Sponsors Link

Gejala dan Tanda Kanker Ginjal Stadium Awal Hingga Akhir

Sponsors Link

Kanker ginjal merupakan jenis kanker yang pertumbuhan dan penyebaran di dalam tubuh manusia akan berlangsung dengan cepat sehingga sangat fatal akibatnya apabila diagnosis terlambat dilakukan. Hal yang menjadi sangat mengkhawatirkan adalah tentang gejala dan tanda kanker ginjal yang biasanya tidak terlihat dari stadium awal sehingga ciri cirinya juga sangat sulit dikenali agar diagnosis bisa dilakukan dengan benar. Kanker ginjal ini akan dirasakan penderita ketika gejala dan tanda sudah sampai di tahap menengah serta lanjut. Di stadium lanjut, penderita kanker ginjal akan mengalami nyeri dan pembengkakan di area pinggang. Namun sebenarnya, masih ada beberapa gejala dan tanda kanker ginjal dari stadium awal hingga akhir yang bisa dikenali dan harus diwaspadai sedini mungkin seperti ulasan dari kami berikut ini.

ads
  1. Warna Urine Berubah

Warna urin atau air kencing normal biasanya berwarna bening jika minum air putih dilakukan dengan teratur. Sedangkan warna urine yang berwarna kekuningan adalah tanda jika tubuh mengalami dehidrasi. Untuk penderita kanker ginjal, maka perubahan warna urine juga akan terjadi yakni urine berwarna merah atau agak kecoklatan yang disebabkan karena urine sudah bercampur dengan darah atau disebut dengan hematuria.

  1. Sakit Punggung

Sakit seperti tekanan pada punggung juga bisa dijadikan gejala dan tanda kanker ginjal. Akan tetapi ini umumnya terjadi ketika massa tumor sudah semakin besar dan menekan jaringan lain yang ada di sekitar organ ginjal. Penderita biasanya baru menyadari penyebab kanker ginjal tersebut pada saat melakukan CT scan atau MRI karena mengeluh tentang sakit punggung atau perut.

  1. Nafsu Makan Menurun atau Hilang

Hilangnya nafsu makan yang diikuti dengan penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas seperti tidak sedang melakukan diet juga umumnya menjadi pertanda penyakit kronis seperti diabetes, kanker, tuberkulosis, ciri ciri kanker ginjal, paru paru dan lain sebagainya. Untuk itu jika hal ini terjadi pada diri anda ditambah dengan beberapa gejala gangguan ginjal lain, maka sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter untuk deteksi gejala kanker ginjal sejak dini sebelum terlambat.

  1. Demam atau Suhu Tubuh Meningkat

Demam pada penderita kanker ginjal atau kanker kandung kemih umumnya akan terjadi sesudah gejala nafsu makan menurun dan penurunan berat badan terjadi. Tubuh yang mengalami kekurangan nutrisi dan cairan akan membuat penderita semakin mudah terserang infeksi dan demam akhirnya terjadi.

  1. Kelelahan Ekstrim

Perasaan kelelahan,lemas dan juga lesu pada tubuh umumnya terjadi sesudah nafsu makan mulai berkurang akibat gangguan ginjal. Tubuh nantinya akan semakin lemas karena tidak terisi dengan makanan serta minuman dalam jumlah mencukupi. Apabila kelelahan ini juga diikuti dengan nyeri pada punggung sampai urine bercampur darah, maka segera periksakan diri anda ke dokter secepatnya.

Tanda dan Gejala Kanker Ginjal Lain

Selain beberapa gejala dan tanda kanker ginjal dari stadium awal sampai akhir yang sudah kami jelaskan diatas, masih ada beberapa ciri ciri ginjal bermasalah yang patut anda waspadai, seperti: 

Sponsors Link

  • Berkeringat ketika malam hari
  • Kurang darah atau anemia
  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi
  • Terjadi pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar testis apabila kanker ginjal dialami oleh pria.
  • Bengkak pada pergelangan kaki atau kaki.
  • Sesak napas, batuk berdarah dan sakit tulang ketika kanker ginjal telah menyebar ke area tubuh lainnya.

Stadium Kanker Ginjal

Ketika dokter mendiagnosis kanker ginjal, maka anda juga harus mengetahui dengan pasti tentang stadium kanker ginjal yang anda alami agar pengobatan terbaik dan sesuai bisa diberikan. Penentuan stadium ini akan dilakukan atas dasar ukuran dari tumor ginjal dan apakah sudah sampai menyerang organ lainnya. Berikut penjelasan tentang stadium kanker ginjal selengkapnya. 

Sponsors Link

  • Stadium 1: Tumor berukuran 3 inci hingga 7 sentimeter atau seukuran kurang dari bola tenis dan hanya terjadi pada ginjal.
  • Stadium 2: Ukuran tumor sudah lebih besar dari bola tenis seperti kista ginjal dan masih hanya terjadi di organ ginjal.
  • Stadium 3: Tumor yang terjadi bisa beragam dan sudah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat atau sudah tumbuh dari ginjal dan sampai ke pembuluh darah terdekat.
  • Stadium 4: Tumor sudah tumbuh lewat dari lapisan jaringan lemak dan lapisan luar jaringan fibrosa yang mengelilingi ginjal. Ini juga bisa terjadi ketika sel kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat seperti hati, tulang, paru paru atau jaringan lain sehingga obat kanker ginjal stadium 4 sangat dibutuhkan.

Sponsors Link
>
, , , ,