Sponsors Link

Gambar Kista Ginjal Terlengkap Beserta Penjelasan dan Tahapannya

Sponsors Link

Semua orang pasti sudah memahami tentang fungsi utama dari organ ginjal. Ya, organ ginjal bertugas untuk menyaring semua kotoran di dalam darah, limbah dan zat sisa metabolisme terbuang. Meski fungsi ginjal sangat penting, bukan berarti organ ini jauh dari penyakit dan gangguan ginjal. Dari berbagai penyakit yang bisa menyerang ginjal, kista ginjal adalah salah satunya.

ads

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, termasuk kista ginjal pada perempuan atau kista ginjal pada laki-laki. Dari kedua organ ginjal, kista ginjal bisa menyerang keduanya sekaligus atau hanya salah satu, kista ginjal kanan atau sebelah kiri. Karena minimnya pengetahuan tentang penyebab kista di ginjal, banyak orang belum mengetahui bahwa ada pula yang dinamakan kista ginjal polikistik.

Masih banyak pertanyaan tentang kista ginjal berbahayakah di kalangan masyarakat. Sebenarnya, kista ginjal bisa sembuh jika ditangani dengan cepat dan tepat. Ada pula alternatif pengobatan kista ginjal tanpa operasi, yaitu dengan hanya memakan makanan untuk penderita kista ginjal yang bisa membantu menyembuhkan penyakit itu.

Jika Anda selama ini hanya membaca penjelasan panjang tentang kista ginjal tanpa mengetahui bagaimana penampakan penyakit ini di organ ginjal Anda, mari lihat bersama gambar kista ginjal dalam ilustrasi di bawah ini.

Gambar Ginjal yang Sehat

 

Gambar Ginjal yang SehatSeperti yang kita lihat di atas, itu adalah struktur ginjal pada manusia normal. Terlihat beberapa bagian yang menyusun ginjal antara lain:

  •  Kapsul fibrous sebagai lapisan kulit ginjal terluar.
  • Korteks sebagai lapisan kedua yang lebih tebal dari kulit luar.
  • Medula atau rongga pada ginjal, tempat yang sering ditumbuhi batu ginjal.

Ketiga bagian terluar itulah yang rentan terkena penyakit kista ginjal. Sementara struktur ginjal lainnya terdiri dari papila renal, lemak dalam sinus renal, sinus renal, lobus renal, ureter, ruang renal, kaliks minor, kaliks mayor, arteri renal atau pembuluh darah ginjal, pelvis renal, dan vena renal.

Berikut yang harus anda perhatikan bagaimana jika ginjal sehat dan bagaimana jika ginjal memiliki beberapa penyakit yang serius. Dengan adanya gambar sehingga sangat memudahkan anda dalam mengetahui lebih jauh lagi.

Gambar Kista Ginjal

Kista Ginjal

Gambar di atas menunjukkan ilustrasi ginjal yang sudah tidak lagi sehat. Gambar sebelah kiri adalah organ ginjal dalam kondisi normal dan sehat, sementara gambar sebelah kanan adalah ginjal yang sudah digerogoti kista ginjal polikistik yang parah.

Kista ginjal tumbuh atau menempel pada area korkteks, salah satu lapisan luar pada ginjal. Penyebab kista ginjal sendiri bermacam-macam, antara lain:

  • Pada kasus kista ginjal polikistik, penyakit ini adalah faktor keturunan. Artinya jika orang tua atau sanak keluarga memiliki riwayat penyakit ini, mereka memiliki peluang sebesar 25% untuk menurunkan kepada anak-anaknya.
  • Permukaan ginjal yang sedang melemah, sehingga mudah terserang virus dan dihinggapi berbagai macam jenis bakteri. Lemahnya permukaan ginjal bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya kondisi tubuh sedang tidak sehat atau sistem imun sedang lemah.
  • Pria berusia 50 tahun ke atas memiliki resiko terkena kista ginjal, di mana seiring bertambahnya usia terdapat kantung-kantung yang muncul pada kulit ginjal dan perlahan terisi dengan cairan.
    Sponsors Link

Fase Kista Ginjal

fase kista ginjal

Gambar di atas menunjukkan fase fase kista ginjal menurut tingkat keparahannya. Berikut penjelasannya:

  • Fase Pertama. Kista ginjal yang tumbuh di bagian bawah ginjal berbentuk kantung yang memenuhi organ bagian bawah ginjal. Kantung terlihat berisi cairan, dan mulai membesar. Fase pertama dari kista ginjal menunjukkan bahwa si penderita tidak menyadari bahwa terdapat kista yang tumbuh di dalam ginjalnya.
  • Fase Kedua. Kista tumbuh semakin membesar, seiring dengan terus bertambahnya cairan yang mengisi kista ginjal. Pada tahap ini penderita mulai merasakan gejala umum yang dialami penderita kista ginjal. Gejala tersebut antara lain nyeri yang hebat pada punggung, sering buang air kecil hingga perut yang membengkak.
  • Fase Ketiga. Terlihat bahwa dalam fase ini kista sudah mencapai pembuluh darah dan saluran ureter di ginjal. Jika tidak segera disembuhkan, kista ginjal bisa menyebabkan infeksi ginjal dan saluran kemih serta memicu munculnya penyakit uremia. Kista yang tumbuh di saluran ureter menyebabkan aliran urine menjadi tidak lancar.
  • Fase Keempat. Tampak kista sudah merambat ke organ yang lain di dekat ginjal, yaitu liver dan saluran pencernaan. Fase ini dapat dikatakan berbahaya dan penderita akan terkena resiko gagal ginjal kronis. Semakin membesarnya kista yang tumbuh pada ginjal membuat kerja ginjal menjadi terganggu. Akibatnya ginjal tidak bisa lagi menjalankan fungsi dengan baik, dan hal ini menjadi awal penurunan fungsi ginjal yang berujung pada kerusakan ginjal permanen pada seseorang.

Itulah gambar kista ginjal yang disertai dengan penjelasan dan perbandingan dengan kista yang sehat. Sebelum ginjal rusak secara permanen, Anda harus menjaga kesehatan organ ginjal dengan baik. Lakukan cara merawat ginjal agar tetap sehat dan cara merawat ginjal agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Selalu waspada dengan tanda tanda ginjal mulai rusak agar Anda bisa segera mendapatkan pertolongan yang cepat dan tepat, sehingga penyakit apapun itu bisa segera disembuhkan.

Selalu ingat bahwa ginjal adalah organ yang sangat berharga dan tidak bisa digantikan oleh apapun. Fungsi ginjal yang sangat vital dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Anatomi