Sponsors Link

Fungsi Ginjal dan Bagian Bagian Ginjal Manusia

Sponsors Link

Masing masing orang mempunyai sepasang ginjal di dalam tubuh yang juga harus dijaga kesehatannya seperti organ lain agar bisa bekerja dengan baik sekaligus mencegah berbagai ciri ciri penyakit ginjal. Organ ginjal sendiri memiliki banyak fungsi, bagian dan juga jenis pemeriksaan fungsi ginjal yang sangat penting untuk diketahui agar anda bisa menjaga kesehatan ginjal dengan lebih maksimal.

ads

Fungsi Organ Ginjal

Ginjal berada di sepanjang dinding otot bagian belakang atau otot posterior rongga perut dengan bentuk menyerupai kacang berukuran sekitar kepalan tangan dengan panjang sekitar 12 sentimeter dan lebar 6 sentimeter. Beberapa fungsi penting dari organ ginjal diantaranya adalah:

  1. Membuang Racun Dalam Tubuh

Seperti organ lain, fungsi ginjal juga sama pentingnya bagi tubuh manusia. Fungsi bagian organ ginjal yang paling utama adalah untuk menyaring berbagai limbah atau zat zat beracun dari dalam tubuh yang berasal dari obat obatan, makanan dan juga zat beracun lainnya.

  1. Menyaring Darah

Organ ginjal juga bertugas menyaring hingga 200 liter darah per hari. Dari begitu banyak darah yang disaring, hanya ada sekitar 2 liter zat buangan yang harus dikeluarkan bersama dengan urine. Untuk itulah ginjal juga dilengkapi dengan sepasang ureter, satu kandung kemih dan uretra yang nantinya akan membuang urine dari dalam tubuh. Jika ginjal bermasalah, maka penyakit yang harus cuci darah bisa terjadi.

  1. Menyerap Kembali Zat Penting

Selain bertugas untuk membuang zat sisa dari dalam tubuh, fungsi bagian organ ginjal lainnya adalah untuk menyerap kembali beberapa zat yang masih dibutuhkan oleh tubuh seperti gula, asam amino, kalium, natrium dan juga beberapa nutrisi lainnya. Fungsi ginjal ini nantinya akan dipengaruhi dengan kelenjar adrenal yang ada di bagian atas masing masing organ ginjal sehingga harus dijaga kesehatannya agar gejala awal penyakit ginjal tidak terjadi. Kelenjar adrenal nantinya akan menghasilkan hormon aldosteron yang berguna untuk menyerap kalium dari urine menuju pembuluh darah agar bisa kembali digunakan oleh tubuh.

  1. Menghasilkan Beberapa Hormon

Tidak hanya ini fungsi dari organ ginjal, namun organ berbentuk seperti kacang merah ini juga memiliki tugas untuk menghasilkan banyak hormon yang berguna bagi tubuh.

  • Renin yang berguna untuk mengatur tekanan darah.
  • Entropoletin atau EPO yang merupakan hormon untuk merangsang sumsum tulang belakang agar bisa memproduksi sel darah merah.
  • Kalsitriol yakni bentuk aktif vitamin D yang akan membantu dalam menjaga kesehatan tulang manusia.

Bagian Ginjal Manusia

Jika dilihat secara umum, anatomi atau bagian ginjal manusia terdiri dari tiga bagian yakni korteks ginjal, medula ginjal dan juga pelvis ginjal.

  1. Korteks Ginjal

Korteks merupakan bagian dari ginjal terluar yang dikelilingi kapsul ginjal serta lapisan lemak. Bagian ginjal ini berfungsi sebagai pelindung struktur dalam ginjal dari berbagai jenis kerusakan.

  1. Medula Ginjal

Medula ginjal merupakan bagian organ ginjal yang halus terdiri dari lengkung Henle dan piramida ginjal yakni struktur kecil berisi tubulus dan nefron. Tubulus tersebut yang kemudian bertugas mengangkat cairan masuk ke ginjal dan membawa urine keluar dari ginjal dan frekuensi buang air kecil normal bisa dijaga dengan baik.

  1. Pelvis Ginjal

Pelvis ginjal merupakan bagian paling dalam dari organ ginjal dengan bentuk seperti corong. Fungsi dari pelvis ini adalah untuk jalur cairan agar bisa berpindah dari ginjal menuju kandung kemih. Pelvis ginjal terdiri dari 2 bagian yakni calyces berupa ruang berbentuk seperti cangkir sebagai tempat cairan berkumpul sebelum menuju kandung kemih. Cairan ini nantinya akan masuk ke hilum yakni lubang kecil yang akan mengalirkan cairan ke kandung kemih. 

Sponsors Link

Selain beberapa bagian ginjal utama, organ ini juga terdiri dari nefron yang terletak di sepanjang kortek sampai medula ginjal. Fungsi dari nefron ini adalah untuk menyaring darah, menyerap nutrisi dan juga mengalirkan zat buangan ke urin. Nefron tersebut terdiri dari beberapa bagian yakni:

  • Badan malphigi atau korpus ginjal: Terdiri dari 2 bagian yakni glomerulus atau kumpulan kapiler yang menyerap protein dari darah dan juga kapsul bowman yang merupakan ciri ciri ginjal sehat.
  • Tubulus ginjal: Kumpulan tabung yang menjalar dari kapsul Bowman menuju tabung pengumpul atau tubulus kolestivus dimana tubulus ginjal ini terdiri dari tubulus proksimal, lengkung Henle dan juga tubulus distal.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi