Sponsors Link

Efek Samping Operasi Laser Batu Ginjal

Sponsors Link

Di dunia medis terdapat beberapa metode yang bisa dilakukan untuk penanganan batu ginjal. selain melakukan metode operasi, ada juga metode yang biasa dilakukan tanpa harus melakukan pembedahan pada tubuh pasien, yaitu metode ESWL atau Estracorporeal Shock Wafe Lithotrispy. Metode ini biasa dikenal sebagai metode tembak laser yaitu pemecahan pada batu ginjal non operatif yang dilakukan pada saluran kemih. Cara kerjanya sendiri yaitu menggunakan gelombang pada sasaran batu ginjal yang kemudian dilakukan tembakan laser dari luar tubuh. Metode ESWL ini  bisa dikatakan jauh lebih aman dibandingkan metode operasi, karena dengan metode ini tidak ada pembedahan yang dilakukan pada tubuh pasien, sehingga resiko yang di dapat jauh lebih kecil.

ads

Perlu anda ketahui, bahwa cara mengobati batu ginjal dengan cara prosedur sinar laser memang bukanlah pilihan yang baik, hal ini dikarenakan adanya efek samping operasi laser batu ginjal yang tentu saja akan terjadi pada pasien. Biasanya sebelum memutuskan untuk melakukan operasi laser, dokter akan mengamati terlebih dahulu tingkat keparahan yang terjadi pada batu ginjal tersebut, apakah masih tergolong ringan atau sudah masuk ke golongan parah.

Operasi ginjal menggunakan laser biasanya dilihat dari ukuran batu ginjal  yang harus dioperasi yang ada didalam tubuh pasien, apabila batu tersebut masih tergolong kecil dokter akan menyarankan hanya dengan meminum air putih saja yang cukup.  sesuai anjuran 8 gelas sehari. Karena dengan meminum air putih diharapkan batu ginjal tersebut akan terdorong keluar dengan sendirinya. Namun, apabila rasa sakitnya mulai menaggangu biasanya dokter akan meresepkan obat penghilang rasa sakit saja. dan apabila dianjurkan untuk melakukan operasi biasanya dokter memberitahu mengenai jenis operasi batu ginjal beserta biayanya.

Pemecahan batu ginjal dengan metode laser hampir sama dengan metode operasi pembedahan, karena memiliki efek samping dan juga komplikasinya sendiri. Adapun yang harus diperhatikan oleh pasien adalah mengetahui dan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai efek samping operasi ginjal dengan laser dan juga beberapa komplikasi serta perawatan yang harus dilakukan. Agar pasien lebih siap dalam melakukan tindakan tersebut.

Berikut efek samping yang terjadi dari operasi laser batu ginjal.:

  1. Pendarahan. Kondisi ini bisa terjadi dikarenakan adanya gangguan yang terjadi pada sistem saluran kemih pasien, adanya iritasi akibat dari metode sinar laser yang terjadi pada sepanjang saluran kemih sehingga bisa menyebabkan pendarahan pada saat proses pengeluaran kemih. Sebaiknya pasien segera berkonsultasi pada dokter ahli, untuk lebih mendapatkan informasi lebih detail dan mengetahui tindakan apa saja yang harus dilakukan agar pendarahan tidak terjadi terus menerus.
  2. Dari metode ESWL (Estracorporeal Shock Wafe Lithotrispy ) ini bisa menyebabkan pecahan batu yang dihancurkan dengan laser mengakibatkan melukai pada saluran kemih saat akan dikeluarkan oleh tubuh
  3. Terjadinya Streinstrasse atau juga pecahan batu ginjal tersebut dapat tertahan pada saluran kemih sehingga menyebabkan pasien kesulitan saat buaang air kecil.
  4. Infeksi ginjal sistemik juga merupakan salah satu efek samping dari operasi laser ginjal.
  5. Adanya pembengkakan ginjal ketika muncul batu yang lebih besar lagi setelah dilakukan operasi laser pada ginjal. hal tersebut bisa menyebabkan fragmen batu yang kemudian dapat mengehalangi aliran urin yang ada di ureter.
  6. Cidera pada ginjal bisa saja terjadi setelah dilakukannya operasi laser ginjal, efek samping ini memang sangat jarang terjadi, akan tetapi adanya gelombang kejut saat dilakukan tembakan laser ke tubuh bisa mengakibatkan bekuan darah dan memar di area sekitar ginjal. Hal ini bisa saja terjadi saat pasien memiliki riwayat penyakit hipertensi yang sulit terkontrol ataupun saat sedang sakit ginjal, karena hubungan gagal ginjal dan hipertensi  sangat berkaitan. biasanya untuk pasien yanng mengalami ini dibutuhkan penannganan yang khusus.
  7. Terjadi demam. Meski ini hanya terjadi pada beberapa pasien saja, akan tetepi munculnya demam pada tubuh bisa menjadi efek samping operasi laser ginjal
  8. Tindakan ESWL umumnya hanya memecahkan batu dan bukan mengeluarkan batu. Pada kondisi tertentu saat dilakukannya tindakan operasi laser atau ESWL tidak mampu mengeluarkan batu yang ada di ginjal, sehingga pasien perlu melakukan operasi pembedahan untuk mengeluarkannya, sehingga biaya yang dikeluarkan bertambah lagi.
  9. Adanya rasa tidak nyaman ketika pemasangan dj stand sebelum dilakukan operasi laser oleh dokter. Pemasangan dj stand biasanya dilakukan beberapa hari atau seminggu sebelum dilakukannya operasi laser, rasa tidak nyaman akan dirasakan pasien ketika alat tersebut berada di dalam tubuh pasien, seperti rasa anyang-anyang atau nyeri, namun hal ini akan berhenti bersamaan dengan dikeluarkan alat tersebut dari dalam tubuh setelah proses operasi laser.
  10. Operasi laser ginjal dilakukan berulang. Ada resiko melakukan tembakan sinar laser berulang ulang biasanya dilakukan saat operasi yang pertama ternyata batu tidak sepenuhnya pecah menjadi serpihan, dan diduga terbentuh batu baru sehingga mau tidak mau pasien harus melakukan operasi laser yang kedua.

Cara kerja operasi laser

Cara kerja operasi laser atau yang biasa disebut dengan ESWL ( Estracorporeal Shock Wafe Lithotrispy) yaitu dengan cara melalui gelombang kejut yang kemudian ditembakan atau dihantarkan pada lokasi dimana penyakit batu ginjal berada. Gelombang tersebut secara langsung akan memecahkan batu ginjal sehingga menjadi beberapa serpihan yang jauh lebih kecil ukurannya, dan dengan cara ini pasien dapat megeluarkannya melalui saluran kencing saat berkemih. Gelombang yang dipakai ialah gelombang ultrasonic electrohidrolic. Dengan cara tindakan tembakan laser, pasien tidak perlu melakukan operasi pembedahan hanya cukup mendekatkan lithotripter pada permukaan tubuh di area terdapatnya batu ginjal yang kemudian gelombang tersebut akan memecahkan batu tersebut.

Seperti halnya operasi pembedahan, metode dengan ESWL juga memiliki kelebihan dan juga kekurangan, maka itu sebaiknya pasien berkonsultasi pada dokter ahli untuk lebih dapat mendapatkan solusi dan informasi yang tepat. Berikut keuntungan dari operasi metode laser:

  • Metode ini dapat dilakukan untuk semua usia, dari yang muda maupun lanjut usia, namun untuk lebih lanjut lebih baik berkonsultasi pada dokter ahli ginjal.
  • Bisa dilakukan secara terus berulang sehingga penderita ginjal bisa sembuh total.
  • Perawatan yang dilakukan relatif pendek dan tidak perlu menginap di rumah sakit.
  • Tidak adanya rasa nyeri seperti luka operasi pembedahan, bahkan terkadang tidak diperlukan anestesi.
  • Tidak adanya pembedahan pada tubuh yang dilakukan seperti hal nya operasi ginjal. Hanya cukup melakukan tembakan laser dari luar tubuh saja sehingga bisa mengurangi resiko operasi batu ginjal.

Komplikasi yang terjadi setelah melakukan operasi laser:

  1. Adanya pembentukan batu baru dan gerakan yang berasal dari fragmen batu
  2. Adanya komplikasi pada renak dan ginjal, seperti kerusakan pada nefron, sirkulasi mikro, asidosis tubulus renalis dan juga pada pembuluh darah.
  3. Adanya efek dari saluran cerna seperti perforasi saluran cerna
  4. Adanya sumbatan yang terjadi pada saluran kemih.
  5. Terjadi infeksi ginjal dan saluran kemih
  6. Hipertensi, efek pada jaringan ginjal dan juga fungsi ginjal.

Berikut adalah pembahasan tentang Efek Samping Operasi Laser Batu Ginjal yang wajib anda ketahui karena sebelum operasi juga harus mengetahui apa saja efek samping yang terjadi setelah operasi dan bagaimana perawatan yang harus di lakukan agar tidak terkena komplikasi yang berbahaya.

Sponsors Link
>
, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan