Sponsors Link

8 Efek Samping Gagal Ginjal yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Saat ini kondisi penyakit ginjal merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami hendaya dalam kehidupan sehari-harinya. Kasus in selalu meningkat dari tahun ketahun. Meski didalam kasusu penyakit ginjal banyak sekali jenisnya, namun resiko tinggi terhadap kesehatn yang buruk atau tidak baik tetap seimbang.

ads

Banyak sekali jenis penyakit ginjal diantaranya yaitu batu ginjal pada anakginjal bocor pada anak , sesak nafas pada gagal ginjal kronis dan pembesaran ginjal pada janin dan lain sebagainya . Namun kondisi gagal ginjal marupakan salah satu kondisi yang paling bahaya bagi kesehatn tubuh seseorang. Apabia mendapati kondisi gagal ginjal ini seseorang akan mengalami penurunan tingkat kesehatan yang sangat signifikan. Penurunan tingkat kesehatan tersebut terjadi akibat efek samping atau dampak dari adanya gagal ginjal. Berikut mengenai penjelasan efek samping atau dampak dari adanya gagal ginjal.

Efek Samping Gagal Ginjal

Gagal ginjal bisa semuh atau tidak tergantung pada penanganan yang tepat dan kemampuan pertahanan tubuh pada penyakit gagal ginjal ini. Gagal ginjal ini merupakan kondisi daat fungsi ginjal mulai menurun secara bertahap. Dimana tubuh sangat memerlukan sekali fungsi-fungsi gnjal untuk proses metabolisme, membantu mengatur teanan darah, memproduksi hormon glikoprotein, menyaring darah dari zat racun dan lain sebagainya.

Saat ginjal mengalami kegagalan maka fungsi-fungsi tersebut tidak dapat dikerjakan oleh ginjal secara maksimal. Sehingga akan berdampak bagi tubuh , berikut beberapa penjelasan mengenai efek samping gagal ginjal :

1. Fungsi Ginjal Menurun

Fungsi ginjal untuk tubuh sangat penting sekali. Apabila seseorang mengalami gagal ginjal hal yang terjadi yaitu fungsi ginjalnya menurun. Hal ini tidak dapat digugat , karena kemampuan fisiologis ginjal sudah mulai rusak. Kerusakan tersebut juga dikarenakan oleh beberapa faktor. Salah satunya yaitu faktor congenital sejal lahir , fakor pola hidup yang tidak sehat (mengkonsumsi makanan junkfood, alkohol, nikotin , kafein dan lain sebagainya) . Tes darah untuk penyakit ginjal sangat di butuhkan untuk mendiagnosis atau menegakkan diagnosis gagal ginjal.

2. Pembengkakan pada Bagian Tubuh Tertentu

Secara umum gejala setiap ginjal pasti ditemukan pembengkakan pada bagian tubuh tertentu. Pembengkakan ini biasanya terjadi pada area pergelangan tangan , pergelangan kaki dan wajah. Hal ini terjadi adanya penumpukan cairan didalam tubuh akibat ginjal tidak dapat menyaring cairan dan mengeluarkannya dari tubuh secara optimal. Maka hal tersebut akan menjadi penumpukan cairan yang berefek menjadi pembengkakan. Seseorang yang terkena gagal ginjal di anjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan berporotein tinggi , karena akan memperparah kondisi ginjal itu sendiri. Prosedur CT scan ginjal dapat digunakan sebagai penegakkan diagnosis secara lebih lanjut.

Sponsors Link

3. Nyeri Pada Bagian Pinggang

Hal yang biasanya terjadi pada seseorang yang mendapati penyakit ginjal yaitu merasakan nyeri pinggang. Karena letak ginjal sangat dekat sekali dengan pinggang maka hal tersebut sangat meningkatkan resiko nyeri pinggang ini. Saat seseorang mengalami nyeri pinggang ini biasanya akan diberikan beberapa resep obat dari dokter untuk mengurangi gejala tersebut. Nyeri pada pinggang ini juga akan menghambat aktivitas sehari-hari orang tersebut. Seseoarang akan lebih memilih istirahat dari pada melakukan aktivitas karena rasa nyeri yang menyerang sangat hebat dan secara tiba-tiba. Urea darah tinggi juga merupakan salah satu indikasi bahwa seseorang sedang mengalami gangguan penyakit ginjal lainnya.

ads

4. Adanya Darah didalam Urine

Seringkali seseorang yang mengalami masalah ginjal ditemukan darah pada saat mengeluarka urine. Ini menandakan bahwa seseorang tersebut ada indikasi terkena gagal ginjal. Namun seringkali seseorag tidak menyadarinya , hal tersebutlah yang mengakibatkan keterlambatan dalam penanganan sehingga menyebabkan kondisi gagal ginjal semakin parah. Saat buang air keluar darah juga merupakan tanda dari adanya batu ginjal. Maka dari itu unuk mengetahui penyebabnya dilakukan beberapa pemeriksaan seperti ct scan, tes darah dan tes urine.

5. Mual

Efek samping atau gejala selanjutnya yaitu seseorang akan sering mual. Hal ini disebabkan karena tingkat kesehatan pada penderita gagal ginjal sangat menurun. Sehingga makanan yang masuk tidak dapat dicerna secara  optimal. Hal tersebut berkaitan sekali dengan kemampuan ginjal yang semakin menurun dan tidak dapat distabilkan. Mual ini akan membuat seseorang tidak nyaman setiap melakukan aktivitas sehari-harinya. Efek biopsi ginjal juga perlu kita ketahui karena itu juga terkait dengan masalah kesehatan tubuh seseorang yang menjalani proses biopsi.

6. Sesak Napas

Sesak napas merupakan gejala yang nantinya akan timbul pada seseorang dengan penderita gagal ginjal. Hal ini dikarenakan proses pernafasan terganggu atau terhambat oleh adanya gagal ginjal. Karena pada dasarnya organ didalam tubuh manusia saling dipengaruhi dan mempengarui oleh oragan satu dengan organ lainnya. Apabila salah satu saj mengalami gangguan maka akan berdampak pada organ yang lain juga. Maka sangat diharapkan dan dianjurkan sekali seseorang yang sehat tidak mengalam gangguan tetap harus menjaga kesehatan oragan dalamnya dengan cara pola hidup yang sehat dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

7. Tingkat Kelelahan yang Tinggi

Sangat mudah sekali seseorang dengan gangguan ginjal erasa kelelahan, mesipun melakukan aktivitas yang ringan. Hal ini membuat seseorang dengan gangguan ginjal beristirahat total dan tidak melakukan aktivitas sehari-hari dengan berat. Karena jika pengidap gagal ginjal mengalami kelelahan yang tinggi , akan mengakibatkan kondisi tubuhnya menurun secara drastis , sehingga akan memperparah kondisinya. Untuk menjaga keseimbangan tubuh tetepa dianjurakan pengidap gagal ginjal melakukan olahraga kecil seperti jalan pagi (jalan santai). Dengan olahraga kecil tubuh akan terbiasa untuk melakukan aktivitas , sehingga daya tahan tubu akan maksimal. Cara mencegah infeksi saluran kemih salah satunya yaitu dengan melakukan oahraga rutin.

Sponsors Link

8. Tekanan Darah Tinggi

Seseorang dengan gagal ginjal akan beresiko tinggi memilki tekanan darah yang tinggi. Hal ini terjadi karena adanya penyumbatan aliran darah didalam arteri yang memuat jantung bekerja sangat keras. Dimana alairan darah disaring terlebih dahulu pada ginjal , namun pada kenyataannya ginjal sedang mengalami gangguan sehingga akan menghambat kerjanya. Faktor tersebutlah yang akan memicu tekanan darah menjadi tinggi , apabila tekanan darah ini tidak terkontrol akan berdampak terkena komplikasi dari penyakit lainnya , seperti jantung , diabetes dan lain sebagainya.

Sangat disarankan seseorang yang mengamalam gagal ginjal untuk melakukan pemerikasaan darah , tekanan darah , urinesecara rutin. Hal ini bertujuan untuk memantau kondisi kesehatan seseorang.

Sponsors Link
>
, , ,