Sponsors Link

8 Gejala Batu Ginjal Pada Wanita Wajib Diketahui

Sponsors Link

Semua manusia pasti mendambakan tubuh dan jiwa yang kuat dan sehat. Tidak hanya pada aspek psikis saja, aspek fisik juga penting untuk diperhatikan. Salah satu bagian fisik manusia yang harus dijaga kesehatannya adalah ginjal. Walaupun ginjal hanya memiliki ukuran yang kecil, akan tetapi fungsinya sangat penting dan tidak bisa tergantikan oleh organ tubuh yang lain. Tanpa ginjal yang sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya akan ada banyak masalah yang dapat dialami oleh tubuh kita. Hampir semua orang, oleh karenanya ingin mencari tahu apa saja ciri-ciri ketika ginjal mereka mulai bermasalah sejak dini, termasuk di antaranya mengetahui gejala batu ginjal pada wanita.

ads

Sebagaimana yang telah kita singgung di atas, oleh karena itu ginjal membutuhkan perhatian dan perawatan yang khusus agar fungsi kerjanya tetap berjalan baik sebagaimana yang diperlukan oleh organ-organ tubuh yang lain. Apabila fungsi kerja organ ginjal mengalami gangguan maka akibatnya juga akan berdampak pada organ tubuh lainnya, oleh karena itu semua orang harus mengetahui apa saja gejala-gejala penyakit ginjal sejak dini agar lebih waspada, baik itu penyakit batu ginjal, penyakit ginjal bocor ataupun penyakit ginjal yang lain. Baca juga: Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal

Sebelum beranjak membahas gejala batu ginjal pada wanita secara spesifik, ada baiknya kita memahami penyakit ginjal terlebih dahulu. Secara umum, penyakit ginjal dapat disebabkan karena pola makan menjadi tidak teratur, faktor keturunan yang berarti apabila ada salah satu orang tua yang memiliki penyakit ginjal maka anaknya memiliki risiko 6 kali lebih tinggi untuk menderita penyakit yang sama, kurangnya konsumsi air putih, jarang buang air kecil atau sering ditahan, banyak memakan dan meminum makanan atau minuman yang mengandung bahan pengawet atau kimia yang berbahaya, serta karena pengaruh lingkungan di sekitar tempat tinggal dan tempat bekerja yang tidak tidak mendukung untuk menjaga kesehatan ginjal. Baca juga: Makanan Sehat untuk Ginjal

Sementara itu, pada umumnya batu ginjal terbentuk dari mineral dan asam garam, seperti oksalat dan lain sebagainya. Biasanya batu ginjal terbentuk sebagai akibat dari adanya pengendapan urine di dalam saluran kemih. Ketika urine tersebut mengendap, maka terjadi konsentrasi urine pada titik tertentu. Setelah itu, mineral-mineral yang ada di dalam urine berkumpul menjadi satu, mengkristal dan menggumpal sehingga dapat berubah menjadi sebuah zat padat yang berbentuk seperti batu. Baca juga: Cara Mengobati Ginjal Bengkak

Untuk mengetahui apakah batu ginjal di derita oleh nenek, orang tua, istri atau anak perempuan Anda, maka gejala batu ginjal pada wanita di bawah ini mungkin dapat membantu untuk mengantisipasi penyakit ginjal sejak dini. Berikut ini beberapa gejala batu ginjal pada wanita yang dapat menjadi tanda bahwa kemungkinan besar sedang ada batu ginjal di antara saluran kemih atau mungkin ginjal itu sendiri.

Baca juga:

1. Tingginya suhu badan

Gejala pertama yang muncul ketika seorang menderita batu ginjal adalah meningkatnya suhu tubuh. Setiap orang yang menderita penyakit batu ginjal dan sudah mengalami infeksi pada ginjal atau saluran kemih lainnya akan mengalami peningkatan suhu badan sebagai tanda tubuh sedang melawan infeksi. Oleh karena itu apabila teman, keluarga, atau pasangan Anda mengalami kenaikan suhu badan yang serius, sebaiknya segera diperiksa apakah ada infeksi atau hanya sekadar demam biasa.

2. Meningkatnya intensitas buang air kecil

Adanya batu ginjal di dalam saluran kemih dapat menghambat aliran air urine yang perlu dikeluarkan dari dalam tubuh melalui saluran kemih dan uretra. Oleh karena itu ketika menderita batu ginjal, tubuh kita akan mendorong kita untuk sering melakukan kencing sebagai bentuk respons terhadap banyaknya air urine yang masih terkumpul di dalam saluran kandung kemih akibat tidak sempurnanya kencing yang kita lakukan sebelumnya karena terdapat sumbatan pada saluran kemih. Oleh karena itu apabila pasangan, nenek, atau orang tua Anda dan mungkin teman-teman perempuan Anda sering buang air kecil, dan diiringi dengan gejala-gejala yang lain seperti rasa nyeri saat buang air kecil, urine berwarna merah dan lain sebagainya, besar kemungkinan kamu menderita batu ginjal.

Sponsors Link

3. Mengalami kesulitan saat buang air kecil

Adanya batu ginjal dapat menghambat aliran air urine yang perlu dikeluarkan dari dalam tubuh. Oleh karena itu, ketika terdapat batu ginjal di dalam saluran kemih atau di dalam ginjal seseorang akan kesulitan saat buang air kecil. Kesulitan yang kita maksud di sini bisa berarti sulit mengeluarkan air urine, air urine keluar sedikit-sedikit, dan lain sebagainya. Apabila terjadi kesulitan mengeluarkan air urine dan terasa sakit saat mengeluarkannya, besar kemungkinan terdapat batu ginjal di saluran kandung kemih seseorang. Oleh karena itu segera periksakan apabila seseorang mengalami kesulitan saat buang air kecil dan mengalami sakit saat buang air kecil. Baca juga: Penyebab Radang Ginjal

4. Bau urine memburuk

Urine yang dikeluarkan oleh orang yang menderita batu ginjal akan berbau sangat buruk, lebih buruk daripada bau pesing yang biasa terdapat pada air kencing biasa. Hal itu disebabkan karena adanya iritasi dan berbagai campuran yang terjadi selama di dalam kandung kemih yang dapat mengubah bau urine menjadi sangat busuk. Pada wanita yang menderita batu ginjal, bau urine besar kemungkinan akan berubah menjadi lebih buruk.

ads

5. Urine berubah menjadi kecokelatan atau kemerahan

Saat orang memiliki ginjal yang berfungsi dengan normal tanpa ada gangguan tertentu, warna air urine biasanya cenderung kuning, atau putih apabila yang dikeluarkan adalah air yang berlebihan di dalam tubuh. Akan tetapi apabila terdapat batu ginjal di dalam saluran kemih atau di dalam ginjal itu sendiri, maka warna urine bisa jadi berubah menjadi cokelat atau merah. Hal itu disebabkan karena adanya darah di dalam tubuh yang ikut tercampur dengan urine. Pencampuran warna ini bisa terjadi atau terbentuk di dalam ginjal dan kemudian mengalir melalui saluran kemih. Kondisi ini disebut juga dengan kondisi hematuria.

Baca juga:

6. Terdapatnya rasa nyeri yang parah pada sisi tubuh atau punggung di bawah pinggul

Gejala batu ginjal pada wanita berikutnya adalah terdapatnya rasa nyeri yang parah pada sisi tubuh atau punggung di bawah pinggul. Rasa nyeri yang parah ini muncul akibat adanya infeksi di dalam ginjal yang berada di sekitar lokasi tersebut. Sumber rasa nyeri ini biasanya pada ginjal yang sedang sakit itu sendiri. Apabila ada rasa nyeri yang parah dan lama terjadi pada sekitar area sisi tubuh atau punggung di bawah pinggul, lebih baik segera diperiksakan ke dokter terdekat karena kemungkinan batu ginjal cukup tinggi.

7. Mual dan muntah

Adanya infeksi pada ginjal karena batu ginjal juga dapat mendorong seorang wanita untuk mengalami keadaan-keadaan tertentu yang mungkin umum dilakukan ketika mereka tidak mengalami penyakit batu ginjal, seperti misalnya mual dan muntah-muntah. Oleh karena itu, sebaiknya harus senantiasa waspada apabila mual dan muntah tersebut terjadi diiringi dengan gejala lain seperti sakit pada punggung dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan karena besar kemungkinan mual dan muntah tersebut adalah karena adanya usaha tubuh untuk mengeluarkan zat-zat tertentu yang dapat memperparah infeksi batu ginjal atau karena respons tubuh yang keliru akibat adanya infeksi batu ginjal. Dengan kata lain, segera periksakan keluarga atau kawan perempuanmu apabila gejala mual dan muntah kerap terjadi diiringi dengan gejala lainnya.

Baca juga:

8. Nyeri buang air kecil

Gejala penyakit batu ginjal pada wanita berikutnya adalah adanya rasa nyeri yang muncul ketika mereka kencing. Rasa nyeri ini muncul lantaran air urine yang mengalir pada saluran kandung kemih mengandung garam. Garam tersebut dapat menyentuh bagian dalam tubuh di area saluran kandung kemih atau ginjal yang sobek atau terluka akibat adanya endapan batu ginjal di dalam saluran tersebut sehingga yang muncul adalah rasa nyeri. Oleh karena itu ketika kencing rasa sakit seperti nyeri atau perih yang hebat akan sangat terasa dan mungkin terjadi terus meskipun batu ginjal telah dikeluarkan, karena penyembuhan sel di dalam tubuh masih belum selesai. Memakan protein yang baik dan ramah untuk tubuh serta tidak memicu munculnya batu ginjal dapat menjadi alternatif untuk meredakan dan mempercepat penyembuhan terhadap rasa nyeri ini.

Sponsors Link

Itulah beberapa gejala batu ginjal pada wanita yang wajib untuk diperhatikan.

Akan tetapi kurang lengkap rasanya apabila kita hanya membahas tentang gejala batu ginjal saja tanpa memahami bagaimana cara untuk mengatasi penyakit tersebut secara sempurna. Oleh karena itu, selain mengetahui ciri-ciri atau gejala batu ginjal, kita juga perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi batu ginjal tersebut. Oleh karena itu berikut ini beberapa ringkasan cara mengatasi batu ginjal dan gejalanya pada wanita.

  1. Mengonsumsi daun tempuyung
  2. Mengonsumsi daun dadap
  3. Mengonsumsi daun gempur batu
  4. Mengonsumsi daun alpukat
  5. Mengonsumsi buah manggis
  6. Meminum jus lemon segar
  7. Mengonsumsi minyak zaitun
  8. Mengonsumsi cuka apel
  9. Mengonsumsi uva ursi
  10. Mengonsumsi akar dandelion
  11. Meminum teh horsetail
  12. Mengonsumsi seledri
  13. Mengonsumsi teh basil
  14. Mengonsumsi keji keling
  15. Mengonsumsi kumis kucing
  16. Mengonsumsi buah mengkudu

Itulah beberapa cara untuk mengatasi gejala batu ginjal dan sekaligus mengobati batu ginjal yang terjadi pada wanita. Sebenarnya secara umum baik pria ataupun wanita dapat ditangani dan dapat memiliki ciri-ciri yang sama ketika mereka terkena batu ginjal. Selain menangani secara mandiri, lebih baik kamu juga selalu berkonsultasi dengan dokter sehingga diketahui apa saja yang perlu dilakukan ketika kamu sedang mengalami batu ginjal. Penanganan yang tepat pasti akan membawa kesembuhan untukmu.

Selamat merawat kesehatan ginjalmu!

Baca juga:

Sponsors Link
>
, , ,