Sponsors Link

Fungsi Kelenjar Anak Ginjal di Dalam Tubuh yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Kelenjar anak ginjal juga disebut sebagai kelenjar Adrenal. Kelenjar ini merupakan sebuah kelenjar yang memiliki bentuk seperti segitiga. Posisi kelenjar anak ginjal ini ada di atas organ ginjal. Fungsi kelenjar anak ginjal ini juga masih berhubungan dengan organ ginjal dalam Proses Terbentuknya Urine dan keseimbangan sistem metabolisme dalam tubuh. Kelenjar anak ginjal ini memiliki berat hanya kurang lebih 4 sampai 5 gram saja dalam tubuh. Untuk lebih jelasnya mengenai organ ini, berikut ada beberapa penjelasan mengenai fungsinya.

ads

Fungsi Kelenjar Adrenal secara Umum

Secara umum, fungsi kelenjar anak ginjal atau kelenjar adrenal dalam tubuh ini dibedakan menjadi 3 fungsi utama, antara lain dijelaskan sebagai berikut.

  1. Memproduksi hormon adrenalin

Fungsi utama dari kelenjar anak ginjal yang umum adalah memproduksi hormon adrenalin. Hormon adrenalin ini sendiri merupakan sebuah hormon yang tugasnya untuk merangsang kinerja jantung, meningkatkan tekanan darah, membebaskan glukosa, meningkatkan sirkulasi darah, merangsang pernafasan, dan juga menyediakan persiapan pada tubuh untuk beraktivitas. Inilah fungsi utama dari kelenjar adrenal yang perlu diketahui. Jika ada gangguan pada tekanan darah akibat gangguan pada hormon adrenalin, maka bisa jadi muncul penyakit Hipertensi Sekunder.

  1. Mempengaruhi kinerja otot

Dalam tubuh manusia, tentu hampir semuanya adalah otot. Otot itu sendiri tidak hanya berada di sistem gerak saja, melainkan juga berada di organ-organ tubuh yang penting. Otot ada di pembuluh darah, jantung, organ pencernaan, organ eksresi, dan sebagainya. Fungsi kelenjar anak ginjal juga mempengaruhi kinerja dari otot. Otot pada organ tubuh manusia haruslah aktif untuk bisa melakukan gerakan kontraksi seperti greak peristalsis, gerakan mendorong makanan di organ pencernaan, dan sebagainya. Jika otot tidak mampu berkontraksi atau melakukan gerakan peristalsis, maka bisa jadi tubuh akan terganggu.

  1. Membantu mengatur keseimbangan air dan mineral

Fungsi lain dari kelenjar anak ginjal juga adalah untuk membantu menjaga keseimbangan kadar air dan mineral dalam tubuh. Kelenjar ini akan mengeluarkan sejumlah hormon yang bisa mengatur keseimbangan mineral dan cairan pada tubuh, sehingga metabolisme dan kinerja otot bisa berjalan dengan baik.

Itulah tiga fungsi utama dari kelenjar anak ginjal yang posisinya ada di atas ginjal. Karena posisinya yang berada di atas ginjal, maka jika ginjal terganggu, misalnya mengalami gangguan Tumor Wilms, operasi pengangkatan ginjal juga dilakukan sekaligus dengan pengangkatan kelenjar adrenal ini. Sehingga metabolisme pada tubuh bisa jadi terganggu pada orang yang hanya hidup dengan satu ginjal.

Fungsi Kelenjar Adrenal secara Khusus

Secara khusus, kelenjar anak ginjal yang berhubungan juga dengan Fisiologi Ginjal terbagi kedalam dua bagian, yaitu bagian korteks dan juga bagian medula. Kedua bagian ini memiliki fungsi yang berbeda, dan akan dijelaskan sebagai berikut.

  1. Bagian korteks

Bagian korteks pada kelenjar anak ginjal sering disebut juga sebagai korteks adrenal. Bagian ini adalah bagian terbesar dari kelenjar anak ginjal, yaitu mencapai 90% dari sekseluruhan massa kelenjar anak ginjal. Bagian ini dibedakan menjadi 3 zona, yaitu zona glomerulosa, zona fasikulata, dan zona retikularis. Berikut fungsi dari bagian korteks kelenjar anak ginjal.

Sponsors Link

  • Zona glomerulosa menghasilkan mineralokortikoid yang berfungsi untuk mengatur kadar natrium pada tubuh, seperti kadar natrium pada urine, pankreas, air liur, dan keringat. Sehingga berfungsi juga pada pengaturan tekanan darah dan juga meminimalisir dehidrasi pada tubuh.
  • Zona fasikulata memproduksi glukokortikoid yang berfungsi untuk merangsang pembentukan glukosa pada proses glukoneogenesis.
  • Zona retikularis memproduksi gonakortikoid yang berfungsi sebagai hormon seksual. Hormon inilah yang merangsang perubahan fisik saat perkembangan awal organ seksual sekunder, baik pada wanita dan juga pria.

Itulah beberapa fungsi utama dari bagian korteks adrenal atau bagian korteks dari kelenjar anak ginjal.

Sponsors Link

  1. Bagian medula

Bagian dalam dari kelenjar anak ginjal adalah bagian medula. Bagian ini sering juga disebut sebagai medula adrenal. Fungsi kelenjar anak ginjal di bagian medula ini antara lain dijelaskan sebagai berikut.

  • Menghasilkan hormon adrenalin. Hormon adrenalin ini yang dijelaskan di atas, yaitu memiliki fungsi untuk mengubah glikogen menjadi glukosa, menaikkan tekanan darah, mempengaruhi kinerja otot, dan sebagainya.
  • Menghasilkan hormon non-adrenalin. Hormon non-adrenalin ini berfungsi berlawanan dengan hormon adrenalin. Misalnya untuk menurunkan tekanan darah dan untuk melemahkan denyut jantung.

Kedua hormon ini berhubungan dengan saraf simpatis. Karena memang medula adrenal ini berhubungan reat dengan pembuluh saraf di dalamnya dan juga pembuluh darah yang ada di sekitarnya.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai fungsi kelenjar anak ginjal baik secara umum maupun secara khusus yang perlu diketahui sebagai salah satu informasi mengenai Anatomi Saluran Kemih. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi