Sponsors Link

10 Etiologi Gagal Ginjal Wajib Diketahui

Sponsors Link

Gagal ginjal adalah salah satu jenis penyakit ginjal yang banyak diderita oleh hampir semua kelompok umur, baik anak kecil, sampai dengan orang yang sudah tua. Oleh karena itu, semua orang seharusnya mewaspadai akan bahaya penyakit ginjal, salah satunya dengan mengetahui etiologi gagal ginjal, atau penyebab-penyebab gagal ginjal itu sendiri.

ads

Dengan mengetahui etiologi gagal ginjal, kita dapat mendeteksi adanya kelainan ginjal sejak dini sehingga dapat mengobati dengan lebih cepat dan tentunya menghindari akibat-akibat lain yang bisa jadi lebih parah. Mengetahui gejala penyakit ginjal, seperti gagal ginjal, dapat membantu kita untuk menghindari bertambah parahnya penyakit yang kita derita. Oleh karena itu dalam artikel ini kita akan membahas penyebab gagal ginjal atau etiologi gagal ginjal.

Penyebab gagal ginjal atau etiologi gagal ginjal sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan penyebab ginjal bengkak, penyebab ginjal bocor, penyebab ginjal kotor dan lain sebagainya. Hanya saja memang ada pula perbedaan tersendiri, sehingga cara mengatasi gagal ginjal pun juga akan berbeda dengan cara mengatasi ginjal bocor ataupun cara mengatasi batu ginjal meskipun ada kesamaan-kesamaan pada bagian-bagian tertentu.

Lantas, apa saja etiologi gagal ginjal tersebut? Buat kamu yang belum tahu, berikut ini kami rangkum penyebab gagal ginjal baik pada anak-anak, remaja, sampai dengan orang dewasa. Apa saja itu? Simak di bawah ini ya!

1. Kecacatan lahir pada saluran kemih

Etiologi yang pertama adalah adanya kelainan pada saluran kemih atau pembuangan yang terbentuk sejak kecil. Cacat yang dimaksud dapat terjadi pada ginjal, ureter, kandung kemih, atau pada bagian uretra. Contoh dari kecacatan lahir ini misalnya penyempitan ureter, penyempitan uretra, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi etiologi serta kelainan yang satu ini, biasanya dilakukan dengan jalan operasi atau pengobatan jangka panjang. Cacat lahir ini dapat dicegah dengan memiliki pola konsumsi yang baik selama masa kehamilan oleh ibu yang mengandung anaknya. Oleh karena itu, buat calon ibu dan ayah sekalian, perhatikan kondisi bayi kalian dengan baik ya.

2. Adanya penyumbatan pada saluran kemih

Penyebab yang kedua agaknya masih berkaitan dengan penyebab yang pertama di atas, hanya saja yang terjadi pada masalah kedua ini adalah adanya penyumbatan pada saluran yang menghubungkan antara ginjal sampai pada ureter. Sumbatan ini bisa diakibatkan banyak hal. Untuk mengobatinya dapat dilakukan dengan cara pembedahan oleh dokter dan pembersihan saluran kemih serta mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk mencegah timbunan oksalat yang dapat berkembang menjadi batu ginjal atau yang semacamnya agar tidak terjadi penyumbatan pada saluran kemih.

3. Adanya gangguan refluks

Penyebab gagal ginjal berikutnya adalah adanya masalah refluks. Refluks biasanya sering terdeteksi atau terjadi setelah seorang anak memiliki infeksi saluran kemih. Refluks adalah sebuah istilah yang menunjukkan adanya kenaikan urine kembali dari saluran kandung kemih menuju ginjal, sementara yang seharusnya terjadi adalah urine turun dari ginjal ke saluran kemih. Kejadian ini dapat disebabkan oleh adanya cacat pada “katup” antara ureter dan kandung kemih. Refluks dapat menyebabkan infeksi yang parah pada ginjal dan membuat kinerja ginjal ikut terganggu. Apabila sudah sangat parah, refluks dapat membuat terjadinya gagal ginjal pada anak Anda.

Sponsors Link

Pada beberapa kasus, operasi harus dilakukan untuk memperbaiki gangguan refluks. Akan tetapi, pengobatan herbal alami sebenarnya dapat dilakukan untuk mengobati refluks yang terjadi pada anak ataupun pada orang dewasa. Para penderita refluks beserta keluarga dapat memilih pengobatan jenis apa yang akan mereka lakukan, namun disarankan untuk mengikuti keputusan dokter yang tepercaya agar tidak salah dalam memilih obat. Misalnya, pemberian antibiotik tertentu mungkin tidak cocok dengan kondisi para penderita refluks, atau yang lainnya.

4. Penyakit sindrom nefrotik

Penyakit sindrom nefrotik adalah salah satu penyebab gagal ginjal, terutama pada anak-anak. Sindrom nefrotik pada anak-anak biasanya dapat terjadi pada anak yang berusia antara 6 bulan sampai 5 tahun. Anak yang berjenis kelamin laki-laki memiliki risiko dua kali lebih besar untuk mendapatkan sindrom nefrotik dibandingkan dengan anak perempuan. Sindrom nefrotik dapat terjadi ketika ginjal yang sakit tidak mampu menjaga agar protein tidak masuk ke dalam urine dan ikut terbuang dengannya. Kejadian ini sering terjadi setelah anak-anak mengalami sakit demam atau infeksi. Pada kondisi yang sudah parah, sindrom nefrotik dapat membuat kerja ginjal mengalami penurunan secara drastis dan mengakibatkan kegagalan ginjal. Oleh karena itu, penyakit sindrom nefrotik harus benar-benar disembuhkan secepat mungkin agar tidak berpeluang mengakibatkan penyakit lain yang lebih parah.

ads

5. Inflamasi pada ginjal

Etiologi berikutnya adalah adanya inflamasi alias peradangan pada ginjal. Peradangan ginjal memiliki banyak sebab, beberapa di antaranya meliputi adanya bakteri jahat, adanya pertumbuhan sel di luar yang seharusnya, kurangnya asupan zat-zat antiinflammasi dan antioksidan, pengaruh bahan kimia dan lain sebagainya. Peradangan yang parah dapat mengganggu kinerja ginjal secara serius, sehingga dapat membuat terjadinya gagal ginjal akut.

Oleh karena itu sangat penting untuk mencegah munculnya inflamasi pada ginjal. Cara untuk mencegah terjadinya inflamasi pada ginjal, salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat bersama dengan keluarga. Terapkan pola hidup yang sehat seperti meminum dengan cukup, tidak memakan terlalu banyak garam, olahraga dengan rajin, dan lain sebagainya. Oleh karena itu kamu perlu menerapkan tips menjaga kesehatan ginjal yang kami miliki.

6. Hidronefrosis saat janin

Etiologi berikutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan terutama bagi para calon ibu dan ayah adalah penyakit hidronefrosis pada janin. Penyakit ini merupakan sebuah penyakit yang membuat satu atau kedua ginjal janin membesar atau mengecil. Perubahan ukuran tersebut dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal dan dapat menyebabkan gagal ginjal. Untuk mengatasi adanya hidronefrosis pada janin, biasanya dokter akan melakukan operasi, kecuali apabila penyempitan atau pembesaran tidak akan berpengaruh cukup besar apabila hanya bersifat ringan. Pengobatan juga bisa dilakukan oleh dokter ketika masih mengandung anaknya saat dalam masa kehamilan. Oleh karena itu, bagi calon ibu dan ayah, jangan lupa untuk selalu memerhatikan kesehatan janin Anda ya.

7. Infeksi saluran kemih

Penyebab berikutnya adalah infeksi saluran kemih yang dapat terjadi baik pada bayi ataupun orang dewasa. Bayi atau anak-anak dapat terkena infeksi saluran kemih yang disebabkan masuknya bakteri ke dalam saluran kemih. Ketika bakteri hanya menginfeksi kandung kemih, maka penyakit ini disebut dengan cystitis, sementara bila bakteri tersebut menginfeksi sampai ginjal, maka penyakit ini dikenal dengan pieonefritis. Infeksi saluran kemih dapat menjadi penyakit yang berbahaya karena dapat merusak jaringan parut serta menyababkan ginjal secara permanen sehingga akan membuat ginjal tidak lagi mampu bekerja dengan sebagaimana mestinya alias kehilangan fungsinya dan mengalami gagal ginjal.

Penyakit infeksi saluran kemih memiliki ciri-ciri di antaranya nyeri saat buang air kecil dan air seni yang keluar mengandung busa atau berdarah. Bila ginjal ikut terserang atau ikut terkena infeksi, demam dan sakit punggung juga berpotensi muncul. Sebaiknya periksakan ke dokter terdekat sebelum infeksi bertambah parah.

Sponsors Link

8. Infeksi pada ginjal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, infeksi pada ginjal adalah salah satu masalah utama yang dapat menyebabkan munculnya masalah ginjal lainnya seperti gagal ginjal. Infeksi pada ginjal menyebabkan sebagian dari dinding atau jaringan ginjal akan mengalami luka-luka. Luka tersebut dapat mengurangi kinerja ginjal dalam menyerap nutrisi dari berbagai makanan yang masuk sekaligus dapat membuatnya kehilangan kemampuan untuk menyaring zat-zat berbahaya bagi tubuh, bahkan menjadi tempat masuknya bakteri atau virus untuk menyerang sel kita. Oleh karena itu sangat disarankan untuk segera mengobati infeksi pada ginjal dengan obat-obatan ataupun tanaman dan buah-buahan yang dapat membantu memulihkan kerusakan ginjal.

9. Batu ginjal

Penyebab berikutnya dari masalah gagal ginjal adalah adanya batu ginjal baik pada saluran kemih ataupun pada ginjal itu sendiri. Batu ginjal dapat terjadi pada setiap orang lo. Walaupun masih kecil, anak-anak pun memiliki potensi untuk terserang batu ginjal karena berbagai hal. Pola hidup yang buruk serta makanan yang mengandung oksalat atau potasium tinggi dan sejenisnya dapat membuat pembentukan batu ginjal terjadi dengan sangat cepat.

Selain itu, adanya batu ginjal dapat menyumbat saluran kemih. Penyumbatan pada saluran kemih akan mengakibatkan urine rentan kembali pada ginjal alias mengalami refluks. Batu ginjal juga dapat mengakibatkan infeksi pada ginjal yang lambat laut dapat berkembang menjadi gagal ginjal. Semakin besar batu ginjal yang terdapat pada saluran kemih atau ginjal, semakin besar pula kemungkinan batu ginjal tersebut menyebabkan kita menderita gagal ginjal.

10. Gagalnya pertumbuhan ginjal

Etiologi gagal ginjal yang berikutnya adalah gagalnya ginjal tumbuh dengan baik dalam masa pertumbuhan di dalam kandungan sang ibu. Sebagaimana kita ketahui, janin yang sedang berkembang secara alamiah akan menumbuhkan atau menyempurnakan bagian tubuhnya agar kelak dapat berfungsi dengan normal. Akan tetapi dalam proses tersebut, terdapat kemungkinan gagalnya pertumbuhan ginjal sehingga mengakibatkan sang anak lahir dengan keadaan ginjal yang cacat sehingga mengalami gagal ginjal.

Sebagai langkah untuk mencegah kegagalan tersebut, maka selama dalam kandungan ibu sebaiknya mengonsumsi nutrisi yang bermanfaat dan seimbang untuk kebutuhan bayi serta sang ibu sekaligus. Dengan demikian, janin yang ada di dalam kandungan kemungkinan besar dapat lahir dengan kondisi yang normal karena disuplai dengan asupan nutrisi dan gizi yang sangat berlimpah untuk mendukung pertumbuhan badannya.

Itulah beberapa etiologi alias penyebab gagal ginjal yang dapat kita bahas dalam artikel ini. Pada intinya, kita semua harus menjaga kesehatan ginjal kita agar tidak mengalami masalah-masalah ginjal. Cara mencegah gagal ginjal juga dapat kita lakukan dengan baik agar kita terhindar dari masalah ginjal. Selamat merawat ginjalmu!

Sponsors Link
>
, ,