Sponsors Link

15 Gejala Ginjal Bermasalah Wajib Diketahui

Sponsors Link

Semua orang yang hidup di dunia ini tanpa terkecuali pasti menginginkan tubuh yang sehat agar dapat melakukan aktivitas dengan lancar dan tidak terganggu. Namun sering kali karena kesibukan, pekerjaan, tugas, dan sebagainya, kita kurang memperhatikan keadaan tubuh kita sendiri. Banyak nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan tubuh tak terpenuhi sehingga tubuh mengalami penurunan kinerja, termasuk pada ginjal kita. Terkadang kita menyadari bahwa di bagian ginjal ini ada sesuatu yang menyakitkan, namun karena sakit yang dialami masih ringan, akhirnya memilih mengabaikan, atau menyepelekan. Padahal penting untuk segera mengidentifikasi sakit yang dialami dan mengobatinya agar tidak semakin parah, termasuk dalam gejala ginjal bermasalah yang paling ringan sekalipun.

ads

Salah satu penyakit parah yang indikasi penyakitnya sering dianggap enteng adalah sakit ginjal. Hal ini terjadi karena biasanya gejala yang dialami dianggap tidak terlalu berat dan tubuh masih bisa kita gunakan untuk melakukan aktivitas. Akan tetapi gejala ginjal bermasalah, sekecil apa pun itu, bila hal tersebut dibiarkan terlalu lama, maka gejala – gejala tersebut akan semakin parah, dan pengobatan yang diperlukan pun semakin banyak. Hal ini bukan saja menguras uang, namun juga menghabiskan waktu karena proses pengobatannya. Oleh karena itu, mari kita kenali gejala ginjal bermasalah, agar kamu dapat mengenali adanya masalah pada ginjalmu lebih dini sehingga dapat segera ditangani sebelum bertambah parah.

Baca juga:

Berikut ini beberapa gejala ginjal bermasalah.

1. Gatal yang berlebihan

Ketika ginjal sedang bermasalah, tubuh akan merasa gatal yang berlebihan. Hal ini dikarenakan kotoran atau sisa metabolisme dalam tubuh yang seharusnya dibuang oleh ginjal malah menumpuk. Luka dan pendarahan pun bisa terjadi jika gatal yang berlebihan itu sering digaruk. Tak jarang terjadi pembengkakan di baga=ian tangan, pergelangan tangan, pergelangan kaki dan sekitarnya yang diiringi dengan rasa gatal. Baca juga: Cara Mengobati Ginjal Bengkak

2. Sesak napas

Penderita ginjal bermasalah akan merasakan sesak napas. Hal ini dikarenakan tubuh kekurangan oksigen dan kehabisan nafas yang disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen pembawa sel darah merah. Selain itu juga karena adanya cairan berlebih yang menutupi paru – paru. Baca juga: Makanan Sehat untuk Ginjal

3. Gangguan hormon

Ginjal yang bermasalah menyebabkan hormone tekanan darah meningkat dan produksi hormone EPO menurun (hormone yang memicu produksi oksigen lebih banyak) sehingga oksigen dalam tubuh menjadi sedikit. Hal ini dikarenakan ginjal tidak mampu bekerja untuk memproduksi hormone atau ekstra hormone secara optimal. Dampaknya penderita akan mengalami anemia (kekurangan sel darah merah), mudah lelah, tubuh terasa dingin, kepala pusing, sulit konsentrasi, bahkan sampai mengalami osteoporosis karena kondisi tulang yang rapuh. Baca juga: Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal

4. Sakit di area sekitar pinggang

Rasa sakit di area sekitar punggung, umumnya dirasakan oleh penderita ginjal, lebih tepatnya di area punggung tempat ginjal berada. Awalnya rasa sakit hanya berlangsung sebentar dan sesekali saja, namun lama – kelamaan sakit akan terasa lebih sering dan lebih lama. Baca juga: Penyebab Radang Ginjal

Sponsors Link

5. Perubahan pola buang air kecil

Gejala ini akan dialami penderita ginjal bermasalah dikarenakan urine dihasilkan oleh ginjal, sehingga ketika ginjal bermasalah maka produksi urine jadi ikut terganggu. Hal ini mengakibatkan jumlah urine yang terlalu banyak atau bisa juga terlalu sedikit. Pada beberapa kasus juga urine disertai dengan busa atau darah, buang air kecil terasa panas atau sakit.

Selain lima gejala ginjal bermasalah di atas, ada pula gejala lain yang dapat kamu kenali sebagai berikut:

  1. Tingginya kadar BUN
  2. Tingginya kadar kreatinin dalam darah
  3. Adanya protein di dalam air urine
  4. Tubuh mudah lelah atau capek
  5. Buang air kecil terasa sakit
  6. Adanya rasa nyeri luar biasa di dalam ginjal
  7. Tekanan darah tinggi
  8. Adanya penimbunan cairan di beberapa bagian tubuh
  9. Hilangnya nafsu makan
  10. Adanya kebingungan

ads
Baca juga:

Cara Mencegah Ginjal Bermasalah

Mengetahui gejala ginjal bermasalah tanpa mengetahui bagaimana cara untuk mencegahnya adalah sesuatu yang sia-sia. Oleh karena itu, kamu harus tahu beberapa cara untuk mencegah ginjal bermasalah yang dapat kamu lakukan sejak dari sekarang. Beberapa cara tersebut antara lain adalah:

  1. Berolahraga dengan rutin
  2. Meminum air dengan cukup
  3. Meminum jus lemon atau mengonsumsi jus lemon
  4. Memakan buah apel
  5. Memakan buah manggis
  6. Memakan beri-berian seperti stroberi, bluberi, dan lain sebagianya
  7. Memakan buah ceri secara rutin
  8. Memakan buah delima secara rutin
  9. Mengonsumsi buah anggur
  10. Mengonsumsi ramuan daun binahong

Cara Mengobati Ginjal Bermasalah

Sementara itu, apabila kamu sudah terlanjur mengalami permasalahan ginjal, maka tidak ada cara lain selain melakukan pengobatan terhadap ginjalmu yang sedang bermasalah. Pengobatan ginjal bermasalah sebenarnya tergantung dengan tipe atau jenis masalah yang terjadi pada ginjalmu. Akan tetapi langkah-langkah umum di bawah ini biasanya dapat kamu lakukan tanpa perlu mengetahui apa jenis penyakit ginjalmu. Beberapa mungkin akan mirip dengan bagaimana cara untuk mencegah ginjal bermasalah, karena memang perilaku yang kami sebutkan dapat berperan sebagai tindakan pencegahan, atau tindakan untuk mengobati penyakit ginjal sekaligus. Jadi apa saja cara mengobati ginjal bermasalah itu? Berikut beberapa di antaranya.

Jagalah pola makan dan pola istirahat. Mengalami sakit ginjal atau permasalahan ginjal berarti tubuhmu sedang menderita penyakit yang membutuhkan banyak energi untuk melawannya. Oleh karena itu kamu harus menjaga pola makan dan minum dengan baik serta tidak lupa menjaga istirahatmu.

Periksakan dirimu pada dokter yang ahli. Setelah itu, konsumsi obat yang diresepkan oleh dokter itu dengan rutin. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga pikiran atau mindsetmu agar tetap positif dan jangan putus asa terlebih dahulu. Suatu pepatah mengatakan bahwa jiwa dan tubuh itu saling mempengaruhi, yang berarti apabila pikiranmu terus memikirkan hal yang buruk, bisa jadi keburukan tersebut akan menimpamu. Apakah kamu tahu bahwa pikiran yang buruk benar-benar dapat membuat tubuh menjadi lebih buruk? Oleh karena itu tetaplah menjaga pikiranmu agar tetap positif!

Sponsors Link

Baca juga:

Berhentilah merokok. Rokok adalah salah satu hal yang berkontribusi besar dalam membuat tubuh kita mengalami banyak permasalahan. Entah itu ginjal, paru-paru, jantung, ataupun bagian tubuh yang lain. Oleh karena itu, mulai dari sekarang, cobalah untuk berhenti merokok sehingga ginjalmu yang sedang bermasalah itu dapat perlahan-lahan menyembuhkan dirinya melalui mekanisme alamiah yang ada di dalam tubuh kita.

Mengonsumsi air putih dengan cukup, yaitu sekitar dua liter per hari. Dengan banyaknya air dalam tubuh, maka tubuh akan terhidrasi dan hal itu membantu ginjal untuk bekerja membuang racun tubuh. Akan tetapi meminum air terlalu banyak tidak akan memberikan pengaruh apa-apa untuk kesehatan ginjalmu. Dengan demikian, yang perlu kamu lakukan hanyalah meminum air dengan cukup sesuai dengan kadar yang disebutkan di atas.

Jangan pernah menahan-nahan buang air kecil agar kandung kemih tidak kepenuhan dan proses filtrasi ginjal tidak terganggu. Menahan buang air kecil malah akan membuat fungsi otot kemaluanmu melemah serta berbahaya terhadap kemampuan kandung kemih. Oleh karena itu jangan pernah menahan buang air kecil apabila kamu sudah merasa ingin kencing.

Cobalah untuk melakukan pengobatan secara tradisional ataupun herbal. Beberapa jenis pengobatan herbal mungkin dapat membantumu. Misalnya, meminum air rebusan daun sirsak yang sudah dingin. Namun daun sirsak juga memiliki efek yang berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan, yaitu dapat menyerang lambung, hati, sistem pencernaan, dan lainnya, sehingga disarankan untuk mengonsumsi secukupnya saja. Kamu juga bisa meminum air rebusan daun binahong sebanyak 2-3 kali sehari, meminum air rebusan daun sukun, meminum air rebusan daun keji beling sebanyak 2 kali sehari secara rutin dan meminum campuran bawang putih dan perasan air jeruk nipis yang di blender, dan konsumsi sebanyak 2 kali sehari secara rutin. Namun disarankan untuk tidak menggunakan bawang putih terlalu banyak.

Itulah beberapa tanda ginjal bermasalah beserta cara mencegah dan mengobati yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi ginjal bermasalah agar tidak bertambah parah. Semoga cara ini dapat bermanfaat!

Baca juga:

Sponsors Link
>
, , ,