Sponsors Link

8 Efek Samping Batu Ginjal yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Masalah penyakit ginjal memang merupakan salah satu penyakit yang berbahaya bagi kesehatan tubuh seseorang. Dampak adanya penyakit gijal tersebut dapat mengakibatkan kematian.Penyakit ginjal apabila tidak segera diberi penanganan atau tidak segara diatasi maka akan menimbulkan dampak buruk.

ads

Kasus-kasus ginjal di Indonesia pun bermacam-macam tergantung jenisnya. Jenis penyakit ginjal antara lain yaitu ginjal bocor pada anakpembesaran dinjal pada janinginjal mengecil sebelah . Semua jenis penyakit ginjal tersebut akan berefek pada kesehatan tubuh dan aktivitas sehari-harinya. Tak hanya itu saja ternyata penyakit batu ginjal juga akan berpengaruh pada tubuh. Berikut mengenai efek samping batu ginjal yang perlu kita ketahui.

Efek Samping Batu Ginjal

Sebelum kita mambahas lbih lanjut mengenai efek samping batu ginjal , kita perlu mengetahui pengertian serta bagaimana tentang batu ginjal itu sendiri. Batu Ginjal merupakan salah satu penyakit ginjal yang disebabkan oleh adanya batu atau kristal kecil yang merupakan pembekuan dari adanya garam, mineral serta asam yang tertimbun pada ginjal sehingga menjadi batu pada ginjal.

Sudah sangat jelas bahwa batu ginjal ini akan membuat seseorang mengalami kesulitan saat berkemih. Faktor yang mempengaruhi seseorang mendapati penyakit batu ginjal salah satunya yaitu pola makan tidak baik , tidak pernah olah raga , dan lain sebagainya. Namun kebanyakan dari mereka yang terkena batu ginjal disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat maupun mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein alkohol dan sebagainya.

Berikut mengenai beberapa penjelasan efek samping batu ginjal :

1. Iritasi atau Luka

Efek samping yang pertama dari batu ginjal yaitu dapat menyebabkan iritasi bahkan luka. Hal ini dapat terjadi apabila ukuran batu ginjal sangat besar dan melebihi diameter aliran ureter. Sehingga menyebabkan batu ginjal akan bergesekan dengan lapisan didnding ureter dan menjadi iritasi maupun luka. Hal ini juga menyebabkan saat mengeluarkan urine dari dalam tubuh terdapat darah. Cara mencegah infeksi saluran kemih salah satunya yaitu menjaga kesehatan pola makan , serta pola olah raga agar tidak terkena penyakit batu ginjal dan penyakit ginjal lainnya. Pada dasarnya penyakit tidak akan menyerang seseorang yang hidup sehat.

2. Urine Mengandung Darah

Sering kali seseorang dengan batu ginjal terdapat kandungan darah dalam urine , hal tersebut disebabkan karena adanya efek samping yang pertama yaitu luka. Luka ini berasal dari gesekan didning ureter dan batu ginjal sehingga menimbulkan keluarnya darah. Hal ini akan menyebabkan rasa sakit, perih serta nyeri. Namun saat urine terdapat kandungan darah bukan berati itu dikarenakan batu ginjal, mungkin disebabkan oleh hal lain seperti penyakit lainnya. Urea darah tinggi juga perlu diwaspadai dan dipertanyakan ke lebih yang ahli , sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli organ dalam.

Sponsors Link

3. Terjadinya infeksi

Terjaidnya infeksi sangat mungkin terjadi adanya batu ginjal ini. Resiko terkena infeksi ini sangat tinggi , dikarenakan tubuh sangat rentang terhadap penyakit karena menurunnya sistem imunitas karena batu ginjal itu sendiri. Infeksi ini apabila tidak ditangani lebih lanjut akan berbahaya dan akan memperparah kondisi kesehatan tubuh itu sendiri. Biasanya dokter akan memberikan penanaganan yang khusus terkait hal tersebut. Tes urine penyakit ginjal merupakan salah satu prosedur secara medis yang dilakukan oleh dokter.

ads

4. Terjadi Pembangkakan pada Tubuh Tertentu

Efek samping yang pling umum terjadai pada seseorang yang mengalami penyakit ginjal khususnya batu ginjal adalah terjadi pembengkakan pada tubuh tertentu. Biasanya bagian tubuh yang mengalami pembengkakan aatara lain yaitu pada kaki , tangan serta pada wajah. Hal ini desebabakan oleh penumpukan cairan didalam tubuh yang tidak dapat disaring secara sempurna oleh ginjal sehingga tidak semua cairan yang harus dikeluarkan mampu dikeluarkan oleh ginjal. Saat buang air kecil terasa panas ini terjadi mungkin karena disebabkan oleh ginjal yang tidak bekerja secara optimal dan adanya iritasi pada kandung kemih maupun adanya gangguan pada kandung kemih.

5. Nyeri pada Pinggang

Gejala maupun efek samping dari adanya batu ginjal ini yaitu akan menimbulkn nyeri pada bagian pinggan. Seseorang akan merasa tidak nyaman sekali saat nyeri itu datang. Pada saat nyeri datang seseorang akan terasa kesakitan dan tidak mampu melakukan aktivitas tertentu. Untuk mengurangi rasa ini biasanya dokter memberikan resep anti nyeri agar mengurangi gejalanya. Makanan tinggi kalsium oksalat merupakan salah satu jenis makanan yang perlu dihindari oleh penderita batu ginjal, karena hal tersebut akan memperparah pembentukan kristal , serta akan menambah penumpukan cairan mineral garam sehingga membentuk batu.

6. Urine berwarna Abnormal

Urine seseorang memiliki warna berbeda beda , hal tersebut dibedakan dari tingkat kecukupan cairan didalam tubuh. Namun meskipun setiap orang memiliki warna urine yang berbeda beda , tetap saja akan bereda dengan warna urine yang disebabkan oleh batu ginjal. Biasanya warna urine yang disebabkan oleh batu ginjal ini cenderung keruh. Untuk lebih lanjut atau untuk mendiagnosis adanya penyakit ginjal secara tepat maka dibutuhkan pengetesan urine di laboratorium. Selain menggunakan tes urine , juga dapat menggunakan prosedur CT scan ginjal mungkin dapat dilakukan untuk menegakkan adanya penyakit ginjal tertentu.

7. Badan Lemas

Seseorang yang terkena penyakit ginjal selanjutnya akan mudah sekali lelah , lemas dan tak berdaya. Seseorang yang memiliki penyakit batu ginjal ini seakan tidak memiliki kekuatan untuk menjalani aktivitasnya , karena merasa tidak mempunyai tenaga. Untuk menjaga kondisi tersebut , atau untuk meminimalisir hal tersebut diharapkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi agar terjaga daya tahan tubuhnya. Efek samping ginjal sebelah juga menimbulkan  badan lemas dan tak berdaya.

8. Demam Tinggi dan Menggigil

Respon fisiologis didalam tubuh apabila seseorang terkena penyakit salah satu respon tubuhnya yaitu demam. Namun pada penyakit batu ginjal ini demam yang terjadi dapat disertai menggigil yang disebabkan oleh demam yang sangat tinggi. Apabila keadaan ini sedang terjadi atau berlangsung sebaiknya segera diperiksakan ke dokter. Jika terjadi pada tengah malam maka dapat mengkonsumsi obat penurun demam seperti parasetamol. Ciri ciri tumor ginjal salah satunya yaitu terjadi demam tinggi.

Penjelasan diatas merupakan beberapa efek sampng pada batu ginjal yang perlu kita ketahui. Apabila seseorang terkena batu ginjal maka sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin dengan dokter.

Sponsors Link
>
, ,