Sponsors Link

4 Fungsi Arteri Ginjal Jarang Diketahui

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu bagian tubuhmu yang paling penting. Organ yang satu ini, meskipun hanya berukuran tidak lebih dari segenggam tangan orang dewasa, nyatanya memiliki fungsi yang sangat penting untuk tubuh manusia. Oleh karena itulah, idealnya semua orang mengetahui apa saja bagian-bagian ginjal agar bisa merawatnya dengan baik. Tentunya kita tidak perlu mengetahui hingga bagian yang paling detail, tetapi setidaknya kita mengetahui prinsip-prinsip umum mengenai organ-organ yang kita miliki seperti sumsum ginjal atau yang lain.

ads

Apakah kamu telah mengetahui apa saja fungsi-fungsi bagian ginjal? Apakah kamu mengetahui kalau salah satu bagian ginjal yang bernama arteri ginjal memiliki fungsi arteri ginjal yang penting untuk kamu ketahui? Lalau bagaimana cara merawatnya? Apa saja yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan arteri ginjal tersebut?

Buat kamu yang belum mengetahui jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan di atas, maka ada baiknya kamu membaca artikel ini sampai tuntas ya! Berikut ini akan kita bahas beberapa hal tentang ginjal dan bagian-bagiannya, khususnya pada fungsi arteri ginjal yang kita miliki.

Bagian-bagian Ginjal

Ginjal adalah organ tubuh yang terdiri dari kurang lebih sekitar dua puluh bagian. Beberapa bagian ginjal antara lain adalah arteri ginjal, kelenjar adrenal, vena ginjal, vena cava inferior, aorta abdominalis, kandung kemih, uretra, calyces, pelvis, ureter, medula, korteks, nefron, tubulus kontortus proksimal, lengkung henle, glomerulus, kapsul bowman, tubulus kontortus distal, dan tubulus kolektivus. Bagian-bagian ini bisa menunjukkan ciri ciri infeksi ginjal apabila memang terjadi infeksi ginjal atau penyakit yang lain.

Bisa kamu lihat betapa banyaknya bagian-bagian ginjal di atas bukan? Bagian-bagian tersebut memiliki fungsi masing-masing yang saling bekerja sama untuk melakukan tugas yang perlu dilakukan oleh ginjal. Salah satu bagian dari ginjal yang penting untuk diperhatikan adalah arteri ginjal. Apakah kamu tahu apa itu arteri ginjal? Buat kamu yang belum tahu, mari kita bahas apa itu arteri ginjal dan apa saja fungsi arteri ginjal.

Arteri Ginjal dan Fungsinya

Arteri ginjal adalah salah satu bagian ginjal yang pada intinya memiliki kesamaan dengan pembuluh arteri pada bagian tubuh yang lain. Dengan kata lain, arteri ginjal adalah suatu nama bagian ginjal yang berupa pembuluh nadi yang berfungsi untuk membawa darah ke dalam ginjal dari berbagai aliran ginjal yang ada di tubuhmu.

Darah dari semua bagian tubuhmu akan masuk ke ginjal melalui pembuluh arteri yang terdapat pada ginjal. Sebaliknya, vena ginjal adalah pembuluh tempat ginjal mengeluarkan aliran darah yang telah disaring oleh ginjal. Oleh karena arteri ginjal adalah pembuluh darah, maka tingkat aktivitas dari arteri ginjal juga sedikit banyak akan dipengaruhi oleh aktivitas jantung dalam mengalirkan darah pada ginjal.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari arteri ginjal:

1. Mengalirkan darah dari bagian luar ginjal ke dalam ginjal

Fungsi pertama dari pembuluh arteri ginjal, sebagaimana yang telah disebutkan di atas adalah untuk mengalirkan darah dari luar menuju ke dalam ginjal. Oleh karena itulah, apabila pembuluh yang satu ini mengalami kerusakan tertentu, maka asupan darah ke dalam ginjal pun akan mengalami gangguan. Apabila suplai darah menuju ginjal terganggu, maka ginjal tidak akan bisa berperan menjalankan tugasnya dengan baik.

Sponsors Link

2. Menjadi sumber masuknya darah kotor yang perlu disaring oleh ginjal

Fungsi arteri ginjal berikutnya adalah sebagai jalan atau sumber masuknya darah kotor yang perlu disaring oleh ginjal. Darah kotor yang berasal dari berbagai bagian tubuh masuk ke dalam arteri ginjal bersamaan dengan darah lain yang mengandung zat-zat penting untuk tubuh dan akan disaring oleh bagian ginjal yang lain.

Dengan kata lain, apabila arteri ginjal mengalami gangguan, maka arus darah ke dalam tubuh pun akan terganggu dan ginjal tidak akan bisa maksimal dalam menyaring darah kotor ataupun menyaring darah yang mengandung gizi penting untuk tubuh kita. Oleh karena itulah pembuluh darah arteri ginjal harus dijaga kesehatannya dengan baik, salah satunya adalah dengan cara berolahraga secara rutin untuk melatih otot tubuh agar tetap kuat. Merokok memiliki kemungkinan mengganggu hal ini, sehingga kamu harus mewaspadai hubungan merokok dengan gagal ginjal sebagai salah satu wawasan tambahan.

3. Mengalirkan berbagai macam zat penting yang dibutuhkan oleh ginjal

Melalui pembuluh darah arteri ginjal, maka berbagai zat penting yang dibutuhkan oleh ginjal agar bisa bekerja dengan baik bisa disalurkan. Tanpa ada pembuluh arteri, tentunya zat-zat yang penting untuk ginjal tidak bisa masuk ke dalam ginjal dengan baik. Oleh karena itulah pembuluh arteri penting untuk dijaga kesehatannya agar tidak mengalami kerusakan dan tidak bisa mengalirkan zat-zat penting untuk ginjal dengan baik.

Sponsors Link

4. Mengalirkan darah masuk ke dalam glomerulus

Fungsi arteri ginjal yang satu ini sebenarnya satu paket dengan fungsi ginjal yang lainnya. Maksudnya adalah, oleh karena arteri ginjal merupakan tempat masuknya darah ke dalam ginjal, maka sebenarnya arteri ginjal juga tempat masuknya darah yang bersumber dari berbagai aliran darah dalam tubuh agar bisa masuk ke dalam glomerulus. Dengan demikian, darah bisa disaring oleh ginjal dan dipisahkan zat-zat yang kotor dari darah. Apabila fungsi ini terganggu, tentu saja kematian pada pasien gagal ginjal atau yang lain bisa terjadi.

Itulah beberapa fungsi arteri ginjal yang perlu untuk kamu ketahui. Dengan mengetahui beberapa macam fungsi arteri ginjal di atas, telah kita ketahui betapa pentingnya arteri ginjal bukan? Oleh karena itulah kamu perlu menjaga kesehatan ginjal dan arteri ginjal dengan melakukan olahraga yang teratur, meminum air dengan cukup, dan berbagai macam aktivitas lain yang bisa membantu menyehatkan kesehatan ginjal.

Selamat menjaga kesehatan ginjalmu!

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi