Sponsors Link

Bahaya Es Teh Saat Buka Puasa Untuk Ginjal yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Untuk menghilangkan rasa haus setelah berpuasa, satu gelas es teh manis terasa sangat menyegarkan dan biasanya memang menjadi minuman yang paling sering dikonsumsi ketika berbuka puasa. Rasanya yang nikmat, dingin dan mudah dibuat membuat baik orang dewasa dan juga anak anak sangat menyukai minuman ini. Meski minuman ini terasa nikmat, namun sebaiknya hindari minuman ini karena bisa berbahaya untuk kesehatan khususnya organ ginjal dan juga ciri ciri kandung kemih bermasalah. Apa saja bahaya yang bisa terjadi ketika anda mengkonsumsi es teh saat buka puasa untuk ginjal?, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

ads

Penelitian Tentang Es Teh Bagi Ginjal

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Loyola Universitu Chicago Stritch School of Medicine membuktikan jika minum es teh khususnya yang selalu dilakukan saat berbuka puasa bisa menjadi penyebab batu ginjal namun tidak sampai menyebabkan ciri ciri penyakit ginjal stadium awal. Dalam es teh mengandung asam oksalat tinggi yang bisa menyebabkan pengkristalan dalam ginjal.

Selain itu, bagi anda yang sudah pernah mengalami batu ginjal, maka minum es teh ketika buka puasa juga bisa meningkatkan risiko terkena batu ginjal selama anda sedang berpuasa. Sebenarnya, minum teh dalam keadaan dingin ataupun panas akan memberikan efek serupa terhadap organ ginjal, namun tidak setinggi saat anda mengkonsumsi es teh manis.

Dampak Es Teh Untuk Pria dan Wanita

Dampak es teh yang dikonsumsi saat berbuka puasa juga semakin meningkat untuk pria dan juga wanita posmenopause dengan tingkat estrogen yang rendah. Selain itu, seorang wanita yang sudah pernah menjalani operasi pengangkatan indung telur dan menjalani ibadah puasa namun berbuka dengan es teh manis juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan ginjal dan menyebabkan tanda tanda ginjal rusak.

Untuk itu, akan lebih baik anda mengganti es teh saat berbuka puasa dengan air putih yang jauh lebih sehat atau juga bisa mencampur air putih dengan perasan lemon karena kaya akan kandungan citrates untuk menghambat berkembangnya batu ginjal. Dalam es teh juga mengandung oksalat yang sangat tinggi dimana zat tersebut akan memicu terbentuknya batu ginjal semakin parah.

Oksalat yang terkandung dalam teh juga nantinya juga menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh yang nantinya juga akan menyebabkan terbentuknya batu ginjal dalam saluran kencing sebagai salah satu ciri ciri ginjal bermasalah. Agar Lebih jelas, berikut ini akan kami sampaikan beberapa bahaya minum es teh saat buka puasa untuk ginjal yang harus diwaspadai. 

Sponsors Link

  1. Menyumbat Pengeluaran Air Seni

Air seni atau urin merupakan cairan yang dihasilkan dari asupan cairan ke dalam tubuh. Air nantinya akan diekstrasi oleh ginjal kemudian dikeluarkan dalam proses urinasi. Apabila anda selalu minum es teh ketika buka puasa, maka batu yang mengendap dalam ginjal akan terjebal dalam saluran kemih sehingga air seni semakin tersendat yang kemudian menimbulkan rasa sakit luar biasa dan menyebabkan ginjal rusak.

  1. Menyebabkan Inflamasi Ginjal

Sebenarnya dalam teh mengandung beberapa manfaat untuk tubuh seperti kandungan oksalat. Oksalat dalam kadar cukup nantinya bisa membantu proses penyerapan kalsium dalam tubuh. Akan tetapi saat es teh yang anda konsumsi saat berbuka puasa terlalu berlebihan, maka akan menyebabkan ciri ciri penyakit ginjal seperti inflamasi pada ginjal yang kemudian akan menyebabkan buang air kecil tersendat, air seni berubah menjadi keruh dan rasa sakit tak tertahankan yang bisa menghambat anda dalam beraktivitas termasuk terhambat saat melakukan ibadah puasa. 

Sponsors Link

  1. Menyebabkan Batu Ginjal

Minum es teh berlebihan saat buka puasa juga bisa meningkatkan risiko batu ginjal. Dalam sebuah penelitian bahkan membuktikan jika 10% dari penderita batu ginjal juga terbukti memiliki kebiasaan buruk yakni minum es teh terlalu banyak baik pada saat berpuasa ataupun tidak.

Bagi anda yang gemar minum es teh saat buka puasa, sebenarnya boleh saja dilakukan namun harus dipastikan tidak terlalu sering dan terlalu banyak. Selain itu, anda juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis dalam es teh tersebut sekaligus mengurangi gula dalam penyajian. Bahaya es teh saat buka puasa untuk ginjal tidak hanya bisa menyebabkan batu ginjal, namun jika dilakukan terus menerus dan tidak segera diobati maka bisa berkembang menjadi gagal ginjal kronis yang sangat berbahaya.

Sponsors Link
>
, ,