Sponsors Link

20 Gejala Awal Penyakit Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Penyakit ginjal adalah salah satu penyakit yang bisa menyerang organ sekresi sehingga menciptakan ketidaknormalan metabolisme tubuh. Ginjal itu sendiri adalah organ yang mengatur sistem sekresi untuk menyaring limbah dari darah melalui air kencing. Selain itu, ginjal juga berperan dalam fungsi mengatur kadar cairan di dalam tubuh, termasuk mempengaruhi juga terhadap produksi sel darah merah dan juga hormon tertentu. Jika ginjal terganggu, maka biasanya akan ada gejala awal penyakit ginjal yang perlu diwaspadai. Gejala awal ini perlu diketahui untuk bisa segera memeriksakan diri ke dokter. Berikut beberapa Gejala Ginjal Rusak yang dimaksud.

ads
  1. Sulit konsentrasi

Kesulitan untuk berkonsentrasi bisa juga terpengaruh dari adanya gangguan pada ginjal. Walau tidak semua orang yang mengalami penurunan konsentrasi ini disebabkan oleh ginjal, namun ginjal bisa menciptakan kondisi ini jika mengalami gangguan. Hal ini dipicu karena ketidaknormalan sistem metabolisme tubuh, termasuk bertambahnya limbah pada darah, termasuk darah yang menuju otak. Sehingga menyebabkan otak mengalami penurunan fungsi.

  1. Sulit tidur

Selain mengalami penurunan konsentrasi, gejala awal penyakit ginjal lainnya adalah penderita sering mengalami kesulitan untuk tidur. Penyakit ginjal ini bisa menyebabkan limbah pada darah bertumpuk, sehingga tubuh akan lebih sulit untuk nyaman, termasuk dalam istirahat setiap harinya. Maka dari itu, insomnia bisa terjadi.

  1. Kulit kering

Penyakit ginjal yang menyebabkan limbah bertambah pada aliran darah juga menyebabkan penurunan mineral di dalam darah. Darah tersebut tetap beredar ke seluruh tubuh. Akibatnya, efeknya bisa terlihat pada kondisi kulit yang kurang mineral, yaitu kulit menjadi kering dan tidak lembab seperti biasanya.

  1. Kulit gatal

Selain kering, kulit juga bisa menjadi gatal-gatal. Hal ini dikarenakan kandungan limbah yang menumpuk pada darah menyebabkan rasa gatal di sepanjang pembuluh darah yang kotor, sehingga kulit juga terkena imbasnya.

  1. Lebih sering buang air kecil

Seperti yang diketahui bersama, ginjal berhubungan langsung dengan urine. Jika ginjal mengalami gangguan dan filter ginjal terserang, maka dorongan untuk buang air kecil bisa meningkat, terutama di malam hari. Kondisi ini juga bisa terjadi jika kandung kemih terkena infeksi.

  1. Urine berbusa

Gejala awal penyakit ginjal lainnya adalah jika urine berubah, salah satunya jika urine menjadi berbusa atau berbuih. Buih pada urine ini bisa terjadi karena urine menjadi penuh dengan unsur protein. Hal ini disebabkan oleh ginjal yang tidak lagi bisa menyaring darah dengan cara yang normal.

Sponsors Link

  1. Warna urine keruh

Perubahan lainnya pada urine adalah warnanya yang menjadi lebih keruh. Keruhnya urnine ini juga disebabkan karena urine memiliki kandungan yang berbeda dari urine pada manusia normal. Selain itu biasanya bau urine juga lebih pekat.

  1. Urine berdarah

Jika ginjal memiliki gangguan yang menyebabkan pendarahan dalam, maka bisa jadi urine yang keluar akan berwarna gelap karena sudah bercampur dengan darah. Oleh karena itu, jika urine berdarah, maka segera periksakan ke dokter untuk segera mendapatkan pertolongan. Biasanya urine berdarah ini adalah Gejala Radang Ginjal yang sudah menyebabkan pendarahan pada ginjal.

  1. Sulit buang air kecil

Selain lebih sering buang air kecil di malam hari, gejala penyakit ginjal juga bisa sebaliknya, yaitu sulit buang air kecil. Kesulitan buang air kecil ini biasanya terjadi pada penderita yang menunjukkan Tanda Tanda Batu Ginjal. Biasanya ada rasa sakit saat buang air dan volumenya juga berkurang.

ads
  1. Bengkak di kantung mata

Ginjal berfungsi untuk mengatur jumlah cairan di dalam tubuh. Jika ginjal mengalami gangguan, maka ginjal akan kesulitan mengatur cairan tersebut. Akibatnya, sejumlah organ tubuh akan mengalami pembengkakan dikarenakan banyaknya cairan yang ada. Salah satunya adalah bagian bawah mata.

  1. Bengkak di kaki

Selain mata, bagian tubuh lainnya yang lebih sering mengalami pembengkakan adalah bagian kaki. Penyebabnya juga sama, yaitu karena cairan di dalam tubuh tidak bisa diatur secara normal seperti biasanya, sehingga penumpukan cairan di kaki tidak bisa dihindarkan.

  1. Bau mulut

Gejala awal lainnya pada penderita penyakit ginjal adalah bau mulut. Bau mulut ini sendiri terjadi karena penumpukan limbah pada aliran darah. Bau mulut ini terjadi dengan mulut akan berasa logam dan sangat tidak nyaman.

  1. Penurunan nafsu makan

Karena mulut sangat tidak nyaman, dan karena tubuh juga mengalami gangguan metabolisme, seringkali penderita penyakit ginjal akan mengalami penurunan nafsu makan. Bahkan untuk makanan favoritnya, dia tidak akan berselera untuk makan.

  1. Mual

Penurunan nafsu makan serta gejala bau mulut akan berpengaruh pada sistem pencernaannya. Penderita mungkin akan merasa mual-mual dan rasa tidak nyaman pada perutnya.

  1. Muntah

Selain mual, bisa jadi penderita ginjal akan menunjukkan gejala awal berupa muntah-muntah. Hal ini cukup berbahaya karena penderita bisa semakin mengalami penurunan daya tahan tubuh dan juga dehidrasi.

  1. Mengalami kram otot

Gejala awal penyakit ginjal lainnya adalah munculnya kram otot. Kram otot ini sendiri disebabkan karena kadar elektrolit dalam tubuh yang tidak seimbang akibat ginjal bermasalah. Selain itu, penurunan kadar kalsium juga bisa menyebabkan kram pada otot.

Sponsors Link

  1. Kelelahan

Ciri Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal lainnya adalah sering merasa kelelahan. Kelelahan pada penderita ginjal juga bisa menjadi salah satu gejala awalnya. Hal ini dikarenakan ginjal yang bertugas untuk merangsang pembentukan sel darah merah gagal untuk melaksanakan tugasnya, sehingga sel darah merah tidak bisa diproduksi dalam kadar normal. Tentu saja kondisi ini bisa menyebabkan kelelahan pada tubuh penderitanya.

  1. Kedinginan

Kedinginan juga bisa terjadi dan menjadi gejala awal dari sakit ginjal. Bahkan penderitanya mungkin akan semakin sering menggigil kedinginan, walau suhu di sekitarnya sebenarnya tidak dingin.

  1. Sesak nafas

Kesulitan bernafas pada penderita ginjal juga bisa terjadi. Penyebabnya adalah penumpukan cairan di tubuh sudah menyerang bagian dada (paru-paru) sehingga penderitanya akan lebih sulit untuk bernafas. Atau bisa juga terjadi karena kekurangan oksigen dari aliran darah.

  1. Sakit pinggang

Gejala awal dari sakit ginjal lainnya adalah muncul rasa sakit pada bagian pinggang. Gejala ini juga merupakan Gejala Sakit Ginjal pada Wanita yang cukup sering terjadi. Ginjal itu sendiri memang berada di sekitar pinggang. Dan jika sakit pinggang sering terjadi ditambah beberapa gejala di atas, maka bisa jadi sakit pinggang itu adalah indikasi awal penyakit ginjal.

Demikianlah beberapa gejala awal penyakit ginjal yang perlu diwaspadai. Jika Anda melihat anggota keluarga menunjukkan ciri ciri di atas, maka jangan menunda-nunda waktu untuk memeriksakan diri ke dokter. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,