Sponsors Link

8 Efek Samping Ginjal Bocor yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Salah satu penyakit yang berbahaya di Indonesia adalah penyakit ginjal. Kasus penyakit ginjal ini selalu meningkat setiap tahunnya. Hal ini dipengarui oleh banyak faktor mulai dari faktor internal hingga faktor eksternal.

ads

Penyabab penyakit ginjal yang utama adalah faktor genetik , selanjutnya yaitu karena pola hidup yang tidak sehat . Penyakit ginjal sendiri banyak jenisnya dan tergantung faktor penyebabnya. Jenis penyakit ginjal antara lain yaitu infeksi kandung kemih , batu ginjal pada anak , ginjal bocor pada anak maupun pada dewasa.

Setiap penyakit akan mempunyai efek samping , salah satunya pada penyakit ginjal bocor. Ginjal bocor pun akan memberikan efek samping tersendir , dimana efek samping tersebut akan mengakibatkan seseorang akan mengalami kesulitan atau ganggguan dalam melakukan setiap aktivitasnya.

Efek Samping Ginjal Bocor

Bahaya ginjal bocor akan berdampak pada komplikasi penyakit lainnya hingga kematian. Penyebab ginjal bocor pada orang dewasa biasanya disebabkan oleh kemunduran atau rusaknya fungsi ginjal itu sendiri . Hal ini sangat erat kaitannya dengan faktor-faktor seperti mengkonsumsi alkohol, kafein, obat terlarang berlebih dan faktor lainnya. Ginjal bocor merupakan salah satu masalh serius pada deretan penyakit organ dalam. Dimana fungsi ginjal didalam tubuh sangat kompleks sekali. Adapun beberapa diantaranya yaitu sebagai pengatur tekanan darah, mempertahankan ph dan cairan didalam tubuh, proses metabolisme, serta penyaringan zat sisa makanan dan penyaringan racun yang ada di dalam tubuh.

Apabila ginjal mengalami kebocoran atau ginjal bocor, maka secara otomatis fungsi ginjal tersebut tidak dapat maksimal. Selain itu efek samping yang dari masalah tersebut akan merugikan tuuh seseorang. Berikut mengenai efek samping ginjal bocor.

1. Proses Metabolisme Terganggu

Efek samping yang utama saat seseorang mengalami kebocoran ginjal adalah proses metabolisme tergangu. Dimana proses ini tidak hanya dipegang oleh ginjal namun memerlukan peran dari organ lainnya seperti jantung, hati sistem saraf dan lain sebagainya. Proses metabolisme ini dibutuhkan oleh setiap manusia karena berkaitan dengan keseimbangan tubuh manusia itu sendiri.

Proses metabolisme salah satunya untuk menghasilkan energi, serta hormon hormon tertentu. Apabila seseorang mengalami gangguan pada proses metabolismenya maka kesehatan den keseimbangan tubuh pun tidak terjaga. Efek Biopsi Ginjal juga memiliki resiko tinggi proses metabolisme terganggu sama halnya dengan efek samping ginjal bocor.

2.  Kurangnya Asupan Protein

Protein merupakan salah satu kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh . Protein memiliki fungsi untuk memperbaiki jaringan sel atau saraf yang telah rusak. Protein dapat kita temukan di telur ayam maupun sumber hewani dan nabati lainnya. Namun kandungan protein yang paling banyak yaitu pada telur. Dalam kasus ginjal bocor seseorang memiliki pantangan mengkonsumsi telur . Karena pada saat ginjal mengalami kerusakan atau gangguan memerlukan istirahat , mengkonsumsi telur memacu ginjal untuk bekerja secara keras sehingga akan memperburuk kondisi.

Sponsors Link

Dampaknya yaitu kekurangan asupan protein karena mengurangi telur tersebut. Untuk mengantisipasinya mungkin kita dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung protein yang bersifat dari nabati. Ciri ciri ginjal lemah yaitu salah satunya tidak dapat mencerna makanan tinggi protein.

3. Mudah Lelah

Masalah atau efek samping yang selanjutnya saat seseorang mengalami kebocoran ginjal adalah mudah lelah. Biasanya saat melakukan aktivitas ringan pun seseorang akan merasakan mudah elah dan capek. Hal ini dikarenakan kemampuan tubuh seseorang dalam mem[ertahankan kedaannya sudah menurun, itulah yang dirasakan oleh penderita ginjal bocor. Namun meskipun ,udah lelah saat melakukan aktivitas , orang yang menderita ginjal bocor tetap dianjurkan untuk melakukan aktivitas yang ringan dan durasinya tidak lama , untuk melatih ketahanannya dalam beraktivitas. Makanan tinggi kalsium oksalat juga perlu dihindari oleh penderita ginjal bocor.

ads

4. Tubuh Membengkak

Tubuh membengkak yang dialami seseorang penderita ginjal bocor ini disebabkan karena penumpukan cairan yang berlebih karena ginjal tidak mampu menyaring cairan tersebut secara optimal. Beberapa bagian tubuh yang bengkak diantaranya adalah pergelangan kaki, pergelangan tangan, serta pada bagian wajah. Seseorang yang tidak paham kondisinya hal tersebut dapat diartikan menjadi penambahan berat badan.

Sehingga tidak sadar  bahwa memiliki gangguan ginjal. Apabila hal tersebut tidak segera dikonsultasikan ataupun diperiksakan ke dokter , maka kondisi tersebut akan semakin parah. Fungsi ginjal buatan mungkin merupakan salah satu alternatif dalam pengobatan ginjal bocor itu sendiri, karena ginjal buatan memiliki kesamaan fungsi dengan ginjal aslinya.

5. Mudah Terinfeksi

Tanda-tanda infeksi pada ginjal yang bocor yaitu perubahan pada uring yang berbusa dan berbuih. Infeksi ini  bisa terjadi karena adanya bakteri ataupun virus. Seseorang dengan kondisi ginjal bocor ini sangat rentang sekali terkena infeksi, karena pada dasarnya tubuh sudah mulai lemah untuk melawan patogen dari uar yang masuk kedalam tubuh. Untuk itu seseorang yang mengalami ginjal bocor sangat dianjurkan untuk rutin melakukan pengobatan ataupun konsultasi dengan dokter ahli organ dalam. Prosedur CT Scan ginjal merupakan salah satu untu mengetahui kondisi kesehatan ginjal yang dilakukan secara medis.

6. Perubahan Urine

Urine merupakan zat sisa yang berasal dari tubuh yang dikeluarkan oleh tubuh melalui proses penyaringan pada ginjal. Saat seseorang di diagnosa ginjal bocor , maka menimbulkan perubahan pada urine seperti warna urin abnormal, mengandung busa atau mengandung buih. Volume urine yang dikeluarkan pun tidak normal, ada dua kategori saat seseorang mengalami gangguan ginjal . Yang pertama yaitu urin berlebih dan urine sedikit ataupun kurang dari batas normal. Tes darah untuk penyakit ginjal bertujuan untuk menegakkan diagnosa ginjal.

7. Masalah Pencernaan

Ginjal bocor juga akan mempengaruhi kerja pencernaan didalam tubuh, biasanya ginjal yang mengalami kebocoran akan mengganggu organ pencernaan. Beberapa masalah pencernaan yang ditimbulkan dari ginjal bocor antara lain mual, diare, muntah. Hal ini disebabkan karena kerja ginjal dipengaruhi dan mempengaruhi kerja organ lainnya didalam tubuh,Efek samping kista ginjal juga akan berdampak  pada pencernaan sama halnya dengan efek samping ginjal bocor.

Sponsors Link

8. Kesehatan Menurun

Tidak dapat dipungkiri bahwa seseorang yang mengalami ganguan pada salah satu organ dalam salah satunya yaitu ginjal akan menyebabkan kesehatan pada tubh menurun. Hal ini akan memberikan dampak negatif pada kehidupan sehari-harinya, terutama dalam melakukan aktivitas-aktivitas. Karena seorang denga ginjal bocor biasanya mudah sakit saat mengalami kelelahan , ataupun tertular oleh penyakit flu dan sebagainya.

Penjelasan diatas merupakan beberapa efek samping dari adanya kebocoran ginjal. Hal tersebut sangat penting diketahui karena berkaitan dengan kesehatan, untuk itu diharapkan setiap orang menjaga kesehatannya dengan olahraga teratur dan menjaga pola hidup sehat.

Sponsors Link
>
, , ,