Sponsors Link

10 Efek Samping Kista Ginjal yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Pada era ini atau zama sekarang banyak sekali yang terkena penyakit organ dalam contohnya saja pada organ dalam ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ dalam di tubuh yang sangat berperan dalam proses metabolisme dan proses lainnya.

ads

Ada banyak sekali beberapa jenis penyakit pada ginjal yang perlu diketahui. Contoh dari penyakit ginjal yaitu ginjal kronis , gagal ginjal usia muda dan masih banyak lagi. Saat ini penyakit ginjal yang sering ditemui adalah Kista ginjal kanan maupun kista ginjal kiri. Tentunya seseorang yang hidup mempunyai penyakit kista ginjal akan mempengaruhi hidupnya. Hal tersebut dikarenakan efek samping kista ginjal. Untuk itu berikut mengenai efek samping dari penyakit kista ginjal.

Efek Samping Kista Ginjal

Sebelum mengetahui banyak hal mengenai efek samping dari kista ginjal, kita juga perlu mengetahui kondisi kista ginjal itu sendiri.

Kista ginjal merupakan kantong berbentuk bulat atau oval dan biasanya berisi cairan yang terdapat pada ginjal. Kista ginjal merupakan penyakit kelainan bawaan sejak lahir misalnya pada penyakit ginjal polikistik. Kista ginjal termasuk penyakit ginjal yang sederhana , serta jinak dan tidak berkembang menjadi kanker selain itu juga jarang menimbulkan komplikasi.

Namun tentunya Kista Ginjal ini akan memberikan gejala dan efek samping bagi penderitanya. Pada umumnya kondisi kista ginjal polikistik , kista ginjal pada laki-laki pada umumnya memiliki efek samping yang sama. Berikut mengenai efek samping kista ginjal.

1. Sering Buang Air Kecil

Efek samping kista ginjal yang pertama dalah seseorang akn sering buang air kecil. Kista ginjal akan mengakibatkan ginjal tidak dapat bekerja secara maksimal , sihingga tubuh tidak dapat mengkontrol kondisi kencing sehari-hari. Maka dari itu seseorang yang terkena penyakit ginjal kususnya kista ginjal akan menemui masalah ini. Saat buang air kecil terasa sakit mungkin juga merupakan efek lain dari kista ginjal.

2. Infeksi Ginjal

Salaha satu pencetus kondisi infeksi ginjal yaitu karena adanya kista ginjal didalam tubuh. Seseorang yang menderita kista ginjal akan beresiko beberapa penyakit infeksi ginjal dan saluran kemih. Hal tersebut mungkin dikarenakan kondisi ginjal yang melemah , sehingga mudah sekali terserang oleh infeksi akibat bakteri ataupun akibat dari yang lainnya. Gejala kandung kemih hiperaktif ini mungkin merupakn adanya indikasi dari infeksi ginjal.

3. Urine Berwarna Abnormal

Efek lainnya yang timbul dari kondisi kista ginjal akan menyebabkan warna urine didalam tubuh kita tidak sewajarnya. Biasanya warna urine akan menjadi gelap. Hal tersebut mungkin dikarenakan saat proses penyaringan urine tidak dapat maksimal dan tidak bersih. Untuk itu salah satu cara untuk mengantisipasinya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan didalam tubuh, serta hindari tubuh mengalami dehidrasi yang berkelanjutan.Selain itu juga harus mengkonsumsi makanan yang boleh dimakan penderita ginjal .

Sponsors Link

4. Fungsi Ginjal Menurun dan Tidak Maksimal

Tidak dapat dipungkiri apabila ginjal mengalami masalah maka secara otomatis fungsi ginjal tersebut pun menurun. Saat fungsi ginjal menurun juga akan berpengaruh terhadap organ lainnya seperti organ jantung , pencernaan , dan lain sebagainya. Kista ginjal ini menurunkan kinerja ginjal. Makanan Tinggi Kalsium Oksalat juga perlu dihindari saat seseorang terkena penyakit ginjal seperti kista ginjal ini.

ads

5. Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Efek samping kista ginjal yang selanjutnya adalah tekanan darah didalam tubuh menjadi tinggi. Tekanan darah tinggi disebabkan karena darah ada penyumbatan darah di pembuluh darah karena ginjal tidak dapat menyaring secara optimal.

Hal tersebut membuat kerja jantung meningkat untuk  memompa darah maka tekanan darah didalam tubuh pun menjadi tinggi.

Banyak minum tapi jarang kencing mungkin juga merupakan efek adanya kista ginjal.

6. Perut Terasa Nyeri atau Bengkak

Efek samping ginjal sebelah tidak jauh berbeda dengan efek samping kista ginjal. Efek samping kista ginjal yang paling umum yaitu merasakan nyeri pada perut , selain nyeri seseorang yang terkena kista ginjal juga akan mengalami pembengkakan pada area tubuh tertentu. Penanganan rasa nyeri ini dapat dikonsultasikan dengan dokter agar diberikan resep penghilang rasa nyeri tersebut. Jangan mengkonsumsi obat tanpa resep dokter karena berbahaya jika salah resep dan terjadi komplikasi lainnya.

7. Adanya Protein dalam Urine

Efek yang sering kali terdapat pada kista ginjal yang terlhat nyata yaitu adanya kandungan protein di dalam urine. Dimana urine yang terdapat kandungan protei dapat disimpulkan bahw ginjal tidak dapat mnyaring urine secara sempurna. Biasanya seseorang yang terkena penyakit ginjal dianjurkan untuk menghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi protein seperti telur. Perbedaan urine primer dan urine sekunder juga perlu kita ketahui sebagai alat pantau , atau pemantau.

8. Ditemukannya Batu Ginjal

Kista Ginjal juga akan berefek pada kondisi batu ginjal. Hal tersebut terjadi karena kista ginjal mempengaruhi pola kerja ginjal.

Apabila pola kerja ginjal menjadi abnormal maka akan meningkatkan resiko tinggi seseorang terkena batu ginjal. Penyebab batu ginjal pada wanita mungkin juga  disebabkan karena adanya kista ginjal.

9. Demam

Demam merupakan salah satu efek samping yang utama apabila seseorang terkena suatu penyakit. Khususnya pada penyakit organ dalam yaitu penyakit kista ginjal. Demam merupakan efek atau respon fisiologis tubuh yang normal terjadi setiap manusia. Respon fisiologis merupakan alarm tubuh yang menandakan bahwa tubuh sedang mengalami masalah. Demam dapat dikurangi dengan mengkonsumsi obat penurun panas yang dianjurkan oleh dokter. Penyebab fungsi ginjal menurun tidak hanya disebabkan kista ginjal , akan tetapi juga disebabkan oleh beberapa kondisi penyakit ginjal lainnya.

Sponsors Link

10. Sakit dan Nyeri Pinggang

Skit pada area pinggang merupakan salah satu efek atau indikasi adanya penyakit kista ginjal. Namun sering kali seseorang tidak menyadari saat sakit pinggang tersebut disebabkan karena adanya kondisi kista pada ginjal. Maka hal tersebut menyebabkan penanganan yang terlam bat dan membuat kondisi penyakit kista ginjal yang tidak diketahui tersebut menjadi lebih parah. Perbedaan sakit ginjal dan sakit pinggang perlu diketahui untuk mengetahui atau mendiagnosisi apakah sakit yang dialami tersebut hanya sakit pinggang biasa atau karna adanya masalah pada ginjal.

Efek samping kista ginjal memang sangat kompleks, penjelasan diatas diharapkan kita untuk lebih mengetahuinya , sehingga kita dapat mendiagnosis penyakit kista ginjal lebih awal.

Demikianlah yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermnsfaa

Sponsors Link
>
, ,