Sponsors Link

5 Tanda Gangguan Ginjal Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Kesehatan adalah salah satu hal yang paling diidamkan oleh semua orang. Baik anak kecil sampai orang dewasa, semuanya sangat mendambakan hidup yang bebas dari penyakit sehingga mereka dapat terus melakukan aktivitas dengan lancar. Apabila ada gangguan sedikit saja, maka biasanya kita semua akan berusaha secepat mungkin untuk mengatasi gangguan tersebut supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu jenis gangguan yang pastinya perlu kita antisipasi dan juga perhatikan adalah gangguan ginjal.

ads

Ginjal memang hanyalah sebuah organ kecil yang berada di sela-sela rongga tubuh kita. Sepasang organ yang berbentuk seperti sebuah kacang tanah ini memiliki kemampuan yang tidak dapat diremehkan. Organ kecil ini ternyata memiliki fungsi yang sangat penting, dan terus menerus bekerja setiap hari. Dapat dibayangkan betapa berharga dan kuatnya organ ini sehingga apabila dia mengalami gangguan tertentu, tidak hanya ginjal yang akan mengalami penurunan fungsi, seluruh badan kita secara keseluruhan pun akan mendapatkan dampaknya.

Ada banyak fungsi ginjal bagi tubuh kita. Pertama, organ kecil ini membantu jantung untuk mengatur tekanan darah yang harus diberikan pada tubuh kita. Kedua, organ kecil ini membantu untuk memproduksi air kencing sekaligus melakukan filtrasi zat-zat yang sekiranya berbahaya dan berlebihan dalam tubuh untuk kemudian dibuang lewat air kencing. Ketiga, organ kecil ini membantu mengatur kadar air di dalam tubuh agar tidak berlebihan, ketika air terlalu banyak maka organ kecil ini akan langsung mengarahkannya pada pembentukan air kencing. Keempat, organ kecil ini juga membantu mengatur kadar kalium di dalam darah sehingga tidak terjadi penumpukan kalium yang terlalu banyak di dalam darah kita. Penumpukan kalium akan memberikan dampak negatif bagi tubuh kita lo. Selain fungsi-fungsi ini, masih ada banyak lagi fungsi ginjal yang pastinya tidak akan dapat tergantikan oleh organ tubuh yang lain karena ginjal-lah satu-satunya organ yang dapat menangani masalah-masalah tersebut.

Baca juga:

Selain punya fungsi yang banyak, rupanya ginjal juga tidak lepas dari berbagai potensi masalah lo. Ada banyak sekali jenis penyakit yang dapat menyerang ginjal. Pertama, gagal ginjal. Penyakit ini memang sudah populer menjadi salah satu penyebab banyak orang meninggal di negara ini. Kedua, ginjal bocor. Penyakit yang dikenal pula dengan sebutan sindrom nefrotik ini juga tidak kalah menakutkan dari gagal ginjal karena dapat membuat tubuh mengandung air secara berlebihan. Ketiga, penyakit batu ginjal. Penyakit yang satu ini juga sangat populer dan banyak dikenal oleh masyarakat karena jumlah penderita penyakit ini pun banyak dijumpai di masyarakat. Keempat, penyakit ginjal bengkak. Penyakit yang satu ini akan membuat ginjalmu membengkak dan membuatmu merasakan rasa sakit yang luar biasa karenanya. Dan masih ada banyak lagi penyakit-penyakit ginjal yang bisa saja menyerangmu apabila kamu tidak memiliki gaya hidup yang baik dan seimbang.

Sponsors Link

Lantas bagaimana kamu bisa tahu bahwa ginjalmu sedang bermasalah atau tidak? Salah satu caranya adalah dengan mendeteksi dini apakah ginjalmu bermasalah atau tidak dengan mengamati adakah gangguan ginjal yang kamu alami. Berikut ini akan kita bahas gangguan ginjal mulai dari tanda, penyebab, serta cara mengatasinya secara ringkas agar kamu dapat mewaspadai gangguan ginjal.

Ketika kamu sedang mengalami gangguan ginjal, maka akan ada beberapa gejala yang dapat kita sebut sebagai tanda-tanda bahwa kamu sedang mengalami gangguan ginjal. Beberapa tanda-tanda ini tentu saja juga dapat menjadi tanda-tanda adanya gangguan penyakit lainnya, atau sekedar hanya merupakan gejala kecil yang tidak menunjukkan bahwa kamu sedang mengalami gangguan ginjal. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk tetap waspada akan tanda-tanda tersebut. Beberapa tanda-tanda gangguan ginjal yang dapat kamu alami antara lain adalah sebagai berikut.

1. Nyeri pada bagian punggung dekat ginjal

Nyeri pada bagian punggung yang ada di dekat tempat ginjal, yaitu sekitar sisi pinggir kiri atau kanan pada punggungmu dapat menjadi salah satu tanda-tanda bahwa kamu sedang mengalami gangguan atau masalah pada ginjal. Apabila nyeri yang kamu alami terjadi dengan cukup sering dan rasanya benar-benar sakit, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter. Baca juga: Cara Mengobati Ginjal Bengkak

ads

2. Buang air kecil terlalu sering

Buang air kecil terlalu sering juga dapat menjadi tanda adanya gangguan ginjal pada tubuhmu. Beberapa hal yang mungkin menyebabkan seringnya kita buang air kecil adalah karena adanya sumbatan di saluran kandung kemih atau bisa juga karena proses produksi air kencing yang kurang sempurna.

3. Adanya protein dalam urin

Adanya zat protein juga dapat menjadi tanda bahwa ginjalmu sedang mengalami masalah. Oleh karena seharusnya zat tersebut tidak dikeluarkan dalam air kencing tanpa melalui proses filtrasi terlebih dahulu. Baca juga: Makanan Sehat untuk Ginjal

4. Tingginya kadar kreatinin

Kadar kreatinin, yaitu zat sisa dari proses metabolisme kreatin dalam darah juga dapat menjadi salah satu indikator bahwa ginjalmu sedang mengalami masalah. Hal itu disebabkan karena seharusnya kreatinin ini ikut dibuang atau dimasukkan ke dalam air kencing oleh ginjal kita. Dengan adanya kreatinin dalam jumlah yang tinggi besar kemungkinannya tidak terjadi proses filtrasi yang sempurna pada ginjal. Baca juga: Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal

5. Tingginya kadar BUN

BUN atau Blood Urea Nitrogen adalah sebuah ukuran yang menunjukkan berapa banyak nitrogen urea yang terkandung di dalam darah kita. Apabila ginjal berfungsi dengan baik, maka seharusnya kadar BUN juga akan rendah. Sebaliknya bila kadar BUN tinggi, maka kemungkinan besar ginjalmu sedang bermasalah.

Baca juga:

Penyebab Gangguan Ginjal

Mengetahui gangguan ginjal tanpa mengetahui penyebabnya sama saja dengan mengetahui penyakit tanpa tahu bagaimana cara menyembuhkan penyakit tersebut. Dengan mengetahui penyebab gangguan ginjal maka kita juga dapat mengetahui apa saja yang perlu dihindari agar kita tidak terkena gangguan ginjal. Beberapa penyebab gangguan ginjal antara lain adalah sebagai berikut.

1. Penyakit malaria

Apabila kamu menderita penyakit malaria, maka besar kemungkinan ginjalmu akan mengalami permasalahan tertentu seperti mengalami kebocoran ginjal oleh karena itu kamu harus segera mungkin melakukan pengobatan agar malaria yang kamu derita dapat disembuhkan dengan lebih cepat.

2. Mengonsumsi obat-obatan berlebihan

Mengonsumsi obat-obatan berlebihan juga dapat menjadi salah satu penyebab mengapa ginjal yang kita miliki dapat mengalami permasalahan seperti misalnya iritasi. Obat-obat yang kita minum sebenarnya membuat ginjal bekerja ekstra keras untuk melakukan filtrasi sehingga apabila terus dipaksakan, besar kemungkinan ginjal akan mengalami luka pada bagian tertentu. Baca juga: Penyebab Radang Ginjal

Sponsors Link

3. Kurangnya asupan protein untuk memperbarui sel mati

Sel yang ada di dalam tubuh kita setiap saat akan mengalami pergantian. Beribu sel mati tiap detik dan beribu lainnya pun lahir kembali. Di tengah proses tersebut apabila terjadi kekurangan protein, maka sel-sel yang kita miliki tidak akan dapat melakukan regenerasi dengan sempurna sehingga sel-sel yang telah mati tidak dapat tergantikan. Akibatnya fungsi organ tertentu akan mengalami penurunan.

4. Adanya perubahan sistem imun tubuh seperti pada penyakit minimal change disease

Penyebab genetik juga dapat menjadi salah satu hal yang membuat ginjal kita mengalami gangguan. Salah satunya adalah karena adanya penyakit minimal change disease, yaitu perubahan pada sel dan struktur ginjal akan tetapi dilihat secara sekilas tidak ada perubahan yang membuat ginjal bermasalah. Anak-anak biasanya mengalami gangguan ginjal karena adanya kelainan ini.

5. Penyempitan atau penyumbatan saluran kandung kemih

Saluran kandung kemih adalah saluran yang menghubungkan antara ginjal dengan saluran-saluran sistem metabolisme tubuh yaitu ureter. Apabila terjadi penyumbatan atau penyempitan pada saluran kandung kemih, air kencing yang sudah dihasilkan atau diproduksi dalam ginjal dapat mengalir kembali ke dalam ginjal atau biasanya disebut dengan refluks. Refluks akan membuat potensi tumbuh atau berkembangnya bakteri jahat di dalam ginjal meningkat sehingga dapat membuat gangguan ginjal terjadi.

Baca juga:

Cara Mengatasi Gangguan Ginjal

Untuk mengatasi ginjal, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan baik dengan cara tradisional ataupun dengan memanfaatkan obat-obatan medis. Beberapa cara yang dapat kamu lakukan secara mandiri untuk mengatasi gangguan yang terjadi pada ginjal antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Berolahraga dengan rutin
  2. Meminum air dengan cukup
  3. Meminum jus lemon
  4. Memakan buah manggis
  5. Memakan buah apel
  6. Memakan beri-berian seperti stroberi, bluberi, dan lain sebagianya
  7. Memakan buah ceri
  8. Memakan buah delima
  9. Mengonsumsi buah anggur
  10. Mengonsumsi ramuan daun binahong

Itulah beberapa pembahasan kita tentang gangguan ginjal. Semoga dengan pembahasan ini kamu dapat mengetahui tanda-tanda adanya gangguan pada ginjalmu lebih dini, menghindari penyebabnya serta dapat mengatasi gangguan yang terjadi pada ginjalmu dengan cepat sehingga ginjalmu akan segera pulih. Selamat merawat kesehatan ginjalmu!

Baca juga:

Sponsors Link
>
, , ,