Sponsors Link

10 Gejala Gagal Ginjal pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Gagal ginjal merupakan sebuah penyakit yang bisa menyebabkan kerusakan ginjal secara permanen. Oleh karena itulah gagal ginjal ini perlu untuk dicegah dan diobati dengan sebaik-baiknya. Gagal ginjal bisa terjadi kepada siapa saja. Gagal ginjal juga tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja. Lebih dari itu, anak-anak pun bisa terserang penyakit ini. Penyebab Gagal Ginjal pada Anak bisa bremacam-macam. Misalnya pada anak usia balita, gagal ginjal bisa terjadi karena faktor keturunan. Sedangkan pada anak di atas 5 tahun hingga remaja, gagal ginjal bisa terjadi kaerna penyakit sistemik atau Syndrome Nefrotik.

ads

Namun sayangnya tidak banyak orang tua yang menyadari bahwa ginjal anak bermasalah. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa gejala gagal ginjal pada anak yang perlu dikenali dan diwaspadai oleh orang tua.

  1. Pembengkakan di beberapa bagian tubuh

Salah satu gejala dari gagal ginjal pada orang dewasa yang mudah dikenali adalah terjadi pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Misalnya kaki, kantung mata, dan juga tangan. Ternyata gejala tersebut juga akan nampak sebagai gejala gagal ginjal pada anak. Maka dari itu, jika anak menunjukkan gejala ini, orang tua harap segera waspada. Gejala ini disebabkan karena gangguan pada organ ginjal sehingga ginjal tidak bisa lagi mengendalikan cairan di dalam tubuh.

  1. Kehilangan nafsu makan

Berbagai penyakit mungkin akan menunjukkan gejala ini, termasuk gagal ginjal. Anak-anak yang terserang gagal ginjal pun akan mengalami gejala tersebut. Hilannya nafsu makan pada anak yang menderita gagal ginjal ini bisa disebabkan oleh bau mulut atau rasa mulut yang seperti logam. Jika anak mengalami penurunan nafsu makan yang drastis, ada baiknya ibu atau orang tua segera menanyakan pada mereka apa penyebabnya. Jika mereka mengeluh rasa mulut pahit atau berasa logam, maka itu bisa jadi adalah gejala gagal ginjal.

  1. Perubahan warna urine

Selain kedua gejala di atas, salah satu gejala gagal ginjal yang paling mudah dikenali adalah dengan memperhatikan kondisi urine. Hal ini dikarenakan ginjal adalah organ yang bekerja untuk menghasilkan urine. Sehingga jika urine bermasalah, ginjal juga bisa jadi bermasalah. Urine pada anak yang menderita gagal ginjal bisa menjadi lebih pekat, atau berubah warna menjadi lebih merah. Inilah yang juga dikenal dengan istilah Hematuria.

  1. Frekuensi buang air kecil tidak normal

Gejala gagal ginjal pada anak lainnya adalah frekuensi buang air kecil yang tidak normal. Anak-anak bisa menjadi lebih sering buang air kecil, atau bahkan justru jarang sekali buang air kecil. Hal ini juga dipengaruhi oleh kinerja ginjal yang terganggu. Maka dari itu, ibu dan orang tua juga perlu memantau seberapa sering anak akan mengalami buang air kecil. Jika frekuensi buang air kecil pada anak tidak normal, segera lakukan pemeriksaan untuk mencegah gejala gagal ginjal yang lebih parah.

  1. Sulit berkonsentrasi

Anak yang menderita gagal ginjal juga akan lebih sulit untuk berkonsentrasi. Gejala ini juga kerapkali terjadi pada orang dewasa. Bahkan anak yang sulit berkonsentrasi ini bisa jadi memiliki prestasi yang buruk di sekolah.

Sponsors Link

  1. Tekanan darah tinggi

Memang selalu ada Hubungan Gagal Ginjal dan Hipertensi. Hal ini dikarenakan ginjal juga merupakan organ tubuh yang berperan dalam pengendalian tekanan darah. Jika anak mengalami gagal ginjal, maka bisa jadi gejala gagal ginjal pada anak yang muncul adalah tekanan darahnya yang menjadi lebih tinggi.

  1. Mudah pusing

Anak yang sering mengeluhkan pusing sebaiknya jangan diremehkan. Hal ini dikarenakan mudah pusing bisa menjadi gejala dari penyakit tertentu. Salah satunya adalah gagal ginjal ini. Mudah pusing pada anak yang gagal ginjal bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau tingginya kadar limbah pada darah.

  1. Mual dan muntah

Anak yang mengalami mual dan muntah secara sering juga bisa menjadi sebuah indikasi bahwa dia terserang gagal ginjal. Mual dan muntah ini bisa berhubungan dengan penurunan nafsu makan atau rasa mulut yang tidak nyaman, sehingga anak akan lebih sering merasa tidak nyaman pada perutnya.

Sponsors Link

  1. Pertumbuhan lambat

Gagal ginjal pada anak juga bisa menyebabkan pertumbuhan anak lebih lambat jika dibandingkan dengan anak sebaya yang normal. Ada baiknya ibu memperhatikan pertumbuhan anak sendiri, apakah pertumbuhannya terbilang normal atau tidak.

  1. Sering kelelahan

Sering kelelahan dan mudah lesu juga bisa menjadi gejala dari Gagal Ginjal Kronis pada anak. Anak dalam masa pertumbuhan biasanya sangat aktif dan suka melakukan aktivitas. Malah anak-anak sering terlihat tidak memiliki rasa lelah sedikitpun. Namun hal ini tidak akan terlihat pada anak yang menderita gagal ginjal.

Demikianlah beberapa gejala gagal ginjal pada anak yang perlu diwaspadai. Jika gejala di atas terjadi pada anak Anda, jangan menunda-nunda lagi untuk melakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,