Sponsors Link

15 Gejala Gagal Ginjal Kronik yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Gagal ginjal kronik atau gagal ginjal kronis merupakan penyakit gagal ginjal yang berlangsung secara bertahap dan jangka panjang. Berbeda dengan gagal ginjal akut yang terjadi secara tiba-tiba, Gagal Ginjal Kronis ini terjadi karena pemicu yang jangka panjang juga, misalnya seseorang yang memiliki riwayat diabetes atau hipertensi. Adapun gejala gagal ginjal kronik adalah sebagai berikut.

ads
  1. Sering ingin buang air kecil

Salah satu gejala dari gagal ginjal kronik adalah penderitanya yang lebih sering ingin buang air kecil. Rasa ingin buang air kecil ini akan meningkat di malam hari. Namun volume urine yang dikeluarkan bisa jadi tidak banyak atau sedikit-sedikit.

  1. Kulit gatal

Gejala kedua adalah kulit sering terasa gatal. Gatalnya kulit ini terjadi karena penumpukan limbah di dalam darah yang tidak bisa disaring dengan baik oleh ginjal. Hal ini bisa menyebabkan darah menjadi kotor dan menyebabkan efek gatal di kulit.

  1. Perubahan pada urine

Urine seorang penderita gagal Ginjal Kronis juga bisa jadi berbeda dengan urine manusia normal. Bisa jadi gejala gagal ginjal kronik adalah munculnya darah pada urine, atau urine yang memiliki bau berbeda dari biasanya. Hal ini dikarenakan kandungan pada urine tidak normal karena gagalnya ginjal bekerja secara maksimal.

  1. Kram otot dan kejang otot

Sama halnya dengan kulit sering terasa gatal, kram otot atau kejang otot juga bisa jadi sering terjadi sebagai gejala yang muncul pada penderita gagal ginjal kronik. Penyebabnya juga sama, yaitu karena darah terlalu kotor dan mengandung limbah berlebihan.

  1. Kehilangan berat badan

Seorang penderita gagal ginjal juga akan terlihat lebih kurus karena kehilangan berat badan. Kondisi kronis yang terjadi memang seringkali menyebabkan nutrisi makanan tidak bisa beredar dengan baik di dalam tubuh sehingga menyebabkan seseorang menjadi lebih kurus.

  1. Kehilangan nafsu makan

Gejala Gagal Ginjal pada Anak maupun dewasa adalah kehilangan nafsu makan. Nafsu makan penderita gagal ginjal kronik akan berkurang seiring berjalannya waktu. Hal ini dikarenakan penderita akan merasakan mulutnya terasa aneh seperti rasa logam. Sehingga penderita tidak akan nyaman dalam mengonsumsi makanan.

  1. Sering cegukan

Jika Anda sangat sering mengalami cegukan, bahkan cegukan tidak berhenti walau sudah melakukan berbagai cara, maka bisa jadi ini adalah gejala gagal ginjal kronik. Penyebabnya adalah kadar urea pada darah yang meningkat, sehingga mempengaruhi area pernafasan seseorang.

  1. Kelelahan atau merasa lemah

Seseorang yang menderita gagal ginjal kronik juga bisa jadi akan lebih sering merasa lelah atau lemah. Hal ini dikarenakan sistem metabolisme yang terjadi dengan darah yang tidak bersih, sehingga mengganggu kenyamanan dan efeknya bisa memberikan rasa lelah.

Sponsors Link

  1. Kehilangan konsentrasi

Darah juga dibutuhkan oleh otak. Jika darah yang mengalir ke otak adalah darah kotor, maka bagian otak pun juga akan terkena imbasnya. Efeknya bisa membuat penderitanya sering kehilangan konsentrasi atau terlihat linglung.

  1. Tekanan darah yang sulit dikendalikan

Gejala gagal ginjal kronik lainnya adalah tekanan darah yang tidak terkendali. Memang ada Hubungan Gagal Ginjal dan Hipertensi, karena ginjal juga berhubungan langsung dengan darah dan tekanan darah. Jika ginjal rusak, maka tekanan darah juga tidak akan stabil.

Sponsors Link

  1. Pembengkakan

Gejala lainnya adalah muncul pembengkakan yang dikarenakan penumpukan cairan pada tubuh. Pembengkakan bisa terjadi di kaki, tangan, dan bagian lain seperti kantung mata.

  1. Nyeri pada dada

Jika kasusnya sudah parah, bisa jadi cairan tadi juga akan menumpuk pada organ jantung dan paru-paru. Efeknya bisa menyebabkan rasa nyeri pada dada.

  1. Sesak napas

Selain nyeri pada dada, jika cairan tersebut menumpuk pada paru-paru, maka sistem pernafasan akan terganggu. Akibatnya bisa jadi penderitanya mengalami sesak nafas.

  1. Mual dan muntah

Salah satu Tanda Awal Gagal Ginjal adalah sering mual dan bahkan muntah. Gejala mual dan muntah juga bisa terjadi dan berkaitan dengan rasa logam yang diderita. Selain tidak nafsu makan, mual dan muntah juga bisa terjadi secara sering ataupun jarang, tergantung kondisi tubuh penderita itu sendiri.

  1. Gangguan tidur

Gangguan tidur atau insomnia terjadi pada penderita gagal ginjal kronik karena rasa tidak nyaman yang dirasakannya dan juga rasa sering ingin buang air kecil di malam hari.

Demikianlah beberapa gejala gagal ginjal kronik yang perlu diketahui untuk waspada dan deteksi dini. Jika sebagian besar gejala di atas terjadi pada Anda, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,