Sponsors Link

Gagal Ginjal Akut – Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Menjaga kesehatan ginjal adalah kebutuhan bagi setiap orang. Tidak peduli anak-anak ataupun orang dewasa, pasti ingin senantiasa sehat dan terbebas dari berbagai macam jenis penyakit ginjal. Dimulai dari gagal ginjal akut, gagal ginjal kronis, batu ginjal dan lain sebagainya. Oleh karena itulah setiap orang berusaha untuk menjauhi berbagai macam pantangan penyakit ginjal, seperti misalnya pantangan gagal ginjal kronik, pantangan ginjal bocor, pantangan ginjal bengkak dan lain sebagainya agar tidak terkena penyakit-penyakit ginjal yang berbahaya tersebut.

ads

Pada prinsipnya supaya kita dapat menghindari berbagai macam masalah penyakit ginjal, maka selain mengetahui berbagai jenis pengobatan dan alternatif makanan, seperti buah buahan obat ginjal, kita juga perlu mengetahui jenis penyakit ginjal yang kita hadapi itu sendiri. Salah satu dari berbagai macam jenis penyakit ginjal yang perlu kita ketahui dengan baik adalah penyakit gagal ginjal akut.

Walaupun namanya gagal ginjal, akan tetapi penyakit gagal ginjal ini sebenarnya berbeda dengan penyakit gagal ginjal kronis lo. Gagal ginjal akut adalah jenis gagal ginjal yang harapan kesembuhan pasien lebih tinggi daripada pasien gagal ginjal kronis yang sudah kehilangan sebagian besar dari fungsi ginjalnya. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa gagal ginjal akut adalah penyakit yang relatif lebih mudah sembuh apabila dibandingkan dengan penyakit gagal ginjal kronis.

Akan tetapi mengetahui perbedaan penyakit gagal ginjal akut dengan gagal ginjal kronis ini tidak akan cukup sebagi bekal diri kita untuk mengatasi atau mencegah dari adanya penyakit gagal ginjal akut itu sendiri. Oleh karena itu, pada artikel ini akan kita bahas gejala dan pengobatan dari gagal ginjal akut itu sendiri. Apakah kamu sudah siap? Silakan simak di bawah ini ya!

Gejala

1. Berkurangnya produksi urine

Gejala dari penyakit gagal ginjal akut yang pertama adalah berkurangnya produksi urine. Hal ini disebabkan karena penurunan fungsi ginjal yang berakibat pada menurunnya produksi urine sehingga jumlah urine semakin sedikit. Oleh karena itu para penderita gagal ginjal akut biasanya juga jarang kencing karena produksi air urine mereka sedikit. Akan tetapi tidak sama dengan jarang kencing berarti ginjalmu bermasalah lo.

2. Linglung atau kebingungan

Gejala yang kedua adalah munculnya linglung atau kebingungan yang sering terjadi karena gangguan dalam penyaringan zat-zat dalam darah termasuk penyaringan dari zat-zat sampah yang ada di dalam darah, sehingga zat tersebut meracuni tubuh dan membuat munculnya linglung dalam diri para penderita gagal ginjal akut.

3. Mual dan muntah

Para penderita gagal ginjal akut juga akan mengalami mual dan muntah terutama apabila konsentrasi zat limbah atau racun di dalam tubuh sudah semakin tinggi karena ginjal tidak dapat menyaring zat-zat sisa metabolisme atau racun tersebut dengan sempurna. Oleh karena itu apabila kamu sering menjumpai anggota keluargamu atau dirimu sendiri mual dan muntah beserta diiringi dengan gejala-gejala yang lain, maka kamu harus mewaspadainya sejak dini, siapa tahu merupakan gejala gagal ginjal akut.

Sponsors Link

4. Sesak napas

Para penderita gagal ginjal aku juga dapat mengalami sesak napas yang cukup serius karena ginjal gagal menyaring zat-zat limbah dari dalam tubuh sehingga mengganggu kinerja paru-paru dan sistem pernapasan pada umumnya. Walaupun demikian, sesak napas juga dapat terjadi karena penyebab-penyebab lainnya sehingga tidak sama dengan apabila kamu mengalami sesak nafas, berarti kamu sedang mengalami gagal ginjal. Bisa saja sesak napas yang kamu alami murni merupakan masalah yang muncul pada sistem pernapasanmu dan tidak terkait dengan ginjal sama sekali.

5. Penumpukan cairan dalam tubuh atau edema

Para penderita gagal ginjal akut juga dapat mengalami edema atau penumpukan cairan dalam tubuh yang berlebihan karena produksi urine dan penyaringan cairan di dalam tubuh berkurang akibat ginjal tidak dapat bekerja dengan baik.

ads

6. Kelelahan

Para penderita gagal ginjal akut juga dapat mengalami kelelahan yang cukup serius karena hilangnya filtrasi zat-zat yang penting untuk tubuh dari cairan yang masuk ke dalam tubuh akibat berkurangnya atau melemahnya fungsi ginjal. Walaupun kelelahan dapat menjadi salah satu indikator dari adanya permasalahan pada ginjalmu, akan tetapi bukan berarti setiap kamu lelah maka ginjalmu bermasalah. Ada banyak faktor yang menyebabkan kamu mudah lelah seperti misalnya rendahnya oksigen dalam darah, anemia, masalah pernapasan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu periksakan diri ke dokter tepercaya agar bisa diketahui dengan pasti apa penyebab kamu sering lelah ya.

7. Nyeri punggung

Gejala ginjal akut berikutnya adalah munculnya nyeri yang ada di sekitar punggung kita. Nyeri ini sangat parah dan kadang kala menyebabkan tidak dapat beraktivitas dengan lancar. Oleh karena itu apabila kamu sering mengalami nyeri di bagian punggung dan tidak hilang-hilang, segera periksakan ke dokter terdekat karena siapa tau gejala itu merupakan tanda dari adanya penyakit pada ginjalmu, termasuk penyakit gagal ginjal akut yang berbahaya bagi kesehatanmu.

8. Tingginya tekanan darah atau hipertensi

Tingginya tekanan darah atau hipertensi juga dapat menjadi salah satu gejala penyakit gagal ginjal akut yang dapat muncul pada para penderita gagal ginjal akut. Walaupun tekanan darah tinggi sebenarnya juga dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal itu sendiri. Dengan kata lain, dua tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal ini sangat erat sekali kaitannya.

Pengobatan

Selain menerapkan tips menjaga kesehatan ginjal atau cara menjaga kesehatan ginjal dengan baik, ada pula pengobatan-pengobatan yang perlu kita ketahui untuk mengatasi gagal ginjal akut. Beberapa alternatif pengobatan gagal ginjal akut adalah sebagai berikut ini.

1. Melakukan transplantasi ginjal

Transplantasi ginjal adalah sebuah upaya untuk mengganti ginjal yang sudah rusak dengan ginjal lain yang sehat baik dari donor orang yang sudah mati ataupun orang yang masih hidup. Melakukan transplantasi ginjal dapat menjadi salah satu obat yang paling efektif untuk mengatasi berbagai masalah penyakit ginjal. Meskipun demikian pada gagal ginjal akut, hal ini jarang dilakukan.

2. Ikan salmon

Kandungan omega-3 yang ada di dalam ikan salmon dapat membantu tubuh untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan tubuh, seperti di antaranya mengatasi kanker, sakit jantung, menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, dan bermanfaat bagi kesehatan ginjal. Dengan mengonsumsi ikan salmon, gagal ginjal akut dapat membaik dengan sendirinya.

Sponsors Link

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun telah diakui sebagai salah satu pengobatan tradisional yang mujarab karena memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat dari berbagai macam manfaat yang dimiliki oleh minyak zaitun adalah kemampuannya dalam membantu penyembuhan ginjal ketika sakit. Minyak zaitun dapat mengatasi gejala gagal ginjal, gejala batu ginjal, ataupun gejala penyakit ginjal lainnya, sehingga kita dapat menghindari penyakit dan akibat gagal ginjal itu sendiri. Dengan mengonsumsi minyak zaitun secara rutin, penderita gagal ginjal akut dapat membaik dan ginjal mereka dapat kembali berfungsi dengan optimal, sehingga tidak perlu melakukan cuci darah.

4. Buah kelapa kuning

Apabila kamu menderita penyakit ginjal, mengonsumsi buah kelapa kuning yang dapat kamu temui di daerah tepi pantai ataupun di kebun-kebun di sekitarmu dapat membantumu mengobati penyakit tersebut, sehingga kondisi ginjal perlahan-lahan akan semakin membaik. Untuk membuat pengobatan dengan buah kelapa kuning ini lebih efektif, maka kamu dapat mencampurkan buah kelapa kuning dengan tanaman tradisional lainnya, sehingga penyakit ginjal yang kamu derita akan lebih cepat sembuh. Beberapa tanaman tradisional lain yang bisa dicampur dengan buah kelapa kuning antara lain adalah buah parung burung dan kaktus ekor tikus.

Itulah beberapa gejala sekaligus cara untuk mengatasi gagal ginjal akut yang dapat membantu kita untuk mengatasi penyakit gagal ginjal akut. Pada prinsipnya mengatasi gagal ginjal akut dapat dilakukan dengan pengobatan medis ataupun dengan melakukan pengobatan alternatif sebagaimana telah disampaikan di atas. Apa pun cara pengobatan yang dilakukan, kamu harus tetap berkonsultasi dengan dokter yang ahli dan tepercaya untuk mengatasi permasalahan gagal ginjal akut di atas.

Sampai di sini pembahasan gagal ginjal akut pada artikel kita kali ini. Selamat merawat ginjalmu!

Sponsors Link
>
, , ,