Sponsors Link

8 Efek Samping Operasi Pengangkatan Ginjal – Perawatan dan Komplikasi

Sponsors Link

Ginjal merupakan salah satu organ di dalam tubuh yang sangat penting, fungsinya sendiri yaitu untuk menyaring kotoran di dalam tubuh, dan mengeluarkannya melalui urin. Umumnya Manusia memiliki dua pasang ginjal, dimana keduanya memiliki fungsinya masing-masing. Namun karena satu dan lain hal, ada sebagian orang yang mengaharuskan dirinya  hidup hanya dengan satu ginjal saja. Masalah dari penyakit ginjal yang dialaminya mengharuskan orang tersebut melakukan operasi pengangkatan ginjal, yang tergolong operasi besar dengan biaya besar dan juga menyebabkan resiko mulai dari komplikasi hingga kematian.

ads

Lalu apa saja efek samping setelah operasi pengangkatan ginjal? Disini kita akan membahas mengenai efek samping setelah operasi pengangkatan ginjal dan bagaimana perawatan yang harus dilakukan setelah operasi pengangkatan ginjal serta komplikasi apa saja yang akan terjadi setelah melakukan operasi pengangkatan ginjal.

Umumnya manusia masih dapat hidup walau hanya dengan satu ginjal saja,meskipun bahaya hidup dengan satu ginjal  menjadi dampak dari operasi, akan tetapi adanya efek samping setelah melakukan operasi pengangkatan ginjal, terkadang membuat sebagian orang harus berfikir berulang kali sebelum melakukan tindakan pengangkatan ginjal.  Berikut kemungkinan efek samping yang akan terjadi setelah melakukan operasi pengangkatan ginjal.

  1. Efek samping pendarahan

Pendarahan yang terus menerus setelah dilakukannya operasi pengangkatan ginjal merupakan salah satu efek samping dari operasi pengangkatan ginjal yang hampir dikhawatirkan semua pasien. Biasanya yang menjadi penyebab dari terjadinya pendarahan yang terus menerus adalah dari peralatan yang kurang streril saat dilakukannya operasi. Oleh karena itu Efek samping ini biasanya perlu penanganan khusus dari dokter ahli , karena dikhawatirkan dapat menimbulkan infeksi yang lebih parah lagi.

  1. Mudah merasa lelah.

Umumnya seseorang hidup dengan 2 ginjal, namun setelah dilakukannya operasi pengangkatan , mau tidak mau orang tersebut harus bertahan hanya dengan 1 ginjal saja, efek samping lainnya yang terjadi biasanya kondisi fisik orang tersebut menjadi berbeda dengan saat sebelum dilakukannya operasi. Kelelahan bisa terjadi dikarenakan ginjal bekerja dengan sangat ekstra sehingga mempengaruhi kondisi fisik orang tersebut, imunitas yang mulai menurun membuat orang tersebut mudah merasa lelah, dan sebaiknya  jangan melakukan pekerjaan yang berat terlebih dahulu.

  1. Tekanan darah tinggi.

Meski sebelumnya tidak memiliki riwayat hipertensi, akan tetapi hal yang harus diwaspadai oleh pasien adalah munculnya penyakit tekanan darah tinggi pada pasien setelah melakukan operasi pengangkatan ginjal. karena hubungan gagal ginjal dan hipertensi adanya . Ginjal yang biasanya berfungsi sebagai penyaring darah, apabila ginjal tersebut tidak berfungsi secara normal, secara langsung darah akan menjadi kotor sehingga menyebabkan penyempitan di pembuluh darah, apabila pembuluh darah menjadi menyempit secara otomastis jantung bekerja dengan sangat ekstra saat memompa darah untuk menyebarkannya ke seluruh tubuh, hal inilah yang mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi.

Sponsors Link

  1. Adanya bekas luka operasi

Efek samping lainnya yang dialami setelah melakukan operasi pengangkatan ginjal adalah adanya bekas luka sayatan yang ada di bagian tubuh pasien, umumnya panjang luka ini bervariasi dari 15 sampai dengan 25 cm, untuk pemulihan juga biasanya pasien harus menunggu di rumah sakit selama masa pemulihan sekurang-kurangnya 6 sampai dengan 10 hari lamanya.

  1. Penyembuhan luka relatif lama

Operasi pengangkatan ginjal merupakan tindakan operasi besar, selain dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, anestesi yang dilakukan pun anestesi total. Efek samping setelah operasi pengangkatan ginjal setidaknya memakan waktu 7 hingga 10 hari di rumah sakit, dan penyembuhannya selama perawatan bisa memakan waktu setidaknya 4 dampai dengan 6 minggu. Ini bukanlah waktu yang singkat untuk proses penyembuhan sebuah operasi.

ads

  1. Fungsi ginjal yang satunya menjadi tidak normal.

Operasi pengangkatan ginjal umumnya dilakukan dengan harapan agar pasien dapat hidup normal selayaknya orang biasa yang memiliki ginjal sehat, akan tetapi efek samping dari operasi pengangkatan ginjal itu sendiri terkadang menimbulkan efek yang buruk bagi ginjal yang satunya. Kesalahan sedikit saja dalam metode saat operasi bisa berakibat fatal dan menyebabkan fungsi ginjal yang tersisa,  tidak  dapat bekerja secara normal, malah menjadi rusak dan tidak berfungsi seperti yang diharapkan.

  1. Terjadinya komplikasi pasca operasi pengangkatan

Untuk pasien yang berusia lanjut, terkadang hal ini terjadi secara tidak disengaja, karena kondisi tubuh yang sudah mulai menurun, efek samping terjadinya komplikasi sangat memungkinkan terjadi pada pasien tersebut, sehingga bisa saja hal yang paling fatal terjadi yaitu terjadinya kematian.

  1. Terjadinya infeksi saluran kencing.

Dilakukannya perawatan pasca operasi pengangkatan ginjal pun sangatlah penting, karena sedikit saja terjadi kesalahan malah akan menimbulkan resiko terhadap pasien, dilakukannya perawatan juga sangat menentukan untuk kesembuhan anda nantinya, hidup dengan hanya satu ginjal memang bukanlah hal ynag mustahil, akan tetapi penting bagi pasien untuk memperhatikan beberapa perawatan yang harus dijalani:

  • Mengatur pola hidp yang sehat.

Sebaiknya anda memulai dengan melakukan diet gagal ginjal atau mengatur pola hidup agar lebih sehat, dimana hal tersebut sangat menentukan kesembuhan dan pemulihan pasien setelah melakukan operasi pengangkatan ginjal, menjaga asupan makanan dan minum, juga air putih yang cukup, setidaknya 8 gelas dalam sehari bisa membantu anda membersihkan ginjal sehingga ginjal bisa berfungsi kembali seperti awal.

  • Olahraga yang teratur

Pilihlah olahraga yang ringan di rumah, seperti jalan santai atau sejenis olahraga lainnya yang tidak membuat anda kelelahan, karena dengan olahrgaa yang teratur dapat membantu tubuh menjadi lebih bugar, dan sebaikanya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter anda mengenai jenis olahraga yang pas untuk anda.

  • Sistem pengolahan makanan

Ada baiknya setelah melakukan operasi pengangkatan ginjal, pasien lebih memilah milih mengenai asupan makanan yang akan di konsumsi serta sistem pengolahan makanan sebelum di konsumsi. juga pantangan makanan penderita ginjalmelakukan ,  Usahakan memakan makanan  yang pengolahannya di steam, panggang atau rebus dan kukus saja, dengan menjaga jenis pengolahan makanan seperti ini, bisa membantu pasien untuk mendapatkan asupan yang baik dan juga aman bagi kesehatan ginjal. Lakukan juga pantangan makanan dan minuman untuk penyakit ginjal. Agar ginjal anda dapat terjaga dengan baik fungsinya.

Sponsors Link

Seperti diketahui, saat dilakukannya operasi pengangkatan ginjal tentu anda perlu mencari informasi sebanyak mungkin tentang efek samping setelah operasi pengangkatan ginjal dan juga beberapa komplikasi yang akan terjadi setelah operasi pengangkatan ginjal. Diantara komplikasi tersebut adalah:

  • Adanya bahaya pembengkakan ginjal pada sisi berlawanan, hal ini dikarenakan ginjal bekerja terlalu berat, sehingga dapat mempercepat terjadinya kerusakan pada ginjal pasien dan hal yang lebih fatal dapat menimbulkan gagal ginjal kronis.
  • Adanya rasa nyeri setelah dilakukannya operasi pengangkatan ginjal
  • Terjadinya penumpukan racun sehingga mengakibatkan pemebentukan batu ginjal yang ada pada sisi berlawanan.
  • Karena adanya penumpukan cairan bisa menyebabkan pembengkakan pada tubuh.
  • Terjadinya ganggguan saat pembentukan sel darah merah.

Berikut adalah pembahasan tentang Efek Samping Operasi Pengangkatan Ginjal yang wajib anda ketahui karena efek ini jarang sekali dipahami, sehingga anda harus mengetahui agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sponsors Link
>
, , , , , ,