Sponsors Link

19 Faktor Penyebab Gagal Ginjal yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Gagal ginjal adalah sebuah penyakit yang menyerang ginjal sehingga membuat organ tersebut tidak bisa bekerja dengan baik. Penyakit gagal ginjal memiliki beberapa tingkatan, mulai dari pra gagal ginjal hingga gagal ginjal kronis dan gagal ginjal akut. Penyakit ini tidak hanFaktor Penyebab Gagal Ginjalya bisa menyerang orang tua saja, tetapi juga bisa terjadi pada anak muda. Banyak faktor yang bisa menyebabkan penyakit gagal ginjal yang patut untuk diwaspadai. Berikut adalah beberapa faktor penyebab penyakit gagal ginjal yang wajib untuk diketahui:

ads

Secara Medis

1. Kurangnya aliran darah pada ginjal

Terdapat penurunan aliran darah menuju ginjal karena adanya masalah pada organ tubuh lain. Penurunan asupan darah ini membuat racun-racun di dalam tubuh tidak tersaring dengan sempurna dan ginjal tidak bisa bekerja dengan maksimal. Pada penderita penyakit jantung, kekurangan darah pada ginjal adalah faktor penyebab gagal ginjal prerenal.

Baca juga:

2. Adanya gangguan pada sistem imun tubuh.

Para penderita penyakit imun seperti lupus sangat rentan terkena gagal ginjal. Penyakit lupus membuat sistem imun tubuh menyerang organ-organ lain di dalam tubuh karena dianggap sebagai benda asing.

3. Konsumsi obat-obatan tanpa resep dokter.

Salah satu faktor penyebab gagal ginjal adalah obat-obatan yang dijual secara bebas di warung rtanpa resep dokter. Kandungan bahan kimia pada obat-obatan yang dijual bebas di warung sangat tidak aman untuk dikonsumsi jangka panjang. Obat semacam ini meningkatkan resiko kerusakan ginjal. Obat anti inflamasi non-steroid dan obat analgetik untuk meringankan nyeri sakit kepala dapat menyebabkan gagal ginjal. Selain itu obat jenis anti biotika aminoglikosid juga bisa memicu gagal ginjal. Obat ini biasanya digunakan untuk melawan bakteri dalam tubuh yang menyebabkan diare, tipus, dan lain sebagainya.

Baca juga:

4. Hipertensi

Tingginya tekanan darah membuat aliran darah bertambah kuat dan memberatkan kerja ginjal. Semakin tinggi aliran darah, maka semakin banyak pula zat-zat beracun dan cairan limbah yang harus disaring oleh ginjal. Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus akan membuat kinerja ginjal menurun dan ginjal akan mengalami kerusakan secara perlahan. Penurunan fungsi ginjal adalah fase awal dari gagal ginjal.

5. Serangan jantung

Saat seseorang terkena serangan jantung, aliran darah ke seluruh tubuh akan bermasalah, termasuk aliran darah menuju ginjal. Bahkan ginjal bisa tidak menerima darah sama sekali. Jika tidak ada aliran darah ke ginjal, maka limbah tubuh akan menumpuk pada jantung. Sebelum mengalami gagal ginjal, penderita jantung akan mengalami gagal jantung terlebih dahulu akibat kondisi ini.

Baca juga:

Sponsors Link

6. Kelainan sistem imun

Gagal ginjal juga bisa disebabkan oleh penyakit dan kelainan tertentu, seperti kelainan pada sistem imun. Kondisi ini biasanya dirasakan oleh mereka yang menderita penyakit lupus. Pada penyakit ini, sistem imun tubuh menyerang berbagai organ di dalamnya karena dianggap sebagai benda asing yang berbahaya, termasuk ginjal.

7. Penyumbatan saluran kencing

Kondisi ini biasanya terjadi pada penderita batu ginjal. Batu ginjal menyebabkan cairan limbah dan zat racun tidak dapat keluar dari dalam tubuh. Dengan demikian kotoran akan menumpuk di dalam tubuh dan memberatkan kerja ginjal. Jika kondisi ini dibiarkan, akan berujung pada gagal ginjal.

Baca juga:

8. Diabetes

Diabetes disebut sebagai faktor penyebab gagal ginjal terbesar. Penyakit ini membuat penderita harus membatasi asupan gula yang masuk di dalam tubuh. Sementara ginjal memerlukan kadar gula yang cukup di dalam tubuh agar bisa bekerja dengan maksimal. Diabetes menjadi salah satu penyebab terbesar terjadinya gagal ginjal bersama dengan hipertensi.

ads

9. Hipovolemia

Istilah ini mungkin belum akrab di telinga Anda. Hipovolemia adalah sebuah keadaan di mana seseorang kehilangan banyak darah sehingga menyebabkan jumlah darah di dalam tubuh menurun drastis. Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai hal seperti kecelakaan, operasi medis, atau pendarahan hebat. Meski langka, jika kondisi ini tidak segera ditangani akan menyebabkan gagal ginjal.

Baca juga:

Gaya Hidup

1. Suka makan daging tinggi protein

Jika Anda suka mengonsumsi daging hewan seperti sapi dan kambing yang tinggi protein dalam jumlah banyak, Anda akan memberatkan kerja ginjal untuk menyaring protein agar tidak tercampur ke dalam urine. Ginjal yang sehat mampu menyaring protein agar tidak tercampur ke dalam urine. Salah satu gejala gagal ginjal adalah urine yang berbusa, pertanda bahwa ginjal tidak lagi mampu menyaring protein.

2. Suka minuman beralkohol

Alkohol memang sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Di supermarket, alkohol dijual secara bebas dan dapat dibeli oleh siapa saja yang sudah cukup umur. Aliran alkohol yang masuk ke dalam tubuh akan sangat membebani organ ginjal. Untuk menyaring semua racun yang ada dalam alkohol dan menetralisirnya, ginjal harus bekerja dua kali lebih keras. Jika kebiasaan ini terus menerus dilakukan, maka ginjal harus bekerja keras setiap harinya yang bisa berujung pada gagal ginjal.

Baca juga:

3. Kurang minum air putih

Untuk menjaga ginjal agar tetap sehat, Anda harus banyak minum air putih, minimal 2 liter per hari sesuai dengan anjuran dokter. Kekurangan cairan akan membuat tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga. Tidak hanya itu saja, jika dehidrasi terjadi secara terus menerus akan membuat fungsi ginjal terganggu. Ginjal tidak bisa melakukan sekresi dengan maksimal dan bisa menjadi penyebab penyakit gagal ginjal. Dehidrasi adalah salah satu faktor penyebab gagal ginjal.

4. Minum minuman berenergi

Aktivitas yang padat memang menuntut kondisi tubuh yang selalu fit. Untuk menunjang itu semua, minuman berenergi sering menjadi pilihan untuk menjaga tubuh tetap bugar dan bertenaga. Hasil yang ditunjukkan memang instan dan segera, sehingga banyak orang menjadi bergantung pada minuman ini. Jika sudah menjadi kebiasaan, dampaknya akan sangat buruk bagi tubuh terutama untuk ginjal. Minuman energi adalah penyebab terjadinya gagal ginjal pada seseorang.

Baca juga:

5. Meminum jamu tradisional

Jamu tradisional dikenal sangat mujarab dan berkhasiat untuk berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga mengobati badan yang pegal-pegal. Jamu tradisional biasanya berbentuk serbuk yang diseduh dengan air panas lalu diminum. Cairan jamu yang masuk ke dalam tubuh akan meninggalkan endapan atau residu pada ginjal karena tidak bisa dilarutkan di dalam tubuh. Jika residu ini terus menerus bertambah akan menyebabkan kerusakan pada ginjal yang berujung pada gagal ginjal.

Sponsors Link

6. Suka minum kopi dan teh

Kopi dan teh adalah dua jenis minuman yang paling populer di seluruh dunia. Minum kopi dan teh bahkan telah menjadi gaya hidup di beberapa negara di dunia. Kopi bisa membuat Anda tetap terjaga di tengah-tengah padatnya aktivitas. Namun kedua minuman ini sama-sama mengandung kafein yang dampaknya tidak baik untuk ginjal. Meminum kopi dan teh secara berlebihan akan membuat fungsi ginjal lambat laun menurun.

Baca juga:

7. Malas berolahraga

Olahraga mempunyai manfaat yang sangat besar secara keseluruhan, tidak hanya untuk ginjal Anda saja. Dengan berolahraga, seluruh organ tubuh termasuk ginjal akan dapat bekerja dengan maksimal dan racun-racun dalam tubuh akan dikeluarkan melalui keringat. Kebiasaan malas berolahraga akan membuat seseorang lebih mudah terjangkit penyakit.

8. Merokok

Kebiasaan merokok harus segera dihentikan jika Anda ingin punya tubuh dan ginjal yang sehat. Tidak ada kandungan di dalam rokok yang baik untuk kesehatan tubuh. Merokok berarti menambah jumlah racun yang masuk ke dalam tubuh, dengan demikian membuat kerja ginjal semakin berat. Merokok tidak hanya mengancam kesehatan paru-paru saja, tetapi juga bisa menimbulkan kerusakan pada ginjal.

9. Suka minuman bersoda

Sama seperti kafein dan minuman energi, minuman yang bersoda juga tidak baik untuk ginjal. Minuman-minuman yang tidak menyehatkan tubuh seperti ini akan mengganggu kerja ginjal dalam menyerap gizi dan menyaring racun di dalam tubuh.

Baca juga:

10. Tidak memperhatikan kadar gula dalam darah

Diabetes adalah salah satu penyebab utama penyakit gagal ginjal. Oleh sebab itu penderita diabetes harus memperhatikan dan mengecek secara rutin kadar gula di dalam darahnya. Jika kadar gula melebih yang seharusnya, fungsi penyaringan pada ginjal akan rusak dan menyebabkan gagal ginjal.

Itulah berbagai faktor penyebab gagal ginjal yang patut untuk di waspadai. Terapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga dan memperbanyak konsumsi serat. Gaya hidup sehat adalah kunci untuk terhindar dari banyak penyakit. Penyakit menyerang tubuh karena banyak hal, termasuk karena kebiasaan-kebiasaan kecil yang dianggap sepele dan dilakukan secara terus menerus. Selamat bergaya hidup sehat!

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :