Sponsors Link

Gagal Ginjal Bisa Sembuh Atau Tidak ? Ini Penjelasannya

Sponsors Link

Ada beberapa penyakit yang menyerang ginjal. Penyakit ginjal yang cukup banyak dibahas adalah gagal ginjal. Gagal ginjal itu sendiri adalah sebuah penyakit dimana ginjal mengalami penurunan fungsi sehingga menyebabkan sistem kemih tidak berjalan sebagaimana mestinya. Kondisi ini menjadi penyebab berbagai gejala dan komplikasi di tubuh sehingga perlu untuk ditangani. Akan tetapi, gagal ginjal bisa sembuh atau tidak juga tergantung dari penyebab dan jenis gagal ginjal itu sendiri. Berikut beberapa penjelasannya.

ads

Jenis Gagal Ginjal

Sebelum mengetahui apakah gagal ginjal bisa sembuh atau tidak, perlu diketahui terlebih dahulu jenis gagal ginjal. Jenis gagal ginjal itu ada dua, yaitu akut dan kronis atau kronik.

  • Gagal ginjal akut

Gagal Ginjal Akut merupakan gagal ginjal yang terjadi secara mendadak atau tiba-tiba yang disebabkan oleh beberapa hal. Gagal ginjal akut ini seringkali terjadi pada pasien yang mrmang sudah dirawat di rumah sakit, sebagai akibat komplikasi dari penyakit yang dideritanya. Misalnya pada pasien yang mengalami pendarahan terus menerus.

  • Gagal ginjal kronis

Jenis kedua dari gagal ginjal adalah Gagal Ginjal Kronis. Gagal ginjal jenis ini terjadi secara berkala atau berangsur-angsur. Kebanyakan penyebabnya adalah karena penyakit jangka panjang seperti hiperteni dan diabetes. Pada kasus ini, ginjal akan perlahan-lahan mengalami penurunan fungsi. Dan akan menjadi gejala serius jika fungsi ginjal sudah tidak bekerja dengan baik.

Peluang Kesembuhan Gagal Ginjal

Bagi yang sudah terdiagnosis gagal ginjal, mungkin sering muncul pertanyaan apakah gagal ginjal bisa sembuh atau tidak, mengingat penyakit ini membutuhkan perawatan khusus dan biaya yang tidak sedikit. Tentunya peluang kesembuhan perlu dilihat lagi penyebab dan jenis gagal gjnjal itu sendiri.

Bagi gagal ginjal akut, masih ada peluang kesembuhan. Asalkan penyebab gagal ginjal itu sendiri juga sudah bisa diatasi. Misalnya pasien yang mengalami pendarahan dan pendarahannya sudah bisa berhenti. Akan tetapi, untuk kasus gagal ginjal kronis, penyakit jangka panjang ini bersifat permanen. Penderita gagal ginjal kronis tidak bisa disembuhkan. Kebanyakan perawatan dan pengobatan yang dilakukan pada pasien gagal ginjal kronis hanya bertujuan untuk meringankan gejala dan memperlambat pemburukan kondisi ginjal. Selain itu juga untuk mencegah komplikasi yang bisa terjadi akibat gagal ginjal itu sendiri.

Hal ini dikarenakan kondisi ginjal yang sudah rusak akibat gagal ginjal memang tidak bisa diperbaiki, karena penyebab gagal ginjal kronis itu sendiri (diabetes atau hipertensi) juga merupakan penyakit jenis kronis atau jangka panjang. Terutama jika pasien gagal ginjal sudah memasuki tahap akhir seperti Gagal Ginjal Stadium 5, dimana mereka sudah membutuhkan cuci darah atau proses hemodialisis. Namun Efektivitas Cuci Darah hanya untuk meningkatkan kualitas hidup dan bertahan hidup.

Sponsors Link

Satu-satunya prosedur yang bisa memperbaiki kualitas hidup pasien gagal ginjal kronis adalah dengan melakukan operasi Transplantasi Ginjal. Dimana mereka membutuhkan donor ginjal untuk menggantikan fungsi ginjalnya. Akan tetapi prosedur ini cukup sulit untuk dilakukan karena membutuhkan biaya yang besar dan pencarian donor ginjal yang tidak mudah.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai gagal ginjal bisa sembuh atau tidak yang perlu diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan