Sponsors Link

Fakta Sistem Urine Dalam Tubuh yang Penting Untuk Dipahami

Sponsors Link

Sistem urine manusia terdiri dari beberapa buah organ dan ginjal menjadi organ dengan banyak fungsi paling banyak di antara organ lain. Dari data biaya klaim rawat jalan tingkat lanjut BPJS Kesehatan, masalah infeksi sistem urin atau saluran kemih menjadi penyakit tidak menular yang bisa menghabiskan dana hingga mencapai tiga triliun Rupiah dan menjadi salah satu kasus terbanyak. Seorang ahli juga mengatakan jika kasus sistem urine yakni penyakit ginjal bisa terjadi pada siapa saja termasuk dewasa dan anak anak. Mengetahui begitu penting sistem urin tersebut, berikut kami berikan beberapa fakta sistem urine dalam tubuh yang perlu anda ketahui dan pahami.

ads

Apakah Sistem Urine?

Dalam tubuh manusia bisa menghasilkan banyak zat sisa seperti karbon dioksida, keringat, urine dan juga feses yang akan dikeluarkan dengan banyak cara. Sebelum akan dikeluarkan lewat saluran kemih, hasil sisa metabolisme yakni air, garam dan juga racun masih tersimpan di dalam darah. Zat sisa dalam darah tersebut bisa berbahaya untuk tubuh sehingga darah harus disaring sistem urine khususnya bagian organ ginjal supaya bisa ikut terbuang bersama dengan urine.

Fakta Sistem urine Dalam Tubuh

Selain berguna untuk menyaring darah, ginjal juga bertugas untuk mengendalikan kandungan air dalam tubuh sehingga jaringan dalam tubuh dipastikan bisa memperoleh kadar air dalam jumlah cukup dan bekerja dengan baik. Beberapa fakta sistem urine dalam tubuh yang harus anda ketahui diantaranya adalah:

  1. Bau Urine Memiliki Arti Tersendiri

Dalam sebuah kondisi, urine bisa berbau seperti asparagus atau memiliki aroma yang manis. Aroma yang ditimbulkan dari urine tersebut memiliki banyak macam arti. Jika aroma asparagus yang timbul bersama urine, ini kemungkinan terjadi karena efek asparagus yang baru saja dikonsumsi. Akan tetapi jika urine yang dikeluarkan berbau atau beraroma manis, maka bau tersebut bisa dijadikan pertanda jika seseorang terkena diabetes atau infeksi sistem urine yang lain yang menjadi salah satu perbedaan urine normal dan diabetes.

  1. Benarkah Urine Aman Diminum?

Beberapa traveller atau petualang percaya jika minum air kencing atau urine di saat waktu yang mendesak bisa dan aman dilakukan. Sedangkan beberapa orang juga mengatakan jika minum urine bisa menyembuhkan banyak penyakit yang ada di dalam tubuh. Pendapat tersebut sebenarnya masih menjadi perdebatan banyak pihak akan tetapi sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan.

Selain karena kondisi urine yang sudah tidak lagi steril sesudah melewati uretra sebagai proses terbentuknya urine, beberapa zat yang terkandung dalam urine sebenarnya merupakan zat sisa hasil buangan yang seharusnya memang tidak dikonsumsi kembali. Meski memang kasusnya jarang terjadi, akan tetapi tetap ada kemungkinan jika urine yang sudah dikeluarkan tersebut mengandung racun.

  1. Urine Berwarna Memperlihatkan Tanda Kesehatan

Selain memiliki bau yang berbeda, warna air kencing atau urine juga bisa berubah ubah dimana dalam keadaan normalnya akan berwarna sedikit kekuningan. Akan tetapi, beberapa jenis makanan atau minuman tertentu yang sudah dikonsumsi juga bisa menjadi faktor perbedaan warna urine yang bahkan bisa membuat warna urine menjadi agak merah muda hingga biru.

Namun, alangkah lebih baik jika anda tetap waspada jika ada darah yang terkandung dalam urine sehingga urine berwarna merah sebab kondisi tersebut menandakan jika ada sesuatu yang salah dalam tubuh anda khususnya tentang bagian organ ginjal.

  1. Posisi Tepat Untuk Buang Air Kecil

Untuk pasien gangguan saluran kencing bagian bawah atau lower urinary tract syndrome termasuk juga pria, maka posisi buang air kecil secara duduk akan terasa lebih nyaman jika dibandingkan dengan posisi kencing berdiri. Selain itu ketika berdiri, maka tubuh akan memerlukan lebih banyak usaha serta kontraksi beberapa otot agar bisa mempertahankan keseimbangan. 

Sponsors Link

Sedangkan ketika buang air kecil memakai posisi duduk, maka otot yang ada di area panggul serta pinggul bisa lebih rileks dan akhirnya buang air kecil akan lebih mudah, frekuensi buang air kecil normal dan lancar untuk dilakukan.

Demikian ulasan singkat dari kami kali ini seputar fakta sistem urine dalam tubuh yang sangat penting untuk diketahui. Dengan beberapa poin yang sudah kami sampaikan, maka diharapkan anda bisa lebih menjaga kesehatan sistem urine khususnya ginjal sebab fungsinya yang sangat penting bagi seluruh tubuh.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi