Sponsors Link

Benarkah Gagal Ginjal Tidak Boleh Banyak Minum ? Ini Penjelasannya

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ tubuh yang bertugas untuk menyaring darah dan berperan dalam Proses Terbentuknya Urine pada manusia. Ginjal adalah organ pembuangan yang turut serta dalam mengatur kadar air di dalam tubuh. Kekurangan air tentunya bisa menyebabkan berbagai gangguan ginjal. Kebiasaan kurang minum air memang berpengaruh pada fungsi ginjal dan perlahan-lahan akan menyebabkan kerusakan pada ginjal. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa pasien gagal ginjal tidak boleh banyak minum? Berikut penjelasannya.

ads

Penyebab

Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa pasien gagal ginjal sebaiknya tidak banyak mengonsumsi air.

  1. Gagal ginjal tidak bisa mengeluarkan urine secara normal

Penyebab pertama mengapa penderita Gagal Ginjal Kronis justru tidak disarankan untuk banyak minum adalah karena organ tubuhnya tidak bisa mengeluarkan urine secara normal. Saat fungsi ginjal terganggu karena gagal ginjal, kinerja ginjal tidak akan maksimal. Akibatnya, urine yang seharusnya dikeluarkan secara normal, tidak bisa lagi dikeluarkan secara normal. Kebanyakan gagal ginjal memang akan mengganggu fungsi ginjal dalam mengatur kadar cairan dalam tubuh, sehingga jumlah pemasukan air ke tubuh perlu dikurangi.

  1. Gagal ginjal menyebabkan gejala edema

Salah satu gejada dari gagal ginjal adalah edema atau penumpukan cairan pada tubuh. Penumpukan cairan ini disebabkan oleh urine yang tidak bisa dikeluarkan secara normal, sehingga kadar air dalam tubuh tidak bisa keluar dengan maksimal. Akibatnya, cairan yang tidak bisa dikeluarkan tadi akan terjebak dalam tubuh sebagai edema. Edema seringkali menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Hal ini jugalah yang menyebabkan pasien gagal ginjal tidak boleh banyak minum. Jika mereka banyak minum air, maka edema akan semakin parah dan bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius.

  1. Edema menyebabkan sesak nafas

Jika gejala edema sudah terjadi, dan tubuh tetap diasupi cairan dalam jumlah besar, edema tidak hanya akan menyebabkan pembengkakan pada tubuh saja. Lebih dari itu, edema juga bisa memperburuk gejala dari gagal ginjal itu sendiri, seperti menyebabkan paru-paru kebanjiran cairan. Hal ini juga yang sering menyebabkan pasien gagal ginjal mengalami sesak nafas, seperti yang dijelaskan dalam artikel Hubungan Sesak Nafas dengan Gagal Ginjal Kronik tersebut.

  1. Dapat mempengaruhi otak

Penyebab penderita gagal ginjal tidak boleh banyak minum lainnya adalah karena jumlah cairan dalam tubuh yang terlalu banyak adalah bisa menyebabkan komposisi kimiawi dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Dampak dari ketidakseimbangan cairan tubuh ini juga bisa mempengaruhi kinerja otak. Jika organ otak juga mengalami kebanjiran cairan, maka sel-sel otak akan menjadi lebih encer dari sebelumnya. Akibatnya, penyerapan cairan itu akan menyebabkan kondisi yang fatal, mengingat otak adalah salah satu organ tubuh yang paling vital. Bahkan bisa menyebabkan kematian.

Sponsors Link

Itulah beberapa penyebab dari pasien gagal ginjal tidak boleh banyak minum. Sehingga sudah bisa dipastikan bahwa penyakit gagal ginjal memang seharusnya diperhatikan lebih baik lagi, sebab masih ada hal-hal yang mungkin masih luput dari perhatian masyarakat, terlebih penderita gagal ginjal itu sendiri.

Asupan Air yang Direkomendasikan

Lalu berapa asupan air yang direkomendasikan untuk pasien Penyakit Ginjal ? Untuk permasalahan ini, sebenarnya tidak ada angka pasti jumlah air yang boleh dikonsumsi. Akan tetapi, gagal ginjal itu sendiri dibedakan ke dalam 5 tingkatan stadium. Untuk stadium 1 sampai 3, kemungkinan kebutuhan minumnya masih sama dengan kebutuhan minum manusia normal. Sementara untuk pasien gagal ginjal yang sudah masuk ke tahapan 4 sampai 5, asupan airnya sebaiknya dikurangi.

Sponsors Link

Para ahli kesehatan menyarankan bahwa asupan cairan yang masuk ke tubuh bisa dihitung dari volume urine yang dikeluarkan setiap harinya, kemudian ditambahkan 600 ml. Jika urine yang dihasilkan dalam sehari adalah 2.000 ml, maka kebutuhan air yang dibolehkan adalah 2.600 ml. Demikian pula jika urine dalam sehari berkurang (terutama pada gagal ginjal stadium 4 dan 5). Biasanya gagal ginjal stadium 4 dan 5 hanya mampu memproduksi urine kurang dari 600 ml per hari. Sehingga asupan cairan yang dibolehkan sebaiknya tidak lebih dari 1.200 ml per hari.

Perlu diketahui bahwa hitungan tersebut hanya berlaku pada pasien gagal ginjal, dan tidak berlaku pada pasien Penyakit Batu Ginjal. Untuk pasien batu ginjal, minum banyak air justru direkomendasikan untuk membantu keluarnya batu ginjal. Namun dengan catatan, kondisi ginjal dari penderita batu ginjal itu sendiri memang masih normal dan baik.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai penyebab pasien gagal ginjal tidak boleh banyak minum dan asupan cairan yang direkomendasikan. Semoga bermanfaat dan memberikan wawasan baru.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman