Sponsors Link

Gagal Ginjal Usia Muda : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Ginjal adalah organ penting bagi tubuh. Ginjal adalah penyaring darah yang akan dibuang melalui urine. Jika mekanisme ini tidak berlangsung dengan baik, maka bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Sering kali mungkin kita mengenal penyakit gagal ginjal. Gagal ginjal adalah penyakit yang disebabkan oleh rusaknya ginjal sehingga ginjal akan kehilangan fungsinya untuk menyaring darah dari zat sisa metabolisme dan racun.

ads

Gejala Gagal Ginjal Kronis yang sering dialami adalah berkaitan dengan urine dan juga anemia. Selain itu bisa juga menyebabkan pembengkakan dan sesak nafas. Dulu mungkin penyakit gagal ginjal ini sering dikaitkan dengan usia lansia. Namun, akhir-akhir ini banyak wacana bahwa gagal ginjal usia muda sudah terjadi di beberapa tempat. Bahkan ada sebuah data statistik yang menunjukkan bahwa penderita gagal ginjal meningkat dari tahun ke tahun. Dan usia dari penderita memang semakin muda. Banyak dari.penderita yang masih berusia 30-an tahun.

Penyebab

Berikut beberapa penyebab dari gagal ginjal di usia muda.

  • Polycystic Kidney Disease (PKD)

PKD merupakan sebuah gangguan dinyanyikan yang menyebabkan adanya pembentukan kista di dalam ginjal. Kondisi ini menyebabkan ginjal membengkak dan mengalami penurunan fungsi secara berkala. Kista yang terbentuk sebenarnya adalah termasuk tumor jinak. Akan tetapi, jika ukurannya terus membesar dan berkembang, bisa mengganggu kesehatan. Bahkan bisa berkembang ke organ lain seperti hati.

  • Goodpasture Syndrome

Goodpasture syndrome adalah kondisi lain yang bisa menyebabkan gagal ginjal usia muda. Kondisi ini adalah istilah untuk menggambarkan pendarahan tifus di paru-paru. Semakin lama, kondisi tersebut bisa berkembang menjadi peradangan yang berada di saluran kontruksi ginjal. Glomerulus itu sendiri adalah bagian ginjal yang bertugas untuk menyaring darah.

Gangguan ini termasuk gangguan autoimun, yaitu dimana kekebalan tubuh menyerang sel atau jaringan tubuh sendiri yang sehat. Penyebabnya adalah faktor genetik dimana sistem imun tubuh gagal mengenali mana sel yang jahat dan mana sel yang baik.

  • IgA Nephropathy

Penyebab lainnya mengapa seseorang bisa mengalami gagal ginjal usia muda adalah IgA nephropathy. Penyakit ini adalah sebuah gangguan pada glomerulus ginjal yang terjadi akibat adanya deposisi kompleks imun IgA. Akibatnya glomerulus akan mengalami kesulitan dalam menyaring darah.

Beberapa Gejala Gagal Ginjal dari penyebab ini bisa dilihat dalam tas urine dimana di dalam urine akan ditemukan protein atau sel darah. Kebanyakan dari penderitanya adalah dewasa muda. Namun tidak menutup kemungkinan usia lainnya juga berpotensi mengalami hal tersebut.

  • Tekanan Darah Tinggi

Penyebab lain dari adanya gagal ginjal di usia muda adalah tekanan darah yang terlalu tinggi. Kebanyakan orang, terutama anak muda mungkin tidak tanggal dengan kondisi.kesehatannya. Bahkan saat didiagnosis memiliki.riwayat hipertensi pun mereka mungkin tidak ambil pusing. Padahal, Hubungan Gagal Ginjal dan Hipertensi itu sangat erat kaitannya, dimana tekanan darah yang terlalu tinggi akan membuat ginjal harus bekerja lebih keras. Dan jika kondisi ini terjadi berangsur-angsur lamanya, bukan tidak mustahil jika gagal ginjal terjadi bahkan di usia muda.

Sponsors Link

  • Diabetes

Sama halnya dengan hipertensi, diabetes juga mengambil peranan penting dalam menjadi penyebab dari kondisi gagal ginjal usia muda. Seperti yang diketahui bersama bahwa diabetes saat ini juga bisa dialami oleh anak muda, demikian pula dengan gagal ginjal. Hal ini dikarenakan Hubungan Diabetes Dengan Gagal Ginjal Kronik juga sangat erat kaitannya.

Dulu, gangguan diabetes pada usia muda biasa hanya terjadi berupa diabetes tipe 1 (diabetes insipidus). Itupun terjadi karena faktor genetik. Akan tetapi, diabetes tipe 2 atau diabetes melitus saat ini sangat sering terjadi, bahkan di usia muda. Diabetes melitus ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Kebanyakan penyebabnya adalah pola makan yang salah. Sehingga cara mengatasinya juga dengan mengatur pola makan khusus diabetes.

Sponsors Link

Cara Mengatasi

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi dan mencegah gagal ginjal di usia muda.

  • Periksakan sejak dini mengenai kadar gula darah karena pemeriksaan tersebut akan memberikan informasi mengenai potensi diabetes di diri Anda.
  • Demikian pula dengan tekanan darah. Jaga selalu tekanan darah agar tetap normal. Cek tekanan darah bisa dilakukan secara rutin.
  • Perhatikan kondisi kesehatan. Jika Anda memiliki riwayat penyakit autoimun di keluarga, memeriksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh bisa dilakukan.
  • Jika muncul gejala gangguan ginjal, segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Jika terdiagnosis gagal ginjal di usia muda, kemungkinan Anda akan direkomendasikan untuk melakukan serangkaian pengobatan dan terapi gagal ginjal seperti Proses Hemodialisis.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi gagal ginjal usia muda yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,