Sponsors Link

4 Gejala Awal Penyakit Batu Ginjal yang Sering Terjadi

Sponsors Link

Ginjal sebagai organ yang berperan dalam membersihkan darah dari zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh manusia memiliki kedudukan yang penting. Oleh karena itu penting bagi kita untuk dapat menjaga kesehatan ginjal. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi vitamin untuk kesehatan ginjal. Selain vitamin, makanan yang baik untuk ginjal juga banyak di sekitar kita dan mudah diperoleh.

ads

Namun adakalanya ginjal kita tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jika ginjal kita tidak berfungsi dengan baik maka kemungkinan kita mengalami gagal ginjal. Untuk mengetahui apakah kita terkena gagal ginjal atau tidak maka diagnosa gagal ginjal kronis perlu dilakukan.

Penyebab lainnya dari ginjal yang tidak berfungsi dengan baik adalah karena adanya batu ginjal yang menyumbat ureter. Penanganan batu ginjal tentu dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tetapi sebelum melakukan penanganan, harus mengetahui tanda tanda batu ginjal yang ada pada diri kita. Adapun Gejala Awal Penyakit Batu Ginjal adalah sebagai berikut.

1. Sakit Pada Bagian Perut atau Punggung

Gejala Awal Penyakit Batu Ginjal yang pertama adalah timbulnya rasa sakit di daerah perut dan punggung. Kedua ginjal manusia terletak di bagian bawah punggung. Oleh karena itu, rasa sakit yang timbul akibat penyakit batu ginjal biasanya berada di wilayah ini. Rasa sakit ini bisa sangat parah dan muncul secara tiba-tiba.

Pada kasus tertentu, rasa sakit yang timbul di bagian punggung bagian bawah dapat menjalar ke bagian bawah perut. Orang yang tiba-tiba mengalami sakit pada bagian punggung maupun perut bagian bawah harus segera pergi ke dokter untuk menjalani pengobatan. Tetapi patut di waspadai juga bahwa rasa sakit ini bisa jadi menjadi ciri ciri infeksi ginjal.

2. Perubahan Pada Urin

Batu ginjal yang melewati saluran kemih dapat melukai saluran kecil tempat keluarnya urin ini. Ketika hal ini terjadi, maka selanjutnya akan muncul perubahan pada urin. Warna urin akan berubah menjadi gelap atau kemerahan. Warna merah didapat dari darah yang ikut terbawa bersama urin. Bukan hanya itu, bau urin juga dapat berubah menjadi berbau tidak enak.

3. Seringnya Buang Air Kecil

Batu ginjal telah sampai di kandung kemih dapat melukai organ yang berfungsi untuk menampung urin ini. Kandung kemih yang teriritasi dapat menyebabkan penderitanya sering buang air kecil. Tidak hanya itu, ketika penderita sedang buang air kecil, maka kemungkinan akan terasa sakit. Jika Anda mengalami hal ini, segeralah konsultasikan keluhan Anda kepada dokter.

4. Gejala Mirip Flu

Beberapa orang dapat mengalami infeksi jika batu ginjal tersangkut di saluran kemih. Infeksi ini dapat disertai dengan demam, panas dingin atau kelelahan. Suhu orang yang demam sebagai pertanda awal penyakit batu ginjal dapat mencapai 38 derajat celcius.

Sponsors Link

Penyebab Munculnya Gejala Penyakit Batu Ginjal

Sebenarnya batu ginjal itu sendiri tidak menyebabkan munculnya gejala-gejala. Penyebab munculnya gejala-gejala penyakit batu ginjal adalah karena ukuran atau komplikasi batu ginjal tersebut. Misalnya, gejala batu ginjal muncul jika terjadi infeksi, batu ginjal itu berjalan menuju saluran kemih atau menyumbat saluran kemih.

Lokasi batu ginjal di dalam sistem kandung kemih dapat menentukan gejala penyakit batu ginjal dan dapat mempengaruhi luas area rasa sakit yang dirasakan oleh penderita. Terkadang rasa sakitnya dapat berlangsung selama berjam-jam. Tetapi rasa sakit akibat batu ginjal ini juga dapat berlangsung hanya dalam beberapa menit.

Sponsors Link

Diagnosa Penyakit Batu Ginjal

Berikut adalah beberapa cara diagnosis batu ginjal yang sedikit banyak mirip dengan diagnosis gagal ginjal kronis.

  • Tes darah – Dilakukan untuk mengetahui zat kimia berlebih yang ada di dalam tubuh.
  • Tes Urin – Dilakukan agar dokter dapat mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam urin sehingga ada tidaknya infeksi dapat dideteksi.
  • Tes Fungsi Ginjal – Ginjal diuji, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.
  • Foto Sinar-X – Dilakukan untuk mengetahui lokasi batu ginjal di dalam saluran kemih. Batu ginjal di dalam foto sinar-X biasanya berwarna putih karena mengandung kalsium.
  • Intravenous Urogram (IVU) – Yaitu semacam pewarnaan yang dapat membantu mendeteksi batu ginjal yang sulit terlihat pada sinar-X
  • Analisis batu pada urin – Pasien akan diminta untuk buang air kecil ke dalam suatu saringan, agar jika ada batu dapat terlihat. Analisis laboratorium akan mengungkap kandungan dari batu tersebut. Selanjutnya dokter akan mengetahui penyebab dari terbentuknya batu tersebut dan menyusun langkah untuk mencegah batu terbentuk lagi.

Itulah Gejala Awal Penyakit Batu Ginjal yang sering dirasakan oleh para penderitanya. Jika Anda mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan di atas, ada baiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter agar dokter dapat melakukan diagnosis serta melakukan tindakan pengobatan selanjutnya. Namun tentunya usaha pencegahan penyakit batu ginjal lebih baik daripada mengobatinya. Maka dari itu pola hidup sehat termasuk mengkonsumsi makanan yang sehat untuk ginjal menjadi sangat penting.

Sponsors Link
>
, ,