sering mengonsumsi suplemen instan
  • Tidak rutin melakukan olahraga

Cara Mengatasi Ginjal Rusak

Sementara itu, tanpa mengetahui bagaimana cara mengatasi ginjal rusak kita tidak akan dapat menghadapi ginjal rusak dengan baik. Oleh karenanya, berikut ini kami cantumkan beberapa cara mengatasi ginjal rusak yang dapat kamu lakukan secara mandiri ataupun dengan bantuan dokter ahli. Berikut ini cara-caranya.

  • Mengonsumsi ramuan kaktus ekor tikus, bunga paruh burung, daun mahkota dewa dan daun penahong
  • Mengonsumsi ginseng asia
  • Mengonsumsi daun peterseli
  • Mengonsumsi madu mahkota dewa, teh racik mahkota dewa, diimbangi dengan teh racik temulawak dan teh racik alang – alang
  • Meminum air rebusan daun sukun
  • Mengonsumsi ramuan bawang putih, jeruk nipis dan bawang bombai
  • Mengonsumsi ramuan rambut jagung, alang – alang dan kumis kucing
  • Menghindari minuman beralkohol
  • Mengonsumsi ramuan daun dadap, daun cocor bebek dan kunyit
  • Mengonsumsi air rebusan daun gempur batu, daun kembang buang dan semanggi hitam
  • Mengonsumsi air rebusan daun alpukat
  • Meminum air rebusan daun sirsak
  • Meminum air rebusan daun keji beling
  • Meminum air rebusan daun binahong

Itulah beberapa gejala ginjal rusak beserta penyebab dan cara mengatasinya. Semoga dengan mengetahui hal ini kamu dapat mengatasi ginjal rusak dengan lebih baik. Selamat merawat ginjalmu!

Baca juga:

Sponsors Link
>
, ,