Sponsors Link

8 Fungsi Ginjal Buatan yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Masalah penyakit ginjal di Indonesia memang semakin tahun semakin meningkat. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi semakin tingginya tingkat kesehatan ginjal yang menurun pada seseorang. Salah satu penyebab faktor utama yaitu faktor genetik dan selanjutnya yaitu faktor pola hidup yang tidak sehat.

ads

Pola hidup yang tida sehat akan membuat seseorang mudah sekali terkena penyakit tertentu. Beberapa macam penyakit ginjal diantaranya yaitu infeksi ginjal dan sauran kemih , ureterolithiasis , penyakit sistem kemih dan penyakit ginjal yang lainnya.

Hal tersebut menyebabkan seseorng harus melakukan pengobatan secara khusus. Biasanya penyakit ginjal tidak cukup dengan menggunakan pengobatan tradisionala saja dikarenakan penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit yang serius dan perlu tindakan yang khusus dan intensif. Ada beberapa jenis penyakit ginjal yang membutuhkan ginjal bantuan , dalam artian ginjal slinya diganti dengan ginjal buatan. Berikut mengenai penjelasan dari fungsi ginjal buatan.

Fungsi Ginjal Buatan

Ginjal merupakan salah satu organ yang penting didalam tubuh manusia.  Ginjal mempunyai banyak fungsi yang nantinya akan menunjang kinerja organ lain. Fungsi ginjal sendiri antara lain yaitu sebagai penyaring darah , penyaring zat sisa makanan yang dikonsumsi , menstabilkan cairan dalam tubuh serta konsentrasi ion didalam tubuh manusia.

Namun seringkali kondisi penyakit ginjal yang dihadapi membutuhkan pemanfaatan ginjal buatan. Biasanya yang memiliki kondisi ginjal pun apabila penyakitnya sudah parah harus melakukan pencangkkokan atau penggatian ginjal dengan ginjal buatan.

Ginjal buatan merupakan alat yang didesign persis seperti organ ginjal asli. Ginjal buatan mempunyai fungsi yang sama dengan ginjal aslli , meskipun mungkin terdapat perbedaan , namun hanya sedikit . Berikut mengenai fungsi ginjal buatan :

1. Menyaring Darah

Fungsi ginjal buatan yang pertama yaitu menyaring darah , sesuai dengan fungsi ginjal asli ginjal buatan memang didesign untuk menggantikan kinerja ginjal buatan. Penyaringan darah ini disebut dengan proses filtrasi didalam tubuh, ginjal buatan ini menyaring darah kotor yang mengandung sisa metabolisme dan racun-racun yang masuk ke dalam tubuh.

Pada penderita ginjal yang memutuhkan pengganti ginjal asli , ginjal buatan in memang sangat tepat untuk solusinya. Namun meskipun sudah mempunyai pengganti ginjal asli , tetap dianjurkan untuk selalu menjaga pola hidup serta rutin melakukan konsultasi dengan dokter. Saat buang air kecil keluar darah bisa saja menjadi indikasi ada masalah pada ginjal asli dan membutuhkan ginjal buatan sebagai pengganti ginjal yang telah tidak berfungsi.

2. Memproduksi Hormon

Fungsi ginjal buatan selanjutnya adalah untuk memproduksi hormon-hormon penting didalam tubuh. Di dalam tubuh memproduksi bebeberapa hormon yang berbeda fungsinya. Seperti hormon testosteron pada lelaki dan hormon progesteron pada wanita. Kedua hormon tersebut pasti mempunyai perbedaan fungsi. Ginjal buatan didesign mampu membuat atau mampu memproduksi hormon demi kepentingan kesehatan didlam tubuh. Makanan tinggi kasium oksalat sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan , karena tidak baik pada kinerja  ginjal buatan untuk memoroduksi hormon.

Sponsors Link

4. Mengatur Tekanan Darah

Ginjal asli mempunyai fungsi dalam pengaturan tekanan darah didalam tubuh. Ginjal buatanpun juga mampu menyerupai ginjal asli yaitu mengatur tekanan darah. Ginjal berperan dalamenyaring darah yang nantinya akan dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh , jika aliran darah tersebut lancar maka tekanan darah didalam tubuh juga akan normal.

Berbeda jika ginjal mengalami kerusakan dan tidak mampu untuk menyaring darah akan menyebabkan darah tidak mengalir secara maksimal yang akan mengakibatkan darah menumpuk dan tersumbat sehingga membuat jantung bekerja lebih keras saat memompo. hal tersebut dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Tes urine penyakit ginjal merupakan salah satu cara untuk mendeteksi penyakit ginjal sejak dini.

ads

5.  Membuang Racun Di Dalam Tubuh

Fungsi ginjal buatan yang kelima yaitu diigunakan untuk membuang racun yang masuk ke dalam tubuh. Masuknya racun kedalam tubuh bisa melalui berbagai cara seperti mengkonsumsi makanan tertentu yang kurang sehat. Racun yang masuk kedalam tubh akan berbahaya jika tidak dikeluarkan.

Hal tersebut dapat menyebabkan tubuh mudah sekali terserang penyakut baik peyakit ringan, sedang maupun penyaki yang berat. Untuk tu penderita ginjal yang telah rusak total sangat membutuhkan bantuan dari ginjal buatan ini. Saat buang air kecil keluar cairan putih hal tersebut mungkin juga sebagai indikasi adanya racun didalam tubuh.

6. Menggerakkan Fungsi Biologis dari Ginjal

Setiap organ yang ada didaam tubuh memiliki fungsinya masing-masing , fungsi-fungsi tersebut sangat penting bagi tubuh kita. Banyak sekali fungsi ginjal yang mempengaruhi organ didalam tubuh lainnya. Maka sering kali apabila ginjal mengalami kerusakan , organ lainnya pun juga akan mempengaruhi kinerja organ lainnya. Sehingga ginjal buatanpun menjadi solusi untuk pengganti ginjal asli.

Saat Buang air kecil terasa panas bisa disebabkan karena fungsi ginjala sudah mulai rusak. Saat ginjal buatan diciptakan di area medis ini sangat membantu pengobatan ginjal yang telah rusak . Pasien penderita ginjal tidak perlu mendapatkan donor , karena untuk mendapatkan donor ginjal juga sulit jadi menggunakan ginjal buatan.

7. Mengasilkan Urine

Ginjal buatan juga mampu mengahasilkan urine seperti ginjal asli pada umumnya. Memang alat ginjal buatan ini diyakini sangat multi fungsi karena mampu menyerupai ginjal seperti aslinya. Urine merupakan salah satu sisa metabolisme didalam tubuh yang biasa dikeluarkan melalui urine. Pengolahan urine ini tentunya melewati proses filtrasi , hingga pengeluaran dari dalam tubuh keluar tubuh. Pada dasarnya warna urine juga tergantung pada makanan yang kita konsumsi. Efek samping kista ginjal salah satunya yaitu fungsi kerja ginjal yang sudah menurun , dan menyebabkan tubuh sering buang air kecil yang tidak bisa dikontrol.

8. Menyeimbangkan Cairan Didalam Tubuh

Tubuh memerlukan cairan , dan perlu dijaga keseimbangannya. Keseimbangan cairan didalam tubuh merupakan salah satu tugas ginjal untuk mengaturnya. Pada ginjal buatn juga dapat melakukan fungsi ini. Cairan yang berlebihan tidak bagus untuk kesehatan , ttapi cairan yang kurang juga tidak baik untuk kesehatan karea dapat mengakibatkan dehidrasi. Sebaiknya cairan didalam tubuh seimbang agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Penjelasan diatas merupakan berbagai fungsi ginjal buatan. Seseorang yang mengguanakan ginjal buatan diharapkan mampu untuk menjaga kesehatannya dengan cara olahraga ringan yang teratur serta mengatur pola hidupnya.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan