Sponsors Link

5 Penyebab Endapan Putih Pada Air Kencing

Sponsors Link

Urin bisa terbentuk karena zat zat sisa dan juga cairan yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Dalam keadaaan yang sehat, urine yang dikeluarkan dari dalam tubuh akan berwarna kuning cerah dan tanpa bercak apapun juga dan bukan air kencing berbusa. Akan tetapi jika anda melihat endapan putih pada air kencing, maka sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter. Dalam beberapa kondisi kesehatan tertentu, timbulnya endapan putih pada urine dapat terjadi pada wanita dan juga pria. Untuk wanita, kondisi ini terbilang normal terjadi sebagai efek dari sistem reproduksi namun tetap menjadi tanda penyakit sama seperti pria. Sebagian penyakit juga memperlihatkan gejala yang hampir serupa sehingga butuh diagnosis dokter agar bisa mendapatkan pengobatan yang paling tepat. Berikut ini akan kami jelaskan tentang beberapa kondisi yang bisa menyebabkan endapan putih pada air kencing.

ads
  1. Masa Subur

Endapan putih pada air kencing biasanya merupakan lendir yang diproduksi rahim. Kondisi tersebut sangat wajar terjadi pada wanita yang sedang dalam masa subur atau ovulasi. Ketika dalam masa subur, sel telur akan dilepaskan indung telur ke tuba fallopi agar bisa dibuahi oleh sperma sehingga rahim akan memproduksi lebih banyak lendir yang biasa disebut dengan keputihan.

Endapan dari keputihan tersebut mempunyai tekstur yang kental serta warna seperti susu atau serabut putih apabila keluar bersama urine. Meski hal ini sangat normal terjadi, akan tetapi jika sampai menimbulkan bau busuk, penyebab kencing berdarah, warna berubah menjadi hijau dan terdapat darah, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

  1. Masa Kehamilan

Selama sedang dalam masa kehamilan, ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh seperti salah satunya keputihan. Kondisi tersebut juga bisa terjadi ketika masa subur namun bedanya jumlah keputihan lebih banyak.

Ditambah lagi ketika masa kehamilan, keinginan buang air kecil akan bertambah sehingga kemungkinan menemukan bintik putih pada urine juga akan semakin lebih sering. Akan tetapi hal yang harus diperhatikan adalah ketika lendir berubah warna menjadi merah muda atau lebih gelap yang disertai juga dengan gatal dan seperti terbakar. Ini menjadi pertanda jika anda sudah mengalami infeksi kandung kemih dan harus segera mendapatkan diagnosis dan pengobatan oleh dokter.

  1. Infeksi Saluran Kemih

Penyakit umum berikutnya yang bisa menyebabkan timbul bercak putih pada urin salah satunya adalah penyakit infeksi saluran kemih atau ISK. Umumnya penyakit ini disebabkan karena bakteri yang masuk ke uretra kemudian menyebar ke kandung kemih atau ginjal.

Bakteri kemudian akan berkembang biak dan menyebabkan infeksi. Selain karena bakteri, infeksi saluran kemih juga bisa disebabkan karena parasit, jamur dan juga virus. ISK ini lebih sering terjadi pada wanita sebab jarak vagina dan tempat masuknya bakteri dengan uretra dan organ lain sangatlah dekat. Meski begitu, pria juga bisa mengalami penyakit ini.

Selain menyebabkan adanya bercak putih pada urine, gejala ISK lainnya adalah timbul rasa nyeri pada panggul, lebih sering ingin buang air kecil, saat buang air kecil terasa panas, sensasi sakit dan terbakar nyeri, urine yang berubah warna dan juga berbau busuk.

  1. Bacterial Vaginosis

Bacterial vaginosis atau infeksi bakteri vagina yang terjadi akibat bakteri alami di vagina tidak seimbang dan akhirnya menyebabkan radang kandung kemih namun tidak menimbulkan gejala apapun yang bisa dirasakan penderita. Namun untuk penderita wanita biasanya akan merasakan gatal di area vagina, sensasi terbakar ketika buang air kecil dan terlihat cairan bening agar abu abu yang bercampur dengan urin. Masalah ini masih bisa diatasi dengan antibiotik dan juga probiotik agar bakteri di vagina bisa kembali seimbang.

  1. Prostatitis

Prostatitis merupakan penyebab adanya infeksi sistem urin. Prostatitis mengakibatkan peradangan dan juga pembengkakan pada kelenjar prostat akibat infeksi bakteri atau non bakteri. Peradangan yang disebabkan karena bakteri biasanya menyebabkan endapan putih pada urin. 

Sponsors Link

Selain menyebabkan bercak putih, prostatitis pada pria juga sering mengalami kesulitan buang air kecil diikuti dengan rasa nyeri, terdapat denyutan di sekitar penis atau rektum, urine yang berbau busuk dan juga rasa sakit pada skrotum.

Untuk pengobatan yang bisa dilakukan sangat tergantung dari seberapa parah kondisi yang terjadi. Untuk prostatitis bakteri akut, maka dibutuhkan terapi antibiotik selama dua hingga empat minggu dan sebaiknya diikuti juga dengan minum banyak air putih.

Sponsors Link
>
, , ,