Sponsors Link

7 Efek Samping Ginjal Sebelah yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Banyak sekali kasus-kasus penyakit ginjal yang terjadi di masyarakat Indonesia in. Mirisnya dalam kasus tersebut tidak da penurunan justru mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal tersebut tentunya disebabkan oleh banyak faktor seperti gaya hidup yang tidak sehat , kurangnya pengetahuan tentang kesehatan, faktor lingkungan serta faktor keturunan.

ads

Penyakit ginjal yang kerap muncul menjadi masalah di masyarakat Indonesia contohnya saja seperti batu ginjal , gagal ginjal usia muda , serta penyakit ginjal lainnya. Jenis-jenis penyakit ginjal tersebut tentunya memiliki perbedaan dalam pengobatannya. Ada bebrapa pengobatan yang bisa dilakukan seperti pengobatan medis dan non medis. Namun biasnya penyakit ginjal harus dengan melakukan perawatan khusus secara medis. Selain Itu ada beberapapenyakit ginjal yang mengharuskan seseorang memerlukan pengangkatan ginjal maupun melakukan pencangkokan ginjal dengan ginjal orang lain. Tentunya seorang pendonor ginjal harus hidup dengan satu ginjal , karena telah mendonorkan ginjal yang satunya.

Hal tersebut tentunya akan mengakibatkan perubahan didalam kerja organ serta fungsi tubuh . Adapun beberapa efek samping ginjal sebelah yang perlu kita ketahui.

Efek Samping Ginjal Sebelah

Ada beberapa orang yang hidup hanya dengan satu ginjal karena telah mendonorkan satu ginjalnya kepada orang lain. Seseorang yang menerima donor ginjal biasanya dikarenakan adanya penyakit ginjal yang mengharuskan untuknya mendapat donnor ginjal. Kondisi seperti gagal ginjal kronis , kanker ginjal maupun penyakit ginjal yang tergolong parah lainnya.

Tidak semua tindakan donor ginjal berjalan mulus, ada beberapa orang yang tidak cocok saat melakukan pendonoran, serta tindakan tersebut juga sangat rentang terjadi pendarahan dan infeksi. Namun ada beberapa yang berhasil , meskipun demikian seseorang yang mendonorkan ginjalnya secara otomatis ia siap untuk hidup hanya dengan sebelah ginjal saja.

Hidup dengan sebelah ginjal memang organ didalam tubuh kita tetap bisa berjalan walaupun tidak optimal saat hidup dengan 2 ginjal. Ada beberapa efek samping dari hidup dengan 1 ginjal saja , berikut mengenai penjelasannya :

1. Ginjal Tidak Mampu Bekerja Secara Optimal

Efek samping ginjal sebelah yang pertam tentunya yaitu ginjal tidak mampu bekerja secara optimal. Dimana ginjal merupakan salah satu organ didalam tubuh yang memiliki banyak fungsi. Fungsi-fungsi tersebut antara lain  memelihara kestabilan cairan tubuh, berperan untuk pembuangan sisa metabolisme tubuh, sebagai regulasi volume ekstraseluler, menjaga keseimbangan elektrolit dan lan sebagainya. Fungsi ginjal memang tergolong sangat kompleks dan membutuhkan performa ginjal yang baik. Jika menggunakan 2 ginjal saja terkadang tidak mampu bekerja secara optimal apalagi bekerja hanya dengan 1 ginjal. Secara otomatis fungsi ginjal tersebut akan terganggu. Tidak hanya pada hidup dengan ginjal sebelah ternyata Efek sampig pengangkatan ginjal juga memiliki efek yang sama yaitu ginjal tidak dapat bekerja secara optimal.

Sponsors Link

2. Tidak Bisa Mengkonsumsi Makanan yang Lezat

Semua makanan yang masuk ke dalam tubuh tentunya akan disaring di ginjal dan akan dikeluarkan menjadi urin. Makanan yang lezat identik dengan makanan yang mengandung protein yang tinggi. Apabila kadar protein didalam tubuh seseorang tinggi maka akan menyebabkan ginjal harus bekerja lebih keras. Hal tersebut akan meningkatkan resiko ginjal rusak apalagi hanya dengan hidup satu ginjal. Apabila seseorang yang menjalani hidupnya hanya dengan 1 ginjal terjadi kerusakan ginjal maka akan mengakibatkan resiko terkena penyakit lainnya hingga resiko kematian yang tinggi. pencegahan gagal ginjal mungkin juga dapat kita lakukan dengan cara tidak mengkonsumsi protein yang tinggi.

ads

3.  Resiko Kenaikan Tekanan Darah

Penyebab disfungsi ginjal salah satunya dikarenakan seseorang hidup hanya dengan satu ginjal. Saat seorang hanya mempunyai satu ginjal maka akan mengalami beberapa disfungsi ginjal dengan kata lain ginjal tidak mampu bekerja secara normal. Salah satu fungsi ginjal yaitu menyaring darah didalam tubuh manusia. Penyaringan darah merupakan hal yang sangat penting , karena darah didalam tubuh manusia mengandung sisa metabolisme (racun, sampah dalam tubuh dan lain-lain). Seseorang yang hidup ginjal sebelah sangat beresiko tinggi dengan kenaikan darah. Hal tersebut mengingat karena peran ginjal yang sangat penting dalam penyaringan darah. Saat ginjal harus bekerja dengan satu ginjal maka akan membuat gijal tersebut bekerja secara keras (bekerja dua kali opat). Hasil penyaringan didalam darah tentunya juga tidak maksimal, maka darah yang kotor akan menyebabkan penyempitan di dalam pembuluh darah. Apabila pembuluh darah menyempit maka jantung akan bekerja keras untuk memompa darah sehingga akan menyebabkan tekanan darh didalam tubuh naik (tekanan darah tinggi).

4. Mudah Lelah

Mudah lelah menjadi salah satu efek samping ginjal sebelah yang utama. Hal ini disebabkan karena ginjal harus bekerja secara keras sehingga akan meningkatkan resiko tubuh menjadi mudah lelah. Seseorang yang hidup dengan satu ginjal biasanya dianjurkan untuk tidak melakukan aktivias yang berat-berat karena akan memicu organ didalam tubuh menjadi lelah. Bahaya penyakit ginjal pada ibu hamil salah satunya juga mudah lelah seperti halnya seseorang yang hanya hidup dengan satu ginjal.

5. Mudah Terserang Penyakit Lainnya

Saat seseorang yang hidup dengan satu ginjal maka akan menaikkan resiko tinggi untuk terserang penyakit lainnya. Beberapa kondisi penyakit lainnya yang mungkin timbul antara lain penyakit jantung , penyakit pencernaa, diabetes, kolesterol dan lain sebagainya. Untuk menghindari penyakit jangka panjang yang timbul maka diharapkan untuk tidak mengkonsumsi  makanan tinggi kalsium oksalat , kalsium oksalat yang tinggi juga akan menyebabkan resiko terkena jenis jenis batu ginjal .

6.Tidak Dapat Melakukan Aktivitas Yang Berat

Seseorang yang hidup hanya dengan sebelah ginjal tentunya akan memiliki masalah di aktivitas sehari-haarinya , jika sebelumnya iaya melakukan aktivitas berat dapat melakukannya. Maka setelah hanya menggunakan  satu ginjal tentunya aktivitas yang berat pun tidak dapat dilakukan. Hal itu sangat era kaitannya dengan kelelahan. Karena secara fisik pada tubuh telah berkurang,  yang semula mempunyai sepasang ginjal menjadi hanya mempunyai sebelah ginjal. Menghindari aktivitas yang berat dikarenakan untuk meminimalisir resiko cidera maupun resiko terkena penyakit lannya.

7. Tidak Dapat Melakukan Olah Raga Berat

Olah raga merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting untuk tubuh kita. Karena dari olahraga tubuh menjadi sehat dan menghindari terserang peyakit. Olahraga juga mempunyai kategori yaitu olahraga berat dan ringan. Seseorang yang memiliki sebelah ginjal tidak dianjurkan atau dilarang melakukan olah raga berat karena dapat memicu kelelahan pada organ ginjal dan akan beresiko tinggi pada kerusakan ginjal. Namun tetap dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan pagi.

Penjelasan diatas merupakan beberapa efek yang timbul pada seseorang yang hidup dengan satu ginjal. Maka dari itu dianjurkan sekali seseorang yang hidup dengan satu ginjal untuk menjaga kesehatannya , dengan mengatur pola hidupnya.

Sponsors Link
>
, , ,